×
×

Search in Mata Mata Musik

Artis Woodstock 50 Tak Lagi Wajib Tampil

Hal ini menyusul keputusan investor utama untuk mundur dari pendanaan festival.

Baca Juga: Of Monsters and Men Kembali dengan “Alligator”

Drama Woodstock 50 terus berlanjut. Meskipun ada pengumuman dari pihak pendana bahwa festival ini dibatalkan, Michael Lang selaku pendiri menegaskan acaranya tetap akan berlangsung.

Dalam wawancara dengan The New York Times, Lang mengakui acara ulang tahun festival ini memerlukan investor baru, tetapi bersikeras bahwa dia sudah memiliki calon partner pendanaan  yang “tidak sabar ingin bergabung.”

Dentsu Aegis Network, investor utama awal Woodstock 50, memutuskan untuk tidak lagi terlibat dalam acara ini karena khawatir dengan “kesehatan dan keselamatan para penampil, mitra dan penonton.” Dengan begitu, perusahaan yang berbasis di Jepang tersebut mengumumkan festival ini dibatalkan—sesuatu yang dianggap Lang “membingungkan.”

“Yang mengejutkan adalah, mereka tidak memberi peringatan, atau menelepon, atau mengatakan, ‘Kami ingin mundur, apakah kalian bisa menggantikan kami?’” jelas Lang. “Itu sangat mengejutkan.”

Untuk mengurangi dampak kerugian, Lang menggaet pengacara Marc E. Kasowitz—yang juga mewakili Presiden Donald Trump—sebagai bantuan hukum. Kasowitz pun segera mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa Dentsu tidak berhak membatalkan festival dan memerintahkan “semua pemangku kepentingan, termasuk penampil” untuk lanjut seperti yang direncanakan.

Sementara itu, Lang percaya kehadiran calon sponsor baru dan perkembangan perizinan telah menempatkan grupnya pada posisi yang menguntungkan Woodstock 50. “Kami punya waktu yang singkat untuk menyatukan ini semua,” katanya. “Itu sudah jelas. Kami merasa ini waktu yang cukup, dan ada minat yang cukup, sehingga kami percaya kami akan mendapatkannya.”

Walaupun pernyataan Lang memberi harapan Woodstock 50 masih akan tetap digelar, sebuah laporan dari Billboard memberikan gambaran yang lebih suram.

“Penampil punya kontrak dengan Dentsu, bukan dengan Michael Lang ataupun Woodstock 50,” ungkap seorang agen yang mewakili beberapa artis untuk acara ini. Jika ini benar, mundurnya Dentsu dari festival akan membebaskan penampil dari kewajiban apa pun untuk tampil. Dead and Company, The Killers, Santana, Jay-Z, Imagine Dragons, Greta Van Fleet dan Robert Plant adalah beberapa nama artis yang awalnya termasuk dalam lineup Woodstock 50.

Bahkan jika Lang tetap memaksakan rencananya, orang dalam industri mempertanyakan kemampuannya untuk membalikkan keadaan. “Kami bahkan tidak akan berdiskusi dengan Lang sampai kami melihat semua perizinan yang diperlukan untuk acara ini sudah didapatkan,” kata satu agensi artis yang mewakili beberapa artis yang dijadwalkan tampil di festival.

Baca Juga: Tinder Hadirkan Festival Mode, Fitur Baru Cari Pacar di Acara Musik!

“Saya juga ingin mendengar bagaimana dia berencana meyakinkan penggemar untuk membeli tiket untuk acara yang sudah dibatalkan.”

Memang, di era pasca Fyre Festival, pencinta musik menjadi lebih berhati-hati dari sebelumnya saat mengeluarkan uang untuk menghadiri acara. Untuk itu, Lang mengatakan dia berkomitmen memenangkan kembali kepercayaan orang-orang. “Cara terbaik untuk membalikkan keadaan adalah melalui tindakanmu, bukan dengan kata-katamu,” tegas sang pendiri, dan menambahkan bahwa “semua hal bisa terwujud ketika kamu memiliki komitmen dan tujuan.”

Lang menyamakan tantangan yang dihadapi Woodstock 50 dengan tantangan yang mengganggu acara Woodstock aslinya. “Di 1969, kami dikeluarkan dari Wallkill sebulan sebelum festival itu digelar. Salah satu hal ajaibnya adalah kami menemukan tempat baru di hari berikutnya,” kenang Lang. “Kami punya komitmen. Kami berkomitmen pada saat itu, dan kami tidak akan berhenti sekarang.”

Keterangan Foto Utama: Michael Lang, salah satu pendiri Woodstock. (Foto: Getty Images/Michael Loccisano)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Nasib Woodstock 50 Sejak Pertama Kali Diumumkan Januari 2019

Nasib Woodstock 50 Sejak Pertama Kali Diumumkan Januari 2019

Beberapa waktu lalu, Komite perencanaan Vernon, NY kembali menolak permohonan penyelenggara Woodstock 50 yang semula akan digelar bulan Agustus mendatang.

on Jul 18, 2019
Lagi-Lagi, Woodstock 50 Gagal Dapat Izin Venue!

Lagi-Lagi, Woodstock 50 Gagal Dapat Izin Venue!

Upaya festival untuk mendapatkan izin tampil di lokasi baru yang diusulkan, Vernon Downs di kota Vernon, Oneida County, New York, telah ditolak. Dan sedang men

on Jul 13, 2019
Batal Tampil di Watkins Glen, Woodstock 50 Sudah Dapat Tempat Baru

Batal Tampil di Watkins Glen, Woodstock 50 Sudah Dapat Tempat Baru?

Vernon Downs dikabarkan menjadi tempat berlabuh baru untuk Woodstock 50. Woodstock 50 menolak mati. Setelah menghadapi serangkaian masalah termasuk perizina

on Jul 2, 2019
Woodstock 50

Woodstock 50 Batal Digelar di Watkins Glens

“Watkins Glen International mengakhiri lisensi tempat untuk Woodstock sesuai dengan ketentuan kontrak,” kata perwakilan lokasi balap tersebut. “Dengan de

on Jun 11, 2019