×
×

Search in Mata Mata Musik

Janet Jackson & Chris Brown Dikritik Karena Konser di Arab Saudi

Posted on: 07/19/19 at 2:19 pm

Human Rights Foundation mengkritik musisi dunia seperti Janet Jackson, 50 Cent, Tyga dan Chris Brown karena memutuskan akan menggelar konser di Arab Saudi.

Baca Juga: Konser Mendatang BTS di Arab Saudi Picu Amarah Warganet!

Hanya beberapa hari setelah Nicki Minaj mengambil sikap menentang pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di Arab Saudi, Human Rights Foundation juga ikut mengambil sikap!

Minaj dijadwalkan tampil di Jeddah World Fest pada 18 Juli kemarin, tetapi memutuskan untuk mundur dari slotnya di lineup festival tersebut. Sebaliknya, dia memilih untuk turut membela hak-hak perempuan dan komunitas LGBTQ+. Sekarang, Janet Jackson, Tyga, Chris Brown, 50 Cent, dan Future justru dikabarkan akan konser di negara itu.

Human Rights Foundation pun mengecam artis-artis ini, dan mengklaim bahwa mereka lebih memilih uang ketimbang hak asasi manusia yang mendasar.

“Sudah jelas, setelah kehilangan Nicki Minaj atas dasar catatan pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan dari rezim Saudi dan perlakuan mereka terhadap wanita dan komunitas gay, Putra Mahkota telah memilih untuk menghabiskan apa pun yang diperlukan untuk menggelar pertunjukan itu … menganggap hal-hal itu normal dan ini hanyalah sebuah konser,” kata Thor Halvorssen, presiden Human Rights Foundation.

Menurut HRF, Arab Saudi menghabiskan jutaan dolar untuk mendatangkan para selebritas terkenal ini setelah Nicki Minaj membatalkan penampilannya. HRF mengatakan, tindakan pemerintah Saudi ini adalah publicity stunt yang terang-terangan, dan sebuah upaya untuk mengalihkan perhatian rakyat Saudi.

“Saudi menerapkan program pengalihan perhatian yang canggih,” kata pernyataan HRF. “Ini membingungkan bagi para penggemar artis-artis ini, bahwa meskipun mengetahui semua ini, mereka masih berniat untuk tampil. Sangat menyedihkan mereka lebih memilih uang daripada moral.”

Dalam upaya untuk membuat artis-artis ini membatalkan penampilan mereka, HRF telah menulis surat kepada masing-masing artis yang mengingatkan mereka tentang pendirian mereka terkait isu-isu seperti gerakan Black Lives Matter.

Baca Juga: Nicki Minaj Putuskan Batal Tampil di Arab Saudi

“HRF berharap bahwa artis-artis ini akan membela hak asasi manusia, hak-hak wanita, dan hak-hak minoritas seksual [komunitas LGBTQ+] dengan membuka suara mereka saat mereka tampil di Arab Saudi besok,” bunyi surat itu.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, Nicki Minaj membatalkan spotnya di acara itu tak lama setelah mengetahui tentang kondisi wanita di negara itu. Minaj turun ke Twitter untuk menjelaskan keputusannya dan meminta maaf kepada siapa pun yang mungkin tersinggung.

Artikel asli ditulis oleh Brianne untuk The Shade Room dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Janet Jackson, 50 Cent, Chris Brown, Future dan Tyga dikritik karena memutuskan untuk tampil di Arab Saudi. (Foto via Twitter HRF)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Konser Mendatang BTS di Arab Saudi Picu Amarah Warganet!-1

Konser Mendatang BTS di Arab Saudi Picu Amarah Warganet!

Septet ini akan menjadi grup asing pertama yang menggelar konser stadion di negara itu. Boyband ikonik BTS dijadwalkan tampil di Arab Saudi pada 11 Oktober

on Jul 16, 2019
Nicki Minaj Putuskan Batal Tampil di Arab Saudi

Nicki Minaj Putuskan Batal Tampil di Arab Saudi

Sang rapper membatalkan penampilannya di Jeddah World Fest, menyatakan dukungannya terhadap wanita dan komunitas LGBT. Nicki Minaj mundur dari lineup festiv

on Jul 10, 2019
Undang Nicki Minaj Tampil, Pemerintah Arab Saudi Dianggap Munafik

Undang Nicki Minaj Tampil, Pemerintah Arab Saudi Dianggap Munafik

Pemerintah Arab Saudi mewajibkan warga perempuan yang ingin menonton rapper yang terkenal provokatif ini untuk mengenakan jubah panjang. Awal minggu ini, Ni

on Jul 7, 2019
YouTube Remaster Video Nirvana, Beastie Boys dan Lainnya Secara Digital

YouTube Remaster Video Nirvana, Beastie Boys dan Lainnya Secara Digita...

YouTube Music dan Universal Music Group berencana meningkatkan kualitas 1.000 video musik. YouTube Music dan Universal Music Group mengumumkan inisiatif unt

on Jun 21, 2019