×
×

Search in Mata Mata Musik

Acara TV Australia Minta Maaf Atas Komentar ‘Rasis’ Terhadap BTS

Posted on: 06/23/19 at 10:30 am

Sebuah stasiun televisi Australia mengeluarkan permintaan maaf setelah salah satu acaranya dikritik sebagai xenophobic dan rasis oleh penggemar BTS.

Pada hari Rabu (19/6) malam, acara budaya pop 20 to One yang tayang di Nine Network menampilkan daftar sensasi global. BTS—yang telah memecahkan sejumlah rekor dan baru-baru ini tampil di Wembley Stadion di London, Inggris—menempati peringkat 18, sementara presenternya menggambarkan mereka sebagai “band terbesar yang belum pernah kamu dengar.”

Segmen tersebut menampilkan komentar dari komedian asal Inggris, Jimmy Carr, yang mengatakan, “Ketika saya pertama kali mendengar sesuatu dari Korea meledak di Amerika, saya menjadi khawatir.”

“Jadi saya kira, bisa lebih buruk,” katanya, sebelum menambahkan: “Tapi tidak jauh lebih buruk.”

Acara ini mengundang amarah dari penggemar setia BTS—yang dikenal sebagai ARMY—yang turun ke Twitter untuk menghujat komentar rasis tersebut. Tagar #channel9apologize menjadi trending di kalangan pengguna Twitter di Australia pada hari Kamis (20/6).

“Sudah waktunya media Australia mengetahui bahwa rasisme dan xenophobia mereka tidak dapat diterima,” tulis BTS Australia, akun Twitter untuk ARMY yang berbasis di Australia.

Pada hari Kamis (20/6), seorang juru bicara Nine mengeluarkan permintaan maaf.

“Sebagai program hiburan yang ringan, kami meyakini bahwa episode semalam di 20 to One… tidak melanggar peraturan penyiaran, dan dimaksudkan untuk menyoroti popularitas grup itu,” kata sang juru bicara dalam sebuah pernyataan kepada CNN.

“Kami meminta maaf kepada siapa pun yang mungkin tersinggung oleh episode semalam.”

BTS, dalam berbagai hal, adalah boyband terbesar di dunia saat ini – dan penggemar mereka dikenal sangat bersemangat.

Pada bulan April, boyband beranggotakan tujuh personil ini menjadi grup ketiga dalam 50 tahun yang memiliki tiga album nomor satu di tangga lagu Billboard 200 dalam waktu kurang dari 12 bulan, bergabung dengan jajaran The Beatles dan The Monkees. Bulan berikutnya, BTS menjadi grup pertama dalam sejarah Billboard yang duduk selama lima minggu di nomor satu Billboard Artist 100.

BTS’s ARMY, singkatan dari Adorable Representative MC for Youth, sering disebut-sebut memberikan kontribusi signifikan terhadap kesuksesan internasional BTS.

Keterangan Foto Utama: 20 to One, sebuah acara tv di Austraslia ucapkan permohonan maafnya secara resmi atas komentarnya yang dinilai rasis terhadap BTS. (Foto: Australia BTS/Twitter)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Camila Cabello

    Camila Cabello Minta Maaf atas Postingan Lama yang Berbau Rasis

    Camila Cabello mengeluarkan pernyataan minta maaf atas postingan rasis yang diunggahnya ke platform sosial media Tumblr waktu dia masih berumur 15 tahun. 

    on Dec 20, 2019
    Kategori K-Pop Di MTV VMAs Tahun Ini Tuai Respon Negatif!

    Kategori K-Pop Di MTV VMAs 2019 Tuai Respon Negatif!

    Tidak ada grup K-Pop yang masuk nominasi di tiga kategori utama VMAs. Missy Elliott pernah menyebut MTV Video Music Awards (VMAs) sebagai “penghargaan ora

    on Jul 27, 2019
    Morrissey: “Semua Orang Akhirnya Lebih Memilih Ras Mereka Sendiri”

    Morrissey: “Semua Orang Akhirnya Lebih Memilih Ras Mereka Sendiri”

    Dia juga kembali menyuarakan dukungan untuk Anne Marie Waters, ketua partai anti-Islam For England. Sejak menyatakan dukungannya untuk partai anti-Islam For

    on Jun 27, 2019