×
×

Search in Mata Mata Musik

Neil Young Menjual Separuh Hak Cipta Dari 1.180 Lagu Asli Yang Ditulisnya

Posted on: 01/7/21 at 10:30 am

Neil Young Menjual Separuh Hak Cipta Dari 1.180 Lagu Asli Yang Ditulisnya
Neil Young. (Foto: Debi Del Grande).

Neil Young adalah artis terkemuka terbaru yang menandatangani surat perjanjian hak penerbitan musik, yang memperkuat trend yang sedang berlangsung di industri musik. Sebelumnya Bob Dylan juga melakukan hal yang kurang lebih sama.

Baca juga: Bob Dylan Menjual Seluruh Katalog Lagu Yang Ditulisnya Senilai Rp 4,2 Triliun!

Kesepakatan itu membuat penerbit Hipgnosis memperoleh 50% dari hak cipta di seluruh dunia dan pendapatan yang dihasilkan dari lebih dari 1.180 lagu asli milik Neil Young. Belum diketahui secara pasti berapa banyak uang tunai dari penjualan yang terjaring untuk ikon folk rock tersebut, tetapi hampir tidak diragukan lagi jumlahnya adalah sembilan digit US$. Uhuy!

Ini adalah kesepakatan besar terbaru yang dibuat minggu ini oleh Hipgnosis, perusahaan penerbitan yang didirikan pada 2018 oleh manajer artis Merck Mercuriadis (Elton John, Beyoncé). Sebelumnya, perusahaan ini menutup 100% katalog lagu anggota Fleetwood Mac Lindsay Buckingham, serta royalti produser untuk 259 lagu milik pendiri Beats Jimmy Iovine. Katalog lagu Neil Young sekarang bergabung dengan katalog milik Hipgnosis, termasuk Timbaland, The-Dream, Mark Ronson, Steve Winwood, dan Blondie.

Hipgnosis menghasilkan pendapatan besar, dilaporkan sebesar US$ 67,8 juta (sekitar Rp 944,8 miliar) untuk paruh pertama tahun 2020 saja, dengan menempatkan lagu-lagunya di film, TV, dan iklan. Kategori terakhir itu adalah sesuatu yang telah lama ditentang Neil Young, pernah bercanda bahwa perusahaan yang nggak disebutkan namanya telah memintanya untuk mengganti judul lagunya, ‘Heart of Gold’ menjadi ‘Burger of Gold’. Doi juga memasukkan lirik, “Ain’t singing for Pepsi/ Ain’t singing for Coke/ I don’t sing for nobody/ Makes me look like a joke,” dalam lagu tahun 1988 ‘This Note’s for You’, sebuah judul yang mengejek kampanye populer “This Bud’s for You” dari Budweiser, brand minuman beralkohol beken.

Artinya, sulit dipercaya Neil Young akan menjual setengah hak cipta lagunya kepada seseorang yang prinsipnya nggak sejalan dengan prinsipnya. “Kami memiliki integritas, etos, dan semangat yang sama yang lahir dari kepercayaan pada musik dan lagu-lagu penting ini,” kata Merck Mercuriadis (via The Guardian). “Nggak akan pernah ada ‘Burger of Gold’, tapi kami akan bekerja sama untuk memastikan semua orang mendengarnya sesuai dengan persyaratan Neil”.

Baca juga: Facebook Ancam Hapus Akun Yang Live Streaming Dengan Konten Berhak Cipta

Entah itu karena pandemi telah menghancurkan pendapatan tur, streaming telah merendahkan nilai hak cipta, atau musisi yang lebih tua hanya ingin menopang warisan mereka, banyak artis baru-baru ini membuat kesepakatan penerbitan semacam ini. Stevie Nicks, Chrissie Hynde dari The Pretenders, dan The Killers semuanya telah menguangkan atau mencairkan hak ciptanya. Nilai tertinggi mungkin Bob Dylan yang menjual seluruh katalog penulisan lagunya ke Universal Music seharga US$ 300 juta (sekitar Rp 4,2 triliun) yang dilaporkan bulan lalu.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Jokowi PP 56-2021

    Jokowi Teken PP Baru: Putar Lagu Di Tempat Umum Wajib Bayar Royalti

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Pemerintah tentang pengelolaan royalti hak cipta lagu dan musik. Dengan PP bernomor 56/2021 bisa memberikan

    on Apr 7, 2021
    Taylor Swift Folklore

    Menurut Netizen, Artwork Album ‘Folklore’ Taylor Swift Ternyata Sa...

    Cover album versi metal Taylor Swift Folklore. (Foto: via Twitter/@colstot). Ingat ketika mantan anggota NSYNC Justin Timberlake hibernasi ke hutan untuk me

    on Jul 25, 2020
    Melissa Etheridge

    Putra Melissa Etheridge, Beckett Cypher, Meninggal Di Usia 21 Tahun

    Melissa Etheridge bersama anak laki-lakinya, Beckett Cypher. (Foto: Reuters). Putra dari penyanyi country rock senior Melissa Etheridge yang berusia 21 tahu

    on May 15, 2020
    Bob Dylan

    Single Baru Bob Dylan 'Murder Most Foul' Tembus No.1 Di Chart Billboar...

    Bob Dylan di atas panggung ajang Annual Critics' Choice Movie Awards ke-17 di The Hollywood Palladium pada 12 Januari 2012 di Los Angeles. (Foto: Christopher P

    on Apr 10, 2020