×
×

Search in Mata Mata Musik

Napalm Death Rilis ‘Backlash Just Because’, Single Pertama Dari Album Barunya

Posted on: 07/28/20 at 9:00 am

Napalm Death Rilis ‘Backlash Just Because’, Single Pertama Dari Album Barunya
Napalm Death bersama gitaris turnya, John Cooke (kedua dari kiri).

Napalm Death telah merilis lagu baru berjudul ‘Backlash Just Because’. Ini adalah single utama dan musik pertama yang dedengkot grindcore itu rilis dari album mendatang mereka, Throes of Joy in the Jaws of Defeatism, yang akan rilis pada 18 September. Album pertama Napalm Death tanpa kehadiran gitaris Mitch Harris yang hiatus sejak tahun 2014. Entah bagaimana statusnya apakah Mitch akan kembali ke band suatu hari nanti.

Baca juga: Mark Greenway Sebut Album Baru Napalm Death Akan Bernuansa ‘Noise-Rock’

Lagu baru yang sangat ganas ini memaparkan para perintis metal ekstrem Inggris ini dalam elemen thrashing khas mereka. Sound cadas dan absurditas grindcore dalam lagu ini dilabuhkan oleh lirik subversif dari sang vokalis Mark ‘Barney’ Greenway.

‘Backlash Just Because’ menjadi “cetak biru” untuk sisa konten lirikal album ini dan optimisme namun skeptis dari judulnya yang menggugah: Throes of Joy in the Jaws of Defeatism.

“Lagu ini secara khusus benar-benar mendorong gue ketika gue sedang menulis lirik untuk keseluruhan albumnya,” ujar pentolan Napalm Death itu saat wawancara dengan Liquid Metal dari Sirius XM. “Lagu itu kasar dan tradisional, tetapi juga unik dan sumbang dan sangat catchy dalam konteks suara noise yang mengamuk. Secara lirikal (lagu) ini diarahkan pada bentuk seni penuh kedengkian dalam menciptakan target yang mudah dan menimbulkan perasaan paranoia dan jijik, yang merupakan sesuatu yang gue rasa telah menjadi de rigueur (moderen) di masa-masa belakangan ini. Gue benar-benar melepaskan vokal yang lebih sporadis di akhir lagu ini, ini adalah barkfest (festival vokal barking) yang orisinil pada saat itu. Pokoknya menyenangkan”.

Selain EP Logic Ravaged by Brute Force yang berisi dua lagu dan beberapa single, tidak ada banyak materi musik baru dari Napalm Death sejak album Apex Predator – Easy Meat dari tahun 2015. Namun, ‘Backlash Just Because’ dijamin bisa menghapus rasa khawatir bahwa musik Napalm Death sudah melambat atau melunak. Para pionir grindcore itu tetap sama gilanya seperti sebelumnya.

Baca juga: Napalm Death Umumkan ‘Throes Of Joy In The Jaws Of Defeatism’, Album Barunya

Lo bisa tonton video lirik untuk lagu baru Napalm Death ‘Backlash Just Because’ di bawah ini. Lo juga bisa pre-order album Throes of Joy in the Jaws of Defeatism melalui Century Media Records atau Amazon.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Napalm Death

Napalm Death "Throes Of Joy In The Jaws Of Defeatism": Kembalinya Sang...

Cover album Napalm Death Throes Of Joy In The Jaws Of Defeatism. (Gambar: Century Media Records). NAPALM DEATHThroes Of Joy In The Jaws Of Defeatism(2020, C

on Sep 19, 2020
Mitch Harris

Band Baru Mitch Harris (Napalm Death) & Dirk Verbeuren (Megadeth) Siap...

Brave The Cold: Mitch Harris dan Dirk Verbeuren. (Foto: Mission Two Entertainment). Akhirnya, terjawab sudah pertanyaan para fans Napalm Death tentang absen

on Sep 10, 2020
Proletar

Watch Out! Grind For Better Life, Film Kronikel Gerilya Trio Grindcore...

Proletar. Dari scene musik ekstrim cadas Tanah Air, akan dirilis sebuah film yang mendokumentasikan salah satu kiprah perjalanan pejuangnya. Diberi judul Gr

on Sep 6, 2020
Busuk - Worshipper

Busuk "Worshipper": Gerinda Crusty Horor Pemuja Hiperealitas

Cover album Busuk Worshipper. (Gambar: Lawless Jakarta Records). BUSUKWorshipper (2020, Lawless Jakarta) Oleh Dharma Samyayogi Fakta: Terlahir dari ra

on Sep 1, 2020