×
×

Search in Mata Mata Musik

Musisi Tanyakan Kejelasan Hilangnya Rekaman Master Mereka di Insiden UMG

Posted on: 06/13/19 at 2:18 pm

Setelah pihak Universal Music angkat bicara soal laporan yang ditulis oleh New York Times soal insiden kebakaran yang terjadi di warehouse-nya 11 tahun lalu, beberapa musisi yang disebutkan kehilangan rekaman masternya di insiden tersebut pun angkat bicara.

Kemarin (11/6), sebuah investigasi yang dilakukan New York Times mengungkapkan kebakaran yang terjadi di Universal Studios Hollywood pada 2008 silam memusnahkan sejumlah besar rekaman master milik berbagai artis dalam beberapa dekade terakhir, termasuk Nirvana, Eminem, John Coltrane, dan banyak lainnya.

Hole berada di antara nama-nama artis yang rekaman masternya raib dalam insiden tersebut. Setelah dihubungi Pitchfork, perwakilan band mengonfirmasi Hole tidak pernah diberi tahu oleh Universal bahwa rekaman mereka musnah.

Hole akui tidak tahu menahu soal rekaman master mereka yang ikut terbakar di insiden UMG 11 tahun lalu.

Band lainnya yang juga kehilangan rekaman mereka dalam insiden kebakaran itu, R.E.M., turun ke Twitter untuk membahas berita ini. “REMHQ menerima banyak pertanyaan dari banyak orang yang cemas tentang artikel New York Times perihal kebakaran Universal Music 11 tahun yang lalu,” tulis mereka.

“Kami berusaha mendapatkan informasi untuk mencari tahu apa yang terjadi dan dampaknya terhadap musik band ini, jika ada. Kami akan menjelaskan lebih lanjut nanti.”

Questlove juga mengomentari kabar hilangnya rekaman The Roots dalam kebakaran tersebut. Dia membagikan tautan ke laporan Times, dan menambahkan, “Untuk kalian yang menanyakan mengapa Do You Want More & Illdelph Halflife tidak akan dirilis ulang.” Dia menambahkan, “Saya sangat ingin mencari semua reels lama dan mix 8 atau 9 lagu yang gagal masuk di DYWM. Rencana saya untuk DYWM & IH adalah merilis semua lagu dan mix instrumental/akapela di 45.”

Manajer Steely Dan, Irving Azoff, merilis pernyataan atas nama bandnya. “Kami sudah lama menyadari rekaman Steely Dan orisinal yang ‘hilang,’” tulisnya. “Kami tidak pernah diberi penjelasan yang masuk akal. Bagaimana pun, ini jelas menjadi harta yang hilang.”

Keterangan Foto Utama: Courtney Love tampil bersama Hole pada September 1994. (Foto: Michael Ochs Archives/Getty Images/Jim Steinfeldt)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kanye West

    Kanye West Bilang Universal Music Merilis Album "Donda" Tanpa Izinnya

    Kanye West (Foto: Getty Images). Masih terdengar keras kabar dari Kanye West mengenai rilisan album terbarunya, Donda, yang dirilis secara digital. Album in

    on Aug 30, 2021
    Universal Music

    Universal Music Ditawari Rp 572 T, Nilai Saham Tertinggi Dalam Sejarah

    Universal Music Group sudah sangat terkenal sebagai penguasa label musik terbesar di dunia. Special Purpose Acquisition Company (SPAC) atau perusahaan akui

    on Jun 4, 2021
    Big Hit X Universal Music

    Big Hit & Universal Music Resmi Bermitra Untuk Meluncurkan Boyband Glo...

    Pengumuman besar! Big Hit Entertainment dan Universal Music Group telah sepakat bersinergi dan berkolaborasi untuk meluncurkan boygroup atau boyband baru s

    on Feb 22, 2021
    SOS Fest

    Fitur Foo Fighters & Lainnya, SOS Fest Raup Rp 28 Miliar Untuk Bantu V...

    SOS Fest. Seiring dengan berlanjutnya Laporan Tahunan, kita akan melihat beberapa perubahan pada musik live di tahun 2020 di mana sebagian besar dunia berst

    on Dec 30, 2020