×
×

Search in Mata Mata Musik

Big Hit & Netmarble Hadirkan Platform Streaming Musik Baru

Posted on: 07/12/19 at 7:58 pm

BTS direncanakan akan merilis lagu baru eksklusif untuk peresmian platform ini.

Big Hit Entertainment, dalang di balik kesuksesan BTS yang mendunia, dan pengembang mobile game No. 1 di Korea, Netmarble, telah bekerja sama untuk meluncurkan platform streaming musik baru, menurut sejumlah sumber pada hari Selasa (9/7).

Meskipun platform baru ini mungkin tidak sepenuhnya fokus hanya kepada BTS, sumber mengatakan, septet ini kemungkinan besar akan merilis beberapa lagu baru eksklusif untuk platform ini.

“Kedua perusahaan sudah mulai proses pengembangan sebagai proyek usaha. Platform ini menargetkan pengguna global di seluruh dunia,” kata seorang investor Big Hit kepada The Korea Herald dengan syarat anonimitas.

Sang investor menambahkan, platform baru ini mungkin juga menawarkan layanan podcast, tetapi detailnya masih dalam pembahasan. “Kedua perusahaan akan terus menganalisis daya jual platform baru sebelum peluncuran resminya. Merika tidak buru-buru.”

Seorang sumber lain yang familiar dengan urusan ini juga mengonfirmasi rencana tersebut. “Big Hit sudah lama berusaha memasuki bisnis distribusi musik sebagai bagian dari upayanya untuk mendiversifikasi sumber pendapatan, yang sekarang sebagian besar bergantung pada BTS,” menurut sumber, yang tidak ingin disebutkan namanya.

“Mengoperasikan platformnya sendiri dapat membantu mengurangi beberapa biaya komisi yang dibayarkan kepada mitra distributor, tetapi yang lebih penting itu akan membantu Big Hit mengukur kekuatan brand-nya sendiri dengan masyarakat umum, bukan hanya penggemar BTS.”

Meski begitu, juru bicara Big Hit membantah isu pengembangan platform tanpa penjelasan lebih lanjut. Berita seputar platform muncul setelah investor semakin menaruh perhatian pada kemitraan yang diperpanjang antara Big Hit dan Netmarble.

Pendiri dan kepala produser Big Hit, Bang Si-hyuk, dan CEO Netmarble, Bang Jun-hyuk, adalah kerabat yang telah saling mendukung sejak awal. Tahun lalu, Netmarble menjadi pemegang saham terbesar kedua Big Hit dengan kepemilikan sebesar 25,2 persen, di bawah Bang Si-hyuk, yang memiliki 43,1 persen saham.

Selama bertahun-tahun, BTS, yang memulai debutnya di 2013, telah memuncaki tangga lagu pop global dan sekarang menjadi salah satu band yang paling banyak diputar di dunia, sementara nilai pasar Big Hit telah mencapai 2 triliun won (Rp23,9 triliun).

Beredar spekulasi bahwa kedua perusahaan ingin mengembangkan sinergi, terutama dengan menggunakan kekayaan intelektual yang menguntungkan yang berkaitan dengan BTS. Kolaborasi terbaru mereka—BTS World, sebuah permainan simulasi bertema BTS—memasuki pasar pada 26 Juni dan menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di 51 negara pada hari yang sama.

Tahun lalu, Big Hit membukukan penjualan senilai 213,2 miliar won dan laba operasional sebesar 50,2 miliar won. Penjualan digital, termasuk pendapatan dari layanan streaming, menyumbang hampir 30 persen dari total pendapatan perusahaan, menurut perkiraan industri. Tahun ini, tahun besar lainnya bagi BTS, laba operasional perusahaan diperkirakan akan mencapai hampir dua kali lipat menjadi 90 miliar won.

Saat ini, Big Hit mendistribusikan lagu-lagu BTS melalui kemitraan terpisah dengan distributor. Di Korea Selatan, Big Hit telah menandatangani kesepakatan dengan iRiver dari SK Telecom untuk platform lokal seperti Melon (Kakao) dan Genie Music (KT), sementara secara global label ini bermitra dengan perusahaan-perusahaan seperti The Orchard milik Sony Music dan Soribada.

Sementara itu, pasar streaming musik Korea diperkirakan bernilai sekitar 1 triliun won. Melon memiliki saham terbesar, 40 persen, diikuti oleh Genie, Naver Music dan Flo (SK Telecom).

Artikel asli ditulis oleh Hong Dam Young untuk The Korea Herald dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Big Hit Entertainment & Netmarble hadirkan layanan streaming musik. (Foto: via The Korea Herald)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!-1

10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!

Dalam industri hiburan khususnya K-pop, tidak sedikit label/agensi yang ‘sangat terlibat’ dalam kehidupan artis mereka, bukan hanya dalam urusan pribadi te

on Sep 13, 2019
Aplikasi musik iPhone

9 Aplikasi Musik Gratis Terbaik untuk Pengguna iPhone!

Kalau kalian adalah penggemar berat musik maka aplikasi musik iPhone ini akan mengguncang kalian! Kebanyakan orang tidak lagi membeli lagu atau album indivi

on Sep 12, 2019
Plus Global Audition

Big Hit & Source Music Resmi Buka Plus Global Audition!

Audisi ini akan digelar di 16 kota dan terbuka bagi remaja perempuan yang lahir antara tahun 2001 dan 2007 (12 tahun sampai 18 tahun) pada saat pendaftaran.

on Sep 11, 2019
Royalti K-Pop di Luar Korea Alami Pertumbuhan Signifikan!

Royalti K-Pop di Luar Korea Alami Pertumbuhan Signifikan!

The Korea Music Copyright Association atau KOMCA mengungkapkan kalau royalti K-Pop di luar Korea mengalami peningkatan berkali-kali lipat dibandingkan tahun la

on Sep 4, 2019