×
×

Search in Mata Mata Musik

Nagita Slavina: Awal Karier Hingga Emporium Bisnis RANS Entertainment

Posted on: 03/3/21 at 10:45 am

Di negara +62 ini siapa sih yang enggak tahu Nagita Slavina yang akrab disapa Gigi ini? Selain mengetahuinya sebagai istri dari Raffi Ahmad yang sesama artis beken, kiprah Gigi dikenal masyarakat luas sebagai presenter, model, produser film, aktris, dan penyanyi. Lengkap yah. Sepertinya hampir semua jenis profesi di industri hiburan sudah pernah dia jalankan. Gigi memang artis yang multitalenta. Boleh dibilang, pasangan selebriti ini masuk dalam urutan teratas dalam hal popularitas dan basis penggemar di Indonesia sejak memasuki era milenium baru.

Seperti artis terkenal pada umumnya, halaman khusus tentang Nagita Slavina telah dibuat oleh Wikipedia dan situs web lainnya. Cukup banyak profil atau apa pun informasi tentang dirinya yang bertebaran di internet. Oleh karena itu, Mata Mata Musik telah merangkum data-data Gigi, dari yang personal hingga fakta terkini yang masih terus menyita waktu dan perhatiannya.

Baca juga: BIKIN MEWEK! Raffi Nagita Sukses Bikin Video Klip Banjir Air Mata

Awal Karier

Artis bernama lengkap Nagita Slavina Mariana Tengker ini mengawali karirnya sebagai model iklan pembersih wajah Biore Anti Acne pada tahun 2000. Gigi kemudian merambah ke dunia akting dengan membintangi Inem Si Pelayan Slebor, sinetron pertamanya. Akting anak sulung dari 3 bersaudara ini rupanya menarik perhatian sutradara lain. Putri pasangan Gideon Tengker (gitaris band lawas bergenre blues, Drakhma) dan Rita Amilia (pemain sinetron yang beralih profesi menjadi produser) ini pun ditawari tampil dalam sinetron Di Sini Ada Setan. Sinetron ini akhirnya dibuat ke dalam versi layar lebar dengan judul Di Sini Ada Setan (The Movie).

Sinetron yang pernah dibintangi Gigi antara lain Cinta 100 Hari, Cewek Tulalit, Tikus dan Kucing Mencari Cinta, dan Ramalan Alisha. Gigi yang berdarah Jawa, Manado, dan Minang ini hampir selalu memerankan karakter gadis polos kekanak-kanakkan yang tampak manja. Namun karakter itu pulalah yang mengantarkan wanita setinggi 157 cm ini masuk nominator pemeran utama wanita terbaik FFI 2005 di film cerita lepas televisi, melalui film lepas televisi Tikus dan Kucing Mencari Cinta. Beberapa waktu lalu Gigi juga terjun ke dunia tarik suara.

Sempat Hiatus Demi Menimba Ilmu

Gigi yang lahir pada 17 Februari 1988 ini sudah merintis kariernya sejak dia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Meski demikian, Gigi tetap fokus untuk menempuh pendidikannya. Setelah tamat SMP, Gigi memutuskan untuk hiatus dari dunia hiburan untuk fokus menyelesaikan pendidikannya. Gigi melanjutkan ke jenjang Menengah Atas di SMA Al Azhar Syifa Budi Kemang, Jakarta, kemudian melanjutkan ke fakultas ekonomi Universitas Indonesia (UI). Pendidikannya di UI hanya berjalan 2 tahun karena dia memilih melanjutkan pendidikannya di Australian National University jurusan Commerce, fakultas School of Accounting and Business Information System, sejak tahun 2009. Setelah lulus dari Australian National University, Gigi juga pernah belajar memasak di Le Cordon Bleu London.

Baca juga: Agnes Monica: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

Menjadi Co-Executive Producer

Selain akting, sang Ibunda kemudian mendukung Gigi untuk menjadi co-executive producer di PT Frame ritz. Perusahaan milik Ibu Gigi tersebut telah menghasilkan beberapa artis ternama seperti Tyas Mirasih, Bunga Zainal, Kiki Farel dan lainnya. Di samping itu, Gigi juga masih tetap aktif di layar kaca ataupun YouTube sampai saat ini.

