×
×

Search in Mata Mata Musik

Ariana Grande Dituntut Karena Posting Fotonya Sendiri!

Posted on: 05/21/19 at 11:16 am

Grande diharuskan membayar sekitar Rp361 juta per foto.

Baca Juga: Ariana Grande Dinobatkan Sebagai ‘Woman of the Year’ oleh Billboard

Berita teraneh di dunia musik saat ini datang dari Ariana Grande, yang dituntut oleh seorang paparazzi karena memposting foto dirinya sendiri di Instagram dan Twitter.

Robert Barbera melayangkan gugatan hukum terhadap penyanyi pop ini setelah Grande mengunggah dua foto miliknya secara online untuk menandai perilisan albumnya, Sweetener, pada Agustus lalu.

Foto-foto tersebut menampilkan Ariana Grande dengan sweater kebesaran sambil membawa tas tembus pandang yang bertuliskan ‘Sweetener,’ dan diambil dari jauh – alias tanpa persetujuannya.

Sekarang, Barbera menuntut Grande sebesar $25.000 (Rp361.500.000) per foto atau semua keuntungan yang dia peroleh dari foto-foto itu, yang mungkin saja bernilai sebesar penjualan hari pertama Sweetener. Gugatannya menyatakan, “(Grande) melanggar hak cipta (milik Barbera) dalam foto-foto tersebut dengan memperbanyak dan secara publik menampilkan foto-foto tersebut di halaman Instagram… (Grande) tidak, dan tidak pernah, diberikan lisensi atau izin untuk memperbanyak, secara publik menampilkan, mendistribusikan dan/atau menggunakan foto-foto itu.”

Tentunya, fotografer harus mendapatkan kredit untuk karya mereka, tetapi sulit bersimpati untuk para paparazzi yang mengambil foto selebriti tanpa izin, menjual foto-foto ‘memalukan’ untuk jumlah uang yang besar, dan secara umum berkontribusi pada pemolisian tubuh perempuan dalam tabloid pers.

Baca Juga: Ariana Grande Rilis Piringan Hitam!

Ini bukan pertama kalinya Grande berurusan dengan fotografer, karena di bulan Maret lalu dia menyebabkan kekisruhan di antara organisasi media atas kebijakan foto Sweetener World Tour.

Grande membuat fotografer menyerahkan semua hak atas foto-foto mereka kepada perusahaan turnya, dan hanya akan membiarkan mereka mengambil gambar dari area yang ditentukan selama tiga lagu pertama.

Keterangan Foto Utama: Ariana Grande. (Foto: Ariana Grande/Instagram)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

George Floyd

Cardi B, Ice T, Snoop Dogg Dan Lainnya Tuntut Keadlian Atas Kematian G...

Aksi demonstrasi tuntut keadilan untuk George Floyd. Tragedi selama tahun 2020 sejauh ini semakin terasa tidak berujung. Kemarahan warga Amerika Serikat (AS

on May 29, 2020
Lady Gaga X BLACKPINK.

Lady Gaga Akhirnya Rilis ‘Sour Candy’, Lagu Kolab Dengan BLACKPINK...

Lady Gaga X BLACKPINK. (Foto: kolase). Diva superstar Lady Gaga akhirnya wujudkan mimpi para Little Monsters-nya (fansbase Lady Gaga) pada hari Kamis (28 Me

on May 29, 2020
Lady Gaga dan Ariana Grande

Lady Gaga dan Ariana Grande Jadi Ratu Pesta Cyberpunk di Video ‘Rain...

Ariana Grande dan Lady Gaga di video musik 'Rain on Me'. (Foto: YouTube). Lady Gaga dan Ariana Grande memimpin semacam pesta dansa futuristik dalam video ba

on May 23, 2020
Ariana Grande dan Lady Gaga

Rilis! Yuk Dengarkan Lagu Kolab Lady Gaga dan Ariana Grande, 'Rain On ...

Lady Gaga X Ariana Grande. Dua ratu pop akhirnya bersatu melalui lagu kolaborasi mereka yang sangat ditunggu-tunggu, ‘Rain on Me’ yang dirilis pada hari

on May 22, 2020