×
×

Search in Mata Mata Musik

Nama Michael Jackson Akan Dihapus dari Video Vanguard Award MTV?

Posted on: 07/31/19 at 12:45 pm

Enggan menjadi bahan kritikan, MTV mempertimbangkan akan menghapus nama MJ dari salah satu penghargaannya.

MTV Video Music Awards akan digelar kurang dari sebulan lagi, dan pihak penyelenggara tampaknya sedang mempertimbangkan untuk membuat beberapa perubahan. Salah satunya, MTV dilaporkan mempertimbangkan menghapus nama Michael Jackson dari Video Vanguard Award mereka. Mendiang penyanyi itu belakangan terlibat dalam kontroversi sejak dokumenter Leaving Neverland tayang di HBO, dan sepertinya MTV ingin menghindari hujatan dengan tidak lagi melibatkan nama si ‘King Of Pop’ itu.

Menurut laporan Complex, seorang sumber dari Page Six mengungkapkan informasi tentang pembicaraan seputar penggantian nama penghargaan oleh pejabat tinggi MTV—dan tampaknya, pembicaraan itu “semakin memburuk.”

“Ada banyak diskusi sengit di [MTV] tentang bagaimana menangani Michael Jackson Video Vanguard Award tahun ini, dan diskusi itu semakin memburuk,” kata sumber. “Ada pembicaraan tentang apakah mereka harus mengganti namanya, atau malah menghapusnya. [Ada juga pembicaraan] tentang siapa yang akan menyampaikan penghargaan itu dan siapa yang akan menerimanya. Sangat kacau.”

“Diskusi sengit” ini hadir setelah detail terkait dugaan pelecehan seksual oleh Michael Jackson terhadap anak di bawah umur kembali muncul pada bulan Maret melalui dokumenter produksi HBO, Leaving Neverland. Dokumenter ini bercerita seputar dua orang pria, Wade Robson dan James Safechuck, yang mengklaim Jackson pernah mencabuli mereka sewaktu kecil. Leaving Neverland memberi pengaruh besar pada penggemar dan keluarga Jackson. Beberapa mempertanyakan dugaan Robson dan Safechucks, sementara lainnya memutuskan untuk sepenuhnya memboikot musik Jackson. Beredar pula rumor bahwa putri Jackson, Paris, ingin bunuh diri setelah dokumenter dirilis, tetapi Paris dengan cepat menepis rumor tersebut dengan menyebutnya “omong kosong.”

Sampai saat ini, MTV dilaporkan masih belum menentukan keputusan akhir. “Kemungkinan terbarunya adalah MTV [berpotensi] melarang penggunaan namanya,” kata sumber. “Mereka masih belum memutuskan, tetapi mereka sudah bolak-balik membahas hal itu. Ada banyak masalah.”

Penghargaan itu sendiri tidak selalu berhubungan dengan Michael Jackson. Michael Jackson Video Vanguard Award dihadirkan di ajang MTV VMAs sebagai cara mengakui berbagai pencapaian dalam musik dan film.

Penghargaan ini sering kali diberikan kepada sutradara yang mengerjakan video musik populer dan mengesankan secara visual. Penghargaan Vanguard pertama diberikan di atas panggung pada tahun 1984 tetapi kemudian diubah namanya sebagai bentuk penghormatan pada prestasi Jackson dalam seni visual pada tahun 1991.

Karena penghargaan ini tidak diberikan setiap tahun, MTV mungkin saja memutuskan untuk mengulur waktu dan menunda keputusan akhir mereka sampai musim penghargaan berikutnya.

Keterangan Foto Utama: Terlibat dalam dugaan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, nama Michael Jackon kemungkinan akan dihapus dari penghargaan MTV. (Foto: Redferns/Phil Dent)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Michael Jackson

Drama Musikal Michael Jackson di Broadway Telah Diundur Jadwalnya

Michael Jackson saat konser di era 1980-an. (Foto: Kevin Mazur/WireImage). Jadwal debut panggung Broadway drama musikal tentang The King of Pop, Michael Jac

on May 15, 2020
Michael Jackson

Penuduh Pelecehan Seksual Michael Jackson Kembali Menuntut

Michael Jackson memberi isyarat ketika dia meninggalkan Pengadilan Santa Barbara County pada 2 Maret 2005 setelah hari ketiga persidangan penganiayaan anaknya

on Jan 5, 2020
Michael Jackson

Musikal Michael Jackson di Broadway Umumkan Pemeran King of Pop

Musikal Michael Jackson telah menemukan King of Pop-nya. Ephraim Sykes, aktor multi-talenta peraih nominasi piala Tony di Ain’t Too Proud, akan mengisi pe

on Nov 22, 2019
Musik Terlaris

Artis Musik Terlaris Tahun 1969-1996: Dari The Beatles Hingga Madonna

Ketenaran, kekayaan dan fans yang setia—ini sering kali adalah mimpi yang jadi kenyataan bagi para artis musik paling populer di dunia. Berkat keahlian kr

on Nov 12, 2019