×
×

Search in Mata Mata Musik

Nath “A Step”: Pemanja Telinga Di Kala Pasang Surut Hidup

Posted on: 02/7/20 at 9:00 am

Cover mini album 'A Step' oleh Nath.
Cover mini album ‘A Step’ oleh Nath.

NATH
A Step
(2020, GA Music)

Oleh Dharma Samyayogi

Fakta: Natashya Claudia yang biasa disapa Nath adalah seorang penyanyi solo muda, masih berstatus indie, yang telah merilis mini album (EP) debutnya, A Step pada 27 Januari 2020 lalu secara digital melalui Spotify, YouTube, Joox, dan Apple Music.

Sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi penyanyi dan merilis sebuah album, Nath sudah sering tampil di cafe maupun pesta pernikahan. Ingin keluar dari zona nyaman dan mewujudkan mimpi yang lebih tinggi dengan talenta bernyanyinya, Nath lantas memberanikan diri untuk merilis single perdana ‘Datangkan Cinta’ pada tahun 2017. Pada awal 2018, single kedua Nath, ‘Aku Hanya Ingin’ menjadi OST (Original Soundtrack) film seri ‘Pick Me Up’ dan disusul single ketiga, ‘Tell Me’ di tahun yang sama.

Dan pada awal 2020, Nath kembali lagi dengan karya terbarunya, A Step yang masih didukung penuh oleh produser Gerry Anake sebagai orang ‘bertangan dingin’ di balik produksi dan aransemen musiknya sejak awal. Berisi 5 lagu yang ditulis oleh Nath dengan bantuan adiknya, Ines untuk liriknya.

Kelebihan: Tidak hanya mengangkat tema mengenai percintaan, 5 lagu dalam EP ini juga mengangkat tema tentang kehidupan sehingga terhindari dari kesan cheesy, justru sebaliknya, secara keseluruhan lagu-lagunya terasa classy. Oh ya? Yoai.

Lagu pertama ‘You Can’t’ langsung nge-hook sejak nada musik dan bait pertama liriknya masuk sampai akhir lagu yang tenang dan lembut tapi bisa menggoyangkan badan. Meski usia Nath yang terbilang muda (kelahiran tahun 1991), Nath menggeber R&B era 1990-an yang mengingatkan kepada Toni Braxton, Mary J. Blige, Aaliyah atau Reza Artamevia. Mungkin Nath sejak balita sudah nge-fan berat artis-artis senior tersebut, wkwkwk. Suara Nath yang empuk dan merdu begitu soulful mengungkapkan keinginannya menjadi seseorang yang tetap bisa mandiri dan tidak terlalu tergantung dengan pasangan. Bagian refrainnya, “You can’t drive me wrong, you can’t drive me crazy…” ini “sing-along-able” banget.

Lagu kedua, ‘When I Saw You’, naik temponya, lebih goyang dan damn, masih catchy berat, bray. Kali ini menceritakan mengenai segala perasaan yang dirasakan ketika sedang jatuh cinta dan kebimbangan untuk mengungkapkannya. Mendadak gagu? “Ngeboti” saja supaya “pede”, kelar masalah, wkwkwk. Dengarkan saja lagu ini mungkin akan membantu menggerakkan hati yang terkurung itu sambil bersenandung refrainnya dan berdansa menuruni anak tangga ala Joker: “Looking to your eyes, I see my world inside, Then I hear your voice, You make me drown to you”.

Lagu ketiga, ‘Change’, lagu sederhana yang hanya diringi dentingan nada kibord namun mampu menggoyangkan dan menjentikkan jari. Lagu ini menceritakan mengenai bagaimana kehidupan mau tidak mau memaksa kita untuk keluar dari zona aman dan nyaman, merubah seluruh hidup kita, untuk menemukan jati diri kita. Lagi-lagi, catchy berat, BengBeng, refrainnya: “Change me, change the way I see, Change me, Change, change the the way I live, Change me”.     

Lagu keempat, ‘About You’, turun tempo, slow tapi tidak terlalu mellow walau liriknya menceritakan tentang titik terendah dalam hidup, mengenai menyerah dan putus asa, namun perlahan-lahan dipulihkan oleh-Nya. Lebih menjadi sebagai penyemangat ketimbang pengiring mewek.

Lagu kelima, ‘Stronger’, naik tempo dan kembali mengajak ke lantai dansa dengan syair tentang seseorang yang menjadi lebih kuat dan bijaksana, setelah melalui banyak kegagalan dalam berbagai kisah cinta sebelumnya. Lagi-lagi menjadi penyemangat, bray.

Kekurangan: Meski sudah ‘outstanding’ dengan semua lirik berbahasa Inggrisnya, mungkin berikutnya Nath perlu mempertimbangkan lirik Indonesia.

Kesimpulan: A Step, langkah awal dan tiket perjalanan Nath menjadi bintang yang bersinar di industri musik nasional.

Verdict: 8,5/10

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kenny Gabriel

Kenny Gabriel Fitur Moneva & Popsickle Semangati Rasa Percaya Diri Via...

Kenny Gabriel, MONEVA, POPSICKLE. Perfomer/Produser/Musisi/Pencipta Lagu/DJ Kenny Gabriel telah mengeluarkan single ketiga bernapaskan pop dan R&B yang

on Oct 27, 2020
Fahem

Fahem Beri Single Baru 'Another Pills' Untuk Ditelan Bersama Hubungan ...

Fahem. (Foto: Berryl Reynaldy). Jika single debut Fahem berbicara tentang romansa sebelum menjalin hubungan, 'Another Pills', single keduanya ini adalah seg

on Oct 7, 2020
Eros Tjokro

Eros Tjokro Beri Tips Buat Cowok Yang Sedang PDKT Di Single Barunya, '...

Eros Tjokro. Penyanyi Eros Tjokro merilis single terbaru bertajuk 'Gibberish' yang merupakan pembukaan Roses, tema besar dalam karya Eros Tjokro di tahun 20

on Oct 5, 2020
Dhora Bongs dan Murei

Dhira Bongs & Murei Kampanyekan Rasa Syukur Lewat 'Not an Ordinary Fai...

Dhira Bongs dan adiknya, Murei. Setelah November 2019 lalu, Dhira Bongs merilis single 'Sungguh Terlalu', Dhira kembali merilis single kedua pada 25 Septemb

on Sep 25, 2020