Nagita Slavina memang sudah lama berada di belakang layar, berbeda dengan suaminya, Raffi Ahmad yang sampai saat ini sering muncul di layar kaca. Pertemuannya dengan suami juga berkat salah satu produksi FTV yang dipimpin oleh dirinya sendiri.

Makin Populer Setelah Menikah

Pada 17 Oktober 2014, Nagita Slavina telah resmi menjadi istri Raffi Ahmad. Pesta pernikahan mereka digelar di Jakarta, Bandung, dan Bali. Bahkan, pesta pernikahan mereka disiarkan oleh salah satu stasiun televisi terbesar di Indonesia. Pada 15 Agustus 2015, pasangan selebriti ini dikaruniai seorang bayi laki–laki yang diberi nama Rafathar Malik Ahmad.

Setelah menikah dengan Raffi Ahmad, popularitas Nagita Slavina semakin melambung. Bahkan dia bersama suaminya meraih sederet penghargaan, yakni dari Silet untuk kategori Asmara TerSilet 2014, Yahoo! Celebrity Awards 2014 untuk kategori Favorite Couple, Infotainment Awards 2015 untuk kategori Pernikahan Selebriti Paling Fenomenal, Simfoni Cinta untuk kategori Pasangan Fenomenal, Bright Awards 2016 untuk kategori Pasangan Bintang Iklan Terfavorit, Nickelodeon Indonesia Kids’ Choice Awards 2017 untuk kategori Keluarga Artis Favorit, dan masih banyak lainnya.

Merambah Dunia Tarik Suara

Sejak 2015, Nagita Slavina mulai merambah ke dunia tarik suara dengan tampil di album perdananya Raffi Ahmad yang berjudul Kamulah Takdirku. Dirilis di tahun yang sama oleh MyMusic Records, album ini menampilkan 5 lagu solo, 5 lagu duet & 2 bonus track. Lagu utama di album ini ialah ‘Kamulah Takdirku’ dan ‘Terbaik Untukmu’. Di album bergenre pop ini juga terdapat 2 lagu daur ulang, yakni ‘Jika’ yang pernah dibawakan oleh Melly Goeslaw dan Ari Lasso, dan ‘Let’s Talk about Love’ yang juga pernah dipopulerkan oleh Melly Goeslaw dan suaminya, Anto Hoed. Album ini hanya dijual di seluruh gerai KFC di Indonesia.

Masih bersama Raffi, Nagita kemudian merilis mini album alias EP yang berjudul Rafathar. Nama EP tersebut diambil dari nama anaknya yang berisi 6 lagu, yakni ‘Heey Yoo Rafathar’, ‘Ajaib’, ‘Mati Bersamamu’, ‘Takdir Manusia’, ‘Hadiah Tuhan’, dan ‘Penerus Darahku’. EP ini merupakan album soundtrack dari film bergenre komedi yang berjudul sama garapan rumah produksi RNR Movies yang sama-sama dirilis pada 2017.

Pada 6 Maret 2020, Raffi dan Nagita menuangkan perjalanan cinta rumah tangga mereka melalui sebuah album yang berjudul RANS. RANS sendiri diambil dari sebutan oleh penggemar yang merupakan gabungan inisial nama mereka, Raffi Ahmad (RA) dan Nagita Slavina (NS). Album ini memuat 10 lagu dengan tema cinta keluarga seperti ‘Kujatuh Cinta’, ‘Berhenti Buatku Menangis’, dan ‘Cinta Mamah Papah’. Dalam album tersebut, Rafathar juga ikut bernyanyi.

Emporium RANS Entertainment

RANS Entertainment adalah kanal YouTube dan rumah produksi yang dibentuk oleh pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pada tanggal 27 Desember 2015.

Pemilihan penggunaan kanal YouTube RANS Entertainment berawal dari kesukaan Nagita menonton berbagai tayangan YouTube. Nagita selalu merasa lebih bebas mengekspresikan diri melalui YouTube dibandingkan televisi.

Konten pertama RANS Entertainment berisikan video pembahasan kosmetik/make up wanita. Pada awalnya, tujuan Raffi membuat laman YouTube RANS Entertainment adalah untuk mengabadikan momen bersama keluarga. Namun, seiring berjalannya waktu, Raffi melihat peluang yang sangat baik pada YouTube dengan mendapatkan banyak pemasukan melalui AdSense YouTube.

RANS Entertainment mengusung banyak genre dalam kanalnya, yakni:

Blog video: Daily Vlog of RANS, Daily Rafathar, Diary Mamank

Musik: RANS Music, RANSkustik

Kuliner: RANS Cooking, KelapaRANS, Jajanan Nagita

Perjalanan: RANSveling, JalanjaRANS, RANS the World

Permainan & Hiburan: RANS Gaming, RANS Challenge, RANS Prank

Siniar: ObrolRANS

Agama: KajiRANS, RANSmadhan

Menurut data Social Blade, kanal YouTube RANS Entertainment ini diproyeksikan memiliki pendapatan sebulan sebesar 48.500 hingga 776.200 dollar AS atau setara dengan Rp 679 juta hingga Rp 10,87 miliar. Hitungan tersebut berdasarkan nilai tukar 1 dollar AS sama dengan Rp 14.000.

YouTube RANS Entertainment bisa dapat penghasilan hingga Rp 70,72 juta per satu video, berdasarkan analisis platform Nox Influencer Indonesia, dilansir dari data tanggal 11 Desember 2020.

Estimasi itu bisa mencapai nilai Rp 68,76 ribu hingga Rp 192,54 ribu per 1.000 penayangan/views (nilai CPM), serta perkiraan paparan 541,35 ribu. Sehingga penghasilan bulanan YouTube RANS Entertainment berkisar di antara Rp1,97 miliar hingga Rp6,92 miliar, kalau nilai CPM-nya di kisaran Rp 11 ribu hingga Rp 38,5 ribu.

YouTube RANS Entertainment juga mencatat pertumbuhan lebih dari 100 ribu subscriber dan 27,47 juta penayangan dalam 7 hari terakhir. Perkiraan penghasilannya mencapai Rp 302,3 juta hingga Rp 1,05 miliar dalam sepekan terakhir di awal Desember 2020.

Belum Instagram. Di platform media sosial ini, perkiraan penghasilan RANS Entertainment mencapai Rp 7,78 juta untuk sekali unggah, dengan nilai CPM Rp 137,53 ribu hingga Rp 247,55 ribu.

Walhasil, RANS Entertainment didapuk sebagai kanal YouTube berpenghasilan tertinggi kedua di Indonesia setelah YouTuber Atta Halilintar.

Label RANS Music

Nagita Slavina bersama sang suami semakin melebarkan kerajaan bisnisnya di industri hiburan Tanah Air ke ranah musik. Mereka membentuk RANS Music yang merupakan label musik baru yang menggabungkan antara perkembangan musik dengan perkembangan industri digital. Dan pada 16 Agustus 2018, RANS Entertainment menciptakan kanal khusus untuk genre musik bernama RANS Music. Sampai Maret 2021 ini, kanal ini telah memiliki 668 ribu subscriber.

RANS Music ini mencakup beberapa divisi, yakni Label Rekaman, Produksi Musik, Management Artis, Studio Rekaman dan Studio Latihan, serta menyediakan konten digital.

“Awalnya, aku sama Raffi punya YouTube Channel RANS Entertainment. Konten itu ada RANS Music. Aku nyanyi bareng bintang tamu penyanyi dalam negeri. Sampai suatu hari bintang tamunya Element (band). Akhirnya ketemu dan ngobrol, sampai hasil bikin label musik untuk majuin musik Indonesia,” kata Nagita saat jumpa pers di Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jum’at, 23 Maret 2019.

Bauran Musik 1990-an dan 2000-an

Sebagai gebrakan pertama, RANS Music dibantu oleh tiga personel dari Element, yakni Ferdy Tahier, Lucky Widja dan Didi Riyadi. Bersama mereka, RANS Music berniat ingin memberi warna baru di musik Indonesia melalui konsep “The Legends”.

