×
×

Search in Mata Mata Musik

Apple Akhiri Era iTunes-nya!

Posted on: 06/7/19 at 12:47 pm

Apple luncurkan iTunes pada 2001, di tengah maraknya pembajakan musik dan mampu mendominasi industri musik di era mp3 kala itu.

Bisa dibilang, ini merupakan berakhirnya sebuah era bagi Apple. Raksasa teknologi tersebut mengambil keputusan untuk memensiunkan pustaka dan pemutar musik digital mereka, iTunes, yang sudah berhasil menempatkan nama Apple di peta industri musik selama hampir dua dekade ini.

Senin {3/6), Apple menjelaskan kalau mereka akan menggantikan iTunes dengan sebuah aplikasi yang memisahkan penataan musik, televisi dan podcast, yang memang berbeda dengan sistem iTunes, dimana satu untuk semua.

Dalam siaran pers, Craig Federighi, Senior VP Apple menyatakan, “Dengan macOS Catalina, kami memberikan beberapa aplikasi baru yang segar, dimulai dengan versi mandiri Apple Music yang baru, Apple Podcast dan Apple TV,” Craig juga mengungkap beberapa fitur baru lainnya.

iTunes memang termasuk teknologi inovatif pada masanya, tapi frekuensi keluhan soal fungsi dan pengoperasiannya cenderung meningkat selama berjalannya waktu, yang diharapkan dapat ditekan dengan aplikasi baru penggantinya ini.

“Aplikasi musik yang baru ini beroperasi lebih cepat, mudah digunakan dan lebih menyenangkan. Apple Music akan membantu penggunanya menemukan musik baru dengan lebih dari 50 juta pilihan lagu, playlist, dan video musik. Para pengguna akan memiliki akses penuh ke pustaka musik yang mereka punya, baik musik unduhan, musik yang dibeli, bahkan musik yang mereka ambil dari CD.”

Sementara Apple akan terus mengembangkan aplikasi untuk musik, televisi da podcast, secara bersamaan, mereka juga melakukan upaya meningkatkan aplikasi untuk buku, pesan dan surat elektroniknya.

Keterangan Foto Utama: Apple umumkan secara resmi penutupan iTunes. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

iTunes

Pensiunkan iTunes, Apple Peringatkan DJ Jangan Update Dulu!

Peluncuran update terbaru Mac menandai akhir resmi dari toko iTunes Music tercinta kita. Tapi, pembaruan ini malah bisa jadi petaka buat para DJ. Baca juga:

on Oct 11, 2019
Sunmi

“Lalalay” Milik Sunmi Rajai Tangga Lagu K-Pop di iTunes Global!

Baru dirilis beberapa hari lalu, “Lalalay” sudah melaju ke puncak tangga lagu K-Pop iTunes di seluruh dunia. Rilisan terbaru Sunmi berhasil menempati p

on Aug 31, 2019
Tycho

Tycho Hadirkan Forecast, Aplikasi Penyusun Playlist Berdasarkan Kondis...

Pengguna kemudian bisa mendengarkan playlist tersebut di Spotify atau Apple Music. Baca Juga: Hubungan Spotify Dengan Musisi Semakin Tegang Hampir sebulan

on Aug 24, 2019
Porsche Taycan Akan Jadi Mobil Pertama dengan Apple Music Bawaan

Porsche Taycan, Mobil Pertama dengan Built-In Apple Music

Porsche Taycan tidak hanya akan menjadi mobil serba elektrik pertama dari pabrikan asal Jerman ini, tetapi juga akan menjadi mobil pertama dengan fitur aplikas

on Aug 22, 2019