×
×

Search in Mata Mata Musik

Box Set 433 Lagu dari Woodstock Akan Dirilis!

Posted on: 05/14/19 at 2:47 pm

Menampilkan audio yang belum pernah didengar sebelumnya dan berdurasi hampir 20 jam.

Baca Juga: 50 Tahun Woodstock Digelar Tahun Ini!

Sebuah box set besar dan komprehensif berisi 433 lagu yang dibawakan di festival asli Woodstock baru saja diumumkan.

Festival asli Woodstock diadakan di Catskill Mountains, negara bagian New York pada 15-18 Agustus 1969, dan terkenal sebagai puncak ‘The Summer Of Love’ saat lebih dari 400.000 orang berbondong-bondong hadir untuk melihat artis-artis seperti Jimi Hendrix, The Who, Santana, Crosby, Stills, Nash & Young, Janis Joplin, Grateful Dead, Joan Baez dan banyak lainnya.

Sekarang, untuk memperingati hari jadi ke-50 festival, Woodstock 50 – Back To The Garden: The Definitive Anniversary akan dirilis pada bulan Agustus dan menggabungkan 433 lagu di 38 CD, termasuk 276 lagu yang sebelumnya belum pernah dirilis.

Sebuah pernyataan menggambarkan perilisan ini sebagai “rekonstruksi Woodstock yang hampir komplet yang berdurasi selama 36 jam, dengan setiap penampilan artis di festival ini secara berurutan. Disajikan dalam kotak kayu lapis yang dicetak kasa dengan sisipan kanvas yang terinspirasi dari tata panggung Woodstock, set ini juga mencakup salinan film Woodstock dalam format Blu-ray, replika program aslinya, tali gitar, dua poster Woodstock, cetakan ulang buku harian yang ditulis oleh seorang penonton anonim selama festival, dua cetakan ukuran 8×10 dari fotografer rock legendaris Henry Diltz, dan esai karya Andy Zax, juru tulis musik terkenal Jesse Jarnow, dan kritikus rock ternama Ellen Sander.

Baca Juga: Kisruh Perayaan 50 Tahun Woodstock!

“Arsip ini juga berisi salinan Woodstock: 3 Days of Peace & Music (Reel Art Press), sebuah buku bersampul keras baru yang komprehensif tentang Woodstock yang ditulis oleh Michael Lang, salah satu pendiri festival.”

Versi lengkapnya dijual terbatas sebanyak 1.969 salinan dan dibanderol seharga £629,99 (sekitar Rp11.800.000). Edisi 10 CD, 5 LP dan 3 CD juga tersedia. Lihat trailer-nya di bawah dan kunjungi situs resmi Rhino untuk informasi lebih lanjut.

Kompilasi ini menghadirkan penampilan penuh dari artis-artis berikut ini:

Richie Havens
Sweetwater
Bert Sommer
Tim Hardin
Ravi Shankar
Melanie
Arlo Guthrie
Joan Baez
Quill
Country Joe McDonald
Santana
John B. Sebastian
The Keef Hartley Band
The Incredible String Band
Canned Heat
Mountain
Grateful Dead
Creedence Clearwater Revival
Janis Joplin
Sly & The Family Stone
The Who
Jefferson Airplane
Joe Cocker
Country Joe & The Fish
Ten Years After
The Band
Johnny Winter
Blood, Sweat & Tears
Crosby, Stills & Nash
Crosby, Stills, Nash & Young
The Butterfield Blues Band
Sha Na Na
Jimi Hendrix

Woodstock, 1969. (Foto via NME)
Woodstock, 1969. (Foto via NME)

Sementara itu, festival perayaan Woodstock yang akan datang baru-baru ini terus dirundung masalah. Woodstock 50 menjadi berita utama bulan lalu setelah investor utamanya, