×
×

Search in Mata Mata Musik

Naif Resmi Bubar Menurut David Bayu Setelah Eksis Hampir 26 Tahun

Posted on: 05/11/21 at 8:00 am

Naif Resmi Bubar Menurut David Bayu Setelah Eksis Hampir 26 Tahun
Naif. (Foto: Instagram/naifband).

Setelah lama kita mendengar rumor yang bikin hati fans Naif ‘dag-dig-dug’, akhirnya kekhawatiran itu menjadi kenyataan. Band legendaris yang mewarnai belantika musik Indonesia dengan gaya retro pop yang jenaka telah mengambil keputusan yang paling sulit dalam hidup mereka. Naif resmi dinyatakan bubar. Pernyataan ini muncul dari sang vokalis Naif sendiri, David Bayu. Sad But True.

Baca juga: Angkat Fenomena Alam, Unit Pop Retro Erratic Moody Debutkan Album “Safari Semi”

Ucapan David Bayu itu disampaikan oleh Wendi Putranto, Co-Founder M Bloc Space lewat akun Twitter-nya. Wendi mengaku telah berbincang panjang lebar dengan David Bayu.

“Ia memastikan bahwa band tersebut telah resmi BUBAR. Penjelasan lebih lanjut darinya kabarnya bakal segera dirilis,” tweet-nya lewat akun @wenzrawk.

David Bayu mengaku kepada Wendi bahwa dirinya baru saja selesai membuat video pernyataan tentang bubarnya Naif. Video ini rencananya akan segera rilis di kanal Youtube milik David Bayu.

“Ketika ketemu semalam @davidbayu baru saja selesai merekam video pernyataan resmi yang akan menjawab pertanyaan siapapun tentang kondisi bandnya terkini. Kisah sedih di hari Minggu,” imbuh Wendi.

Pernyataan Resmi David Bayu

“Bisa dibilang, (NAIF) masuk kategori bubar. Iya, bubar,” ucap David pada Senin malam, 10 Mei, melalui kanal YouTube-nya. David Bayu resmi menyampaikan bahwa Naif sudah resmi bubar. Simak penuturan David Bayu mengenai semua cerita di balik bubarnya band legendaris ini di video berikut.

Rumor tentang Naif yang bubar ini sudah menyebar luas sejak Desember 2020. Namun, David dan personel Naif lain belum terbuka memberitahukan kondisi band ini.

“Belum tahu kapan mau ngapain lagi, ya udah ntar dulu aja deh. Bukan titik jenuh juga, ada kondisi, kayaknya kita vakum dulu aja yuk’,” ucap David wawancaranya dengan Shindu’s Scoop-nya Medcom dalam kanal YouTube Medcom, Selasa, 2 Februari 2021.

Emil Hengkang Dari Naif

Baru-baru ini, bassis Emil a.k.a Mohammad Amil Husein mengatakan sudah keluar sejak September 2020. Dramer Pepeng a.k.a Franki Indrasmoro Sumbodo juga ikut keluar.

Alasan hengkangnya Emil karena merasa sudah lama menjalani Naif. Saat pandemi Covid-19 band ini pun tidak memiliki aktivitas apa-apa. Boro-boro konser.

“Justru karena sudah kelamaan. Karya-karyanya juga ‘kan masih bisa didengar,” ujar Emil, dilansir dari Kompas.com.

Kini, Emil fokus mengurus bisnis sepatu sneakers dan katering untuk pernikahan. Doi bilang, hubungannya dengan personel Naif, terutama David Bayu baik-baik saja.

“Tapi hubungan, sih, biasa aja. Nggak ada berantem-berantem,” kata Emil.

Meski begitu, Emil meminta penggemar mereka tetap mendengarkan lagu-lagu Naif. Doi juga berjanji akan terus berkarya meski tidak lewat Naif.

“Kita berkarya fokus buat Indonesia bisa lewat mana aja, yang penting ada passion di situ. Passion menjaga kita tetap kuat meski gagal melulu,” imbuh Emil.

Pepeng N’ Friends

Sedangkan Pepeng sendiri kini berkutat dengan proyek musik baru, yaitu band Frank N’ Friends. Band baru Pepeng ini rencananya bakal merilis single berjudul ‘Jangan Ganggu’.

Meski hampir genap berusia 26 tahun, Naif jarang terlihat mengubah formasi anggotanya. Sebelumnya, Naif hanya sekali kehilangan personelnya pada 2003, yaitu kibordis Chandra Sukardi.

Band ini terbentuk dari lima sekawan mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ), yakni: Chandra, David, Emil, Jarwo (Fajar Endra Taruna), dan Pepeng. Alih-alih mengerjakan tugas kuliah, mereka sering kongkow dan latihan musik di studio hingga berlanjut memutuskan mendirikan band sendiri.

Sejak berdiri pada 22 Oktober 1995, Naif telah meramaikan perjalanan kancah musik Indonesia dengan lagu-lagu mereka yang memorable. Sebut saja deretan judul berikut: Benci untuk Mencinta, Karena Kamu Cuma Satu, Mobil Balap, Posesif, Air dan Api, dan Towel Towel.

Baca juga: Jelang Album, Matter Halo Lepas Single Retro Rock ‘Runaway Lights’ Penyulut Dansa

Terima kasih David dkk untuk semua karyanya yang menghibur dan menemani kehidupan kita sejak 25 tahun silam.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Mr. Jarwo

    Mr. Jarwo NAIF Kasih Suguhan Berbeda Di Project Album Solo Baru

    Mr. Jarwo. Di tengah hiruk pikuk pemberitaan bubarnya band NAIF, Fajar Endra Taruna Mangkudisastro a.k.a Mr. Jarwo yang dikenal juga sebagai gitaris dari Na

    on Aug 24, 2021
    Keterangan Foto Utama: NAIF )kredit foto: @naifband Instagram account)

    Selama Ada Cinta, Single Kolaborasi Naif dan Indra Lesmana

    Dilepas dalam format video lirik yang dikerjakan di Australia Naif baru saja melepas sebuah video lirik dari single pop berjudul “Selama Ada Cinta”.

    on Mar 1, 2019