×
×

Search in Mata Mata Musik

Neverland Milik Michael Jackson Terjual Dengan Harga Miring, Diskon 1 Triliun

Posted on: 12/27/20 at 10:00 am

Neverland Milik Michael Jackson Terjual Dengan Harga Miring, Diskon 1 Triliun

Neverland Ranch atau biasa disebut Neverland milik mendiang Michael Jackson dilaporkan telah terjual seharga US$ 22 juta (sekitar Rp 311,6 miliar), yang nilainya kurang dari seperempat dari harga awal yang diminta, yaitu sebesar US$ 100 juta (sekitar Rp 1,4 triliun). Neverland terjual kepada investor miliarder Ron Burkle dalam suatu kesepakatan yang dideskripsikan salah satu agen real estate Los Angeles sebagai “pencurian”.

Baca juga: Anekdot Keren Kontribusi Eddie Van Halen Di Lagu Michael Jackson ‘Beat It’

Properti lahan dan bangunan bernama Neverland yang lokasinya berada di Los Olivos, California, Amerika Serikat (AS) adalah rumah bagi mendiang Michael Jackson dari tahun 1987, ketika King of Pop itu berada di puncak ketenarannya, hingga saat kematiannya pada bulan Juni 2009. Michael dilaporkan meninggal karena overdosis obat di rumah yang berbeda di kawasan elit Holmby Hills di Los Angeles, AS.

Dari dua properti yang dimiliki Michael Jackson, Neverland, yang didirikan di atas tanah seluas 2.698 hektar, jauh lebih terkenal oleh publik. Selama dekade 1990-an, jaksa wilayah Santa Barbara menggeledah Neverland, menggambarkannya sebagai dunia fantasi yang dibangun Michael Jackson untuk memikat bocah laki-laki ke properti untuk melakukan pelecehan seksual terhadap mereka. Namun akhirnya Michael Jackson dibebaskan dari kasus tuduhan kontroversial itu.

Neverland ini juga menampilkan taman hiburan tambahan, ada kereta api, dan kebun binatang yang merupakan rumah bagi hewan orangutan dan seekor gajah bernama Gypsy pemberian dari Elizabeth Taylor pada tahun 1991. Neverland mulai dipasarkan pada 2015 dengan harga US$ 100 juta.

Menurut Wall Street Journal, properti mewah Michael Jackson ini akhirnya dibeli oleh Ron Burkle setelah terdaftar kembali seharga US$ 31 juta tahun ini. Ron adalah orang yang pernah menjadi rekan mendiang popstar itu dan salah satu pendiri perusahaan investasi Yucaipa Companies.

Pada saat transaksi penjualan, properti itu dimiliki bersama oleh ahli waris Michael Jackson dengan dana yang dikelola oleh Colony Capital, perusahaan perwalian investasi real-estate. Michael Jackson awalnya membayar US$ 19,5 juta (sekitar Rp 276 miliar) untuk Neverland tetapi gagal membayar pinjaman yang didukung oleh properti itu dan ditempatkan dalam usaha patungan dengan perwalian.

Agen real estate Los Angeles, Ian Reed, mengatakan kepada Guardian bahwa meskipun mempertimbangkan “masa lalu yang menyeramkan” dari rumah itu dan fakta bahwa Neverland, yang dibangun pada tahun 1982, menampilkan interior kuno, harganya bisa dianggap “mencuri”. Yoi, menang banyak tuh pembelinya. Harganya diskon 1 triliun!

“Ini mungkin seperti rumah berhantu tetapi pembelinya baru saja mendapat kesepakatan, kenyataannya (seperti) ‘mencuri’,” kata Ian Reed.

Pembeli pernah menasihati Michael Jackson tentang masalah bisnis selama beberapa tahun sebelum kematiannya, ketika bintang pop itu bekerja keras untuk melepaskan dirinya dari masalah keuangan. Dia diketahui memiliki beberapa rumah di daerah tersebut, termasuk Ennis House di Los Angeles, dirancang oleh Frank Lloyd Wright, dan rumah John Lautner di Palm Springs, dirancang dan dibangun untuk Bob dan Dolores Hope.

Menurut daftarnya, Sycamore Valley Ranch alias NeverLand, terdiri dari rumah besar bergaya Normandia Prancis seluas 12.000 kaki persegi dan “adalah tempat peristirahatan peternakan terbaik… terletak di antara taman lanskap dan danau seluas 4 hektar, pemandangan pastoral yang luar biasa ke Selatan dan pemandangan gunung yang megah di utara”.

Properti ini memiliki “area BBQ luar ruangan tertutup yang luas yang sempurna untuk hiburan dan berdekatan dengan kolam renang, rumah biliar, dan lapangan tenis”. Juga di properti ini terdapat tiga rumah tamu terpisah, bioskop seluas 5.500 kaki persegi dengan panggung, lumbung, fasilitas penampungan hewan, kandang dan bengkel pemeliharaan.

Baca juga: Drama Musikal Michael Jackson di Broadway Telah Diundur Jadwalnya

Pada suatu waktu, Michael Jackson membuat jam bunga raksasa di gerbang perkebunan yang bertuliskan “Neverland”, sebuah nama yang, tentu saja, berasal dari dongeng Peter Pan-nya J M Barrie. Setelah kematian Michael Jackson, properti itu diubah namanya menjadi Sycamore Valley Ranch dan wahana hiburannya dibongkar.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Aib Artis

    Antara Karya & Aib Dari Seorang Artis Yang Tidak Selalu Bisa Dipisahka...

    Ki-ka: Phil Spector, Gisel, Michael Jackson, R. Kelly, Ariel. Kondisi psikologi manusia memang merupakan hal yang sulit untuk dipahami. Bagaikan dua sisi se

    on Jan 20, 2021
    Eddie Van Halen

    Anekdot Keren Kontribusi Eddie Van Halen Di Lagu Michael Jackson 'Beat...

    Eddie Van Halen tampil sepanggung bersama Michael Jackson membawakan lagu 'Beat It' dalam salah satu konser Victory Tour 1983. (Foto: Getty Images). Segala

    on Oct 10, 2020
    Michael Jackson

    Drama Musikal Michael Jackson di Broadway Telah Diundur Jadwalnya

    Michael Jackson saat konser di era 1980-an. (Foto: Kevin Mazur/WireImage). Jadwal debut panggung Broadway drama musikal tentang The King of Pop, Michael Jac

    on May 15, 2020
    Michael Jackson

    Penuduh Pelecehan Seksual Michael Jackson Kembali Menuntut

    Michael Jackson memberi isyarat ketika dia meninggalkan Pengadilan Santa Barbara County pada 2 Maret 2005 setelah hari ketiga persidangan penganiayaan anaknya

    on Jan 5, 2020