×
×

Search in Mata Mata Musik

Musisi Tanyakan Kejelasan Hilangnya Rekaman Master Mereka di Insiden UMG

Posted on: 06/13/19 at 2:18 pm

Setelah pihak Universal Music angkat bicara soal laporan yang ditulis oleh New York Times soal insiden kebakaran yang terjadi di warehouse-nya 11 tahun lalu, beberapa musisi yang disebutkan kehilangan rekaman masternya di insiden tersebut pun angkat bicara.

Kemarin (11/6), sebuah investigasi yang dilakukan New York Times mengungkapkan kebakaran yang terjadi di Universal Studios Hollywood pada 2008 silam memusnahkan sejumlah besar rekaman master milik berbagai artis dalam beberapa dekade terakhir, termasuk Nirvana, Eminem, John Coltrane, dan banyak lainnya.

Hole berada di antara nama-nama artis yang rekaman masternya raib dalam insiden tersebut. Setelah dihubungi Pitchfork, perwakilan band mengonfirmasi Hole tidak pernah diberi tahu oleh Universal bahwa rekaman mereka musnah.

Hole akui tidak tahu menahu soal rekaman master mereka yang ikut terbakar di insiden UMG 11 tahun lalu.

Band lainnya yang juga kehilangan rekaman mereka dalam insiden kebakaran itu, R.E.M., turun ke Twitter untuk membahas berita ini. “REMHQ menerima banyak pertanyaan dari banyak orang yang cemas tentang artikel New York Times perihal kebakaran Universal Music 11 tahun yang lalu,” tulis mereka.

“Kami berusaha mendapatkan informasi untuk mencari tahu apa yang terjadi dan dampaknya terhadap musik band ini, jika ada. Kami akan menjelaskan lebih lanjut nanti.”

Questlove juga mengomentari kabar hilangnya rekaman The Roots dalam kebakaran tersebut. Dia membagikan tautan ke laporan Times, dan menambahkan, “Untuk kalian yang menanyakan mengapa Do You Want More & Illdelph Halflife tidak akan dirilis ulang.” Dia menambahkan, “Saya sangat ingin mencari semua reels lama dan mix 8 atau 9 lagu yang gagal masuk di DYWM. Rencana saya untuk DYWM & IH adalah merilis semua lagu dan mix instrumental/akapela di 45.”

Manajer Steely Dan, Irving Azoff, merilis pernyataan atas nama bandnya. “Kami sudah lama menyadari rekaman Steely Dan orisinal yang ‘hilang,’” tulisnya. “Kami tidak pernah diberi penjelasan yang masuk akal. Bagaimana pun, ini jelas menjadi harta yang hilang.”

Keterangan Foto Utama: Courtney Love tampil bersama Hole pada September 1994. (Foto: Michael Ochs Archives/Getty Images/Jim Steinfeldt)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Michael Stipe REM

Michael Stipe Rilis Single Solo Pertamanya “Your Capricious Soul”

Seluruh hasil dari penjualan single ini akan disalurkan ke kelompok aktivis perubahan iklim Extinction Rebellion Akhir pekan kemarin, pentolan R.E.M. Michae

on Oct 7, 2019
Universal Music

Universal Music Buka Markas di Asia Tenggara, Fokus ke Musik Rap

Korea punya K-Pop. India punya musik Bollywood. Mungkinkah kawasan Asia Tenggara yang terkenal padat dan tumbuh cepat menjadi sarang baru bagi hip-hop? Baca

on Sep 18, 2019
Weezer

Weezer Beri Penghormatan untuk Mendiang Ric Ocasek

Nile Rodgers, Beck, Courtney Love, Brandon Flowers, dan berbagai tokoh lainnya ikut menyampaikan belasungkawa atas kepergian ikon power pop dan new wave terseb

on Sep 17, 2019
R.E.M.

Bantu Korban Badai Dorian, R.E.M. Hadirkan “Fascinating”

Rarity ini direkam di Bahama pada 2004 silam. Baca Juga: Mantan pentolan R.E.M. Isyaratkan Proyek Solo Baru Sedikitnya 2.500 orang meninggal dunia usai Bad

on Sep 17, 2019