Dengan semangat mengembalikan kejayaan musik pop Indonesia di tahun 1990-an dan 2000-an, “The Legends” menggabungkan para penyanyi dan grup musik di era tersebut dengan penyanyi atau grup yang sedang populer di era sekarang.

Musisi yang tergabung di “The Legends” adalah Coboy x Gisel dengan lagu ‘Katakanlah’, Caffeine x Widi Vierratale dengan lagu ‘Hidupku Kan Damaikan Hatimu’, Junior Reborn x Gading Marten dengan lagu ‘Bujangan’.

Kemudian, ada juga Lingua x Syifa Hadju dengan lagu ‘Jangan Kau Henti Dulu’, Bunglon x Monita Tahalea dengan lagu ‘Dulu’, The Fly x Nagita Slavina dengan lagu ‘Terbang’, Bunga x Ayushuta dengan lagu ‘Kasih Jangan Kau Pergi’, dan Element Reunion x (TBC) dengan lagu ‘Cinta Tak Bersyarat’.

Sebagai debut kemunculannya, RANS Music menggelar konser “Nostalgila 90’s” pada hari Jum’at, 6 September 2019 lalu di The Pallas. Dalam konser itu menghadirkan sejumlah artis dalam “The Legends”, bauran artis senior dan junior seperti Element Reunion, Tissa Biani, Coboy, Bunglon, Widy Vierratale, The Fly, Lingua, Syifa Hadju, Ayushita, Junior Reborn, dan lain-lain. Konser yang merupakan hasil kerja sama antara RANS Music dengan Langit Musik itu ternyata mendapat antusias cukup tinggi dari penikmat musik yang sudah rindu dengan lagu-lagu tahun 1990-an. Serta disambut hangat oleh para generasi baru.

Baca juga: Ariel NOAH: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

Sejauh ini, roster RANS Music dihuni oleh bauran artis lama dan baru. Selain pasangan Raffi dan Nagita serta kumpulan artis dalam “The Legends”, ada Hanggini, Monita Tahalea, Marsha Zulkarnain, Luthfi Aulia, Feby Putri, Anneth, hingga penyanyi senior Ruth Sahanaya yang merilis comeback single-nya yang berjudul ‘SATU’. Lagu terbaru penyanyi yang akrab disapa Uthe tersebut merupakan lagu pembuka dari rangkaian singel dari proyek album berkonsep “3 Generasi” mendatang yang menampilkan 3 penyanyi lintas generasi, yakni Ruth Sahanaya, Nagita Slavina, dan Anneth.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi
SEO Editor: Leonardo Forestin

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    RANS = Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

    Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Tuangkan Cinta Keluarga Dengan Rilis Al...

    RANS = Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menuangkan perjalanan cinta rumah tangganya melalui sebuah lagu. Me

    on Mar 9, 2020
    Raffi Ahmad

    Raffi Ahmad Pulang Kampung Usai Pamit Istirahat dari Dunia Hiburan

    Baru saja mengumumkan rencana hiatusnya dari panggung hiburan, Raffi Ahmad langsung tancap gas ‘berlibur’ ke kampung halamannya di Bandung. Baca juga: B

    on Oct 23, 2019
    Lamborghini Raffi Ahmad

    Lamborghini Raffi Ahmad Terbakar, Nagita Slavina Bersyukur

    Penyanyi dan pembawa acara Raffi Ahmad sedang mengalami musibah. Mobil mewahnya, Lamborghini Aventador, mengalami kebakaran di kawasan Sentul, Jawa Barat. B

    on Oct 22, 2019
    Raffi Nagita

    BIKIN MEWEK! Raffi Nagita Sukses Bikin Video Klip Banjir Air Mata

    Raffi Ahmad dan Nagita Slavina meluncurkan video klip berjudul “Menerka-nerka” dan “Menerka-nerka II” melalui akun YouTube mereka, Rans Entertainment.

    on Oct 16, 2019