×
×

Search in Mata Mata Musik

Apple Akhiri Era iTunes-nya!

Posted on: 06/7/19 at 12:47 pm

Apple luncurkan iTunes pada 2001, di tengah maraknya pembajakan musik dan mampu mendominasi industri musik di era mp3 kala itu.

Bisa dibilang, ini merupakan berakhirnya sebuah era bagi Apple. Raksasa teknologi tersebut mengambil keputusan untuk memensiunkan pustaka dan pemutar musik digital mereka, iTunes, yang sudah berhasil menempatkan nama Apple di peta industri musik selama hampir dua dekade ini.

Senin {3/6), Apple menjelaskan kalau mereka akan menggantikan iTunes dengan sebuah aplikasi yang memisahkan penataan musik, televisi dan podcast, yang memang berbeda dengan sistem iTunes, dimana satu untuk semua.

Dalam siaran pers, Craig Federighi, Senior VP Apple menyatakan, “Dengan macOS Catalina, kami memberikan beberapa aplikasi baru yang segar, dimulai dengan versi mandiri Apple Music yang baru, Apple Podcast dan Apple TV,” Craig juga mengungkap beberapa fitur baru lainnya.

iTunes memang termasuk teknologi inovatif pada masanya, tapi frekuensi keluhan soal fungsi dan pengoperasiannya cenderung meningkat selama berjalannya waktu, yang diharapkan dapat ditekan dengan aplikasi baru penggantinya ini.

“Aplikasi musik yang baru ini beroperasi lebih cepat, mudah digunakan dan lebih menyenangkan. Apple Music akan membantu penggunanya menemukan musik baru dengan lebih dari 50 juta pilihan lagu, playlist, dan video musik. Para pengguna akan memiliki akses penuh ke pustaka musik yang mereka punya, baik musik unduhan, musik yang dibeli, bahkan musik yang mereka ambil dari CD.”

Sementara Apple akan terus mengembangkan aplikasi untuk musik, televisi da podcast, secara bersamaan, mereka juga melakukan upaya meningkatkan aplikasi untuk buku, pesan dan surat elektroniknya.

Keterangan Foto Utama: Apple umumkan secara resmi penutupan iTunes. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Aggregator Musik

    Aggregator Musik: Perantara Pendapatan Di Tengah Disrupsi Teknologi

    Lebih dari satu dekade kita telah memasuki era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran teknologi secara fundamental. Mengubah sistem, tatanan, lansk

    on Apr 15, 2021
    Apple Music

    Petinggi Apple: Tidak Akan Ada Layanan Gratis Apple Music Dengan Siste...

    Sebelumnya telah tersiar kabar di kalangan pengguna bahwa kemungkinan akan ada layanan gratis Apple Music dengan sistem iklan. Sebagian dari para pengguna

    on Feb 27, 2021
    Jimmy Page

    Surat Terbuka Jimmy Page Desak Perusahaan Musik Streaming Beri Royalti...

    Jimmy Page. (Foto: via YouTube Fender). Jimmy Page menggunakan statusnya sebagai seorang ikon rock dan Ksatria Ordo Kerajaan Inggris alias Orde of the Briti

    on Dec 15, 2020
    Airpods Max

    Apple Perkenalkan AirPods Max, Headphone Wireless "Over-Ear" Pertama

    Foto: Apple.com. Raksasa industri teknologi Apple telah mengumumkan produk terbarunya, AirPods Max, headphone wireless pertama "over-ear" dari perusahaan be

    on Dec 9, 2020