×
×

Search in Mata Mata Musik

Apple Umumkan iPod Baru Pertama dalam 4 Tahun

Posted on: 05/29/19 at 6:12 pm

Dengan chip A10 Fusion, iPod Touch baru ini dibanderol mulai dari Rp2,9 juta.

Baca Juga: Ben&Ben, NIKI, Charlie Lim, Phum Viphurit Masuk Best of 2018: Editor’s Pick Versi Apple Music!

Apple ternyata belum lupa dengan pecinta iPod Touch: Pada Selasa (28/5) kemarin, Apple merilis iPod barunya sejak 2015.

Meskipun iPod mungkin tampak ‘jadul’ bagi sebagian orang, ukurannya yang lebih kecil dan harganya yang lebih murah membantu Apple menarik segmen pasar yang berbeda dari pelanggan yang membeli iPhone premiumnya. iPhone saat ini sedang mengalami penurunan penjualan, dan CEO Tim Cook mengatakan, kenaikan harga berperan dalam perlambatan pertumbuhan ini.

Di masa kejayaan iPod di 2008, Apple menjual lebih dari 55 juta unit. Apple berhenti merilis angka penjualan iPod di 2013, setelah perangkat ini terjual kurang dari 20 juta unit. iPod tidak lagi terdaftar di situs web Apple atau dipajang di Apple Stores. Tetapi iPod masih menarik minat segelintir audiens.

iPod Touch baru

iPod Touch baru mendapat sedikit peningkatan dalam perangkat keras. Ini akan digerakkan oleh chip A10 Fusion, yang sedikit lebih tua dari chip yang ditemukan di iPhone terbaru. iPhone 7 juga digerakkan oleh A10, jadi chip ini berumur sekitar tiga tahun. Tetapi A10 lebih cepat dari chip A8 yang terpasang di versi 2015.

Baca Juga: Apple Music Ungguli Spotify Dalam Jumlah Pelanggan Berbayar

Peningkatan chip ini berarti iPod Touch “dua kali lebih cepat dari sebelumnya,” kata Greg Joswiak, wakil presiden pemasaran produk Apple, dalam sebuah pernyataan.

Ini juga berarti iPod Touch baru dapat mendukung panggilan Group FaceTime dan aplikasi augmented reality. Apple (AAPL) juga menggunakan peluncuran produk ini untuk mempromosikan program langganan game yang akan datang, bernama Apple Arcade, yang diumumkannya pada bulan Maret lalu.

iPod Touch baru juga memiliki opsi penyimpanan baru sebesar 256 GB untuk mempermudah pelanggan yang memiliki file musik tambahan yang perlu mereka simpan. Sejauh ini, opsi itu adalah kapasitas penyimpanan terbesar yang pernah Apple pasang di iPod. iPod Classic (iPod dengan roda klik) yang kini tidak lagi diproduksi hadir dengan maksimum penyimpanan 160 GB.

iPod Touch baru terlihat mirip dengan yang lama dengan tombol home fisik, layar berukuran empat inci, dan harga yang lebih rendah dari kebanyakan iPhone modern.

iPod Touch baru dijual mulai dari $199 (Rp2.900.000) untuk opsi penyimpanan 32 GB hingga $399 (Rp5.750.000) untuk opsi 256 GB. Perangkat ini hadir dengan warna abu-abu tua, putih, emas, biru, pink, dan merah, dan bisa dipesan secara online di 27 negara mulai hari Selasa kemarin.

Keterangan Foto Utama: iPod Touch terbaru dari Apple kini hadir dengan chip yang lebih cepat. (Foto via CNN)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

iTunes

Pensiunkan iTunes, Apple Peringatkan DJ Jangan Update Dulu!

Peluncuran update terbaru Mac menandai akhir resmi dari toko iTunes Music tercinta kita. Tapi, pembaruan ini malah bisa jadi petaka buat para DJ. Baca juga:

on Oct 11, 2019
Apple Akhiri Era iTunes-nya!

Apple Akhiri Era iTunes-nya!

Apple luncurkan iTunes pada 2001, di tengah maraknya pembajakan musik dan mampu mendominasi industri musik di era mp3 kala itu. Bisa dibilang, ini merupaka

on Jun 7, 2019
iTunes

Pelanggan iTunes Gugat Apple Karena Dugaan Penjualan Informasi

Gugatan perwakilan kelompok (class action) mengklaim bahwa Apple memperoleh dan menjual informasi pengguna iTunes ke perusahaan lain. Baca Juga: GFRIEND Pun

on Jun 3, 2019
15 Tahun GarageBand, John Mayer Bernostalgia

15 Tahun GarageBand, John Mayer Bernostalgia

GarageBand secara resmi diluncurkan Apple 15 tahun yang lalu dan John Mayer turut membantu peluncurannya. Oleh: Simon Arblaster (Computer Music) https:/

on Jan 8, 2019