×
×

Search in Mata Mata Musik

Musisi Yang Pernah Membuat Komik Semasa Hidupnya!

Posted on: 03/10/19 at 5:00 pm

Ternyata beberapa seniman musik ini juga pernah menuangkan ekspresinya dengan membuat buku cerita bergambar.

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah menonton Umbrella Academy yang tayang di Netflix. Yup, Gerard Way yang dulunya adalah vokalis My Chemical Romance ini adalah penulis komik yang diadaptasi menjadi serial tersebut. Bersama ilustrator, Gabriel Bá, komik Umbrella Academy ini dulu juga berhasil meraih penghargaan.

Dan itu bukan kali pertamanya musisi menulis sebuah komik. Jauh sebelum masanya bersama My Chemical Romance, Gerard pernah menjadi seorang kartunis yang magang di Cartoon Network dan DC Comics. Selama itu, dia pernah beberapa kali menulis komik, antara lain The True Lives Of The Fabulous Killjoys Doom Patrol, komik yang diadaptasi dari album My Chemical Romance tahun 2010 dan Cave Carson Has A Cybernetic Eye.

Selain Gerard Way, ternyata masih banyak lagi pentolan-pentolan band atau musisi terkenal yang pernah menulis atau membuat komikdi hidupnya. Bagi penggila metal, pasti tidak asing dengan komik buatan RobZombie, walaupun akhirnya dia lebih sering terdengar lewat beberapa filmbuatannya.

Karena ini adalah topik yang menarik buat kami, maka kami putuskan untuk membuka arsip lama dan memberikan daftar beberapa musisi yang ternyata pernah membuat buku cerita bergambar ini.

Courtney Love

Princess Ai. (Foto: Google Images)

Bersama Stuart Levy, Ai Yazawa dan Misaho Kujiradou, vokalis Hole ini membantu pembuatan serial manga berjudul Princess Ai. Manga yang terdiri dari tiga seri ini, sebagian besar terinspirasi dari kehidupan Courtney Love bersama Hole di 90an.

Tom Morello

Orchid. (Foto: Google Images)

Gitaris Rage Against The Machine dan Audioslave ini pernah menulis serial komik science fiction, Orchid. Sebuah dunia yang dihuni dengan zombie dan monster, Tom Morello berikan pesan politik dan keadilan di komiknya ini. Scott Hepburn membantu menghidupkan komik ini lewat gambarnya.

Scott Ian

Lobo: Highway To Hell. (Foto: Google Images)

Gitaris Anthrax ini pernah bekerja dengan Sam Kieth untuk mengerjakan komik dua bagian, Lobo: Highway To Hell. Di komik tersebut Lobo diceritakan berhadapan dengan setan yang sangat pemarah. Scott Ian mengaku proses penulisan komik ini berjalan sangat natural, karena dia merasa sangat akrab dengan karakter Lobo.

Darryl McDaniels

DMC. (Foto: Google Images)

Sekitar tahun 2014, salah satu pendiri Run-DMC ini membuat Darryl Makes Comics dan terbitan pertamanya adalah kumpulan novel grafis berjudul DMC. Terdiri dari 90 halaman, DMC bercerita tentang kecerobohan seorang pahlawan super dalam melawan kejahatan yang dapat melukai orang sekitarnya di tahun 1985.

Corey Taylor

The House of Gold & Bones. (Foto: Google Images)

Di The House of Gold & Bones, para manusia terjebak di sebuah alternate universe dan dikejar oleh perampok gila dan sekutu misteriusnya, Allen. Dark Horse menerbitkan komik pendek empat seri milik frontman Slipknot dan Stone Sour ini dan menggandeng Richard Clark untuk penyempurnaan visualnya.

Amanda Palmer

Evelyn Evelyn. (Foto: Google Images)

Penyanyi sekaligus pembuat lirik di The Dresden Dolls meluncurkan proyek musikalnya, Evelyn Evelyn di tahun 2007. Kemudian empat tahun kemudian di tahun 2011, proyek musikalnya tersebut dilahirkan kembali dalam bentuk novel grafik.

Tom Delonge

Poet Anderson: The DreamWalker. (Foto: Google Images)

Tahun 2015, pentolan Angels & Airwaves ini muncul secara tiba-tiba dengan komik tiga bagiannya, Poet Anderson: The DreamWalker. Ben Kull membantu menulis komik ini, sedangkan untuk bagian animasinya dikerjakan oleh Djet.

Keterangan Foto Utama: Orchid, komik buatan Tom Morello. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Rage Against the Machine

Reuni Rage Against the Machine Tandai Akhir dari Prophets of Rage

Prophets of Rage mengumumkan perpisahan mereka seiring dikonfirmasinya reuni Rage Against the Machine tahun depan. Di 2016, personil RATM Tom Morello, Brad

on Nov 6, 2019
Rage Against the Machine

Rage Against the Machine Dipastikan Reuni Tahun Depan

Band ini akan menjadi penampil utama Coachella dan menggelar tiga pertunjukan di sepanjang perbatasan Meksiko. ‘The Renegades of Funk’ telah kembali:&nb

on Nov 6, 2019
Tom DeLonge blink-182

Grup UFO Tom DeLonge Teken Kerja Sama dengan Angkatan Darat AS

To The Stars Academy of Arts and Science—grup riset UFO yang didirikan dan dioperasikan oleh mantan gitaris Blink-182, Tom DeLonge—mencatat kemajuan baru

on Oct 21, 2019
Foo Fighters Hadirkan Tamu Spesial dalam Setnya di Bourbon & Beyond

Foo Fighters Hadirkan Putra Scott Ian Dalam Setnya di Bourbon & Beyond

Dave Grohl dkk undang anak Scott Ian dari Anthrax yang masih delapan tahun ke atas panggung untuk bawakan “Everlong”. Scott Ian dari Anthrax menyatakan

on Sep 26, 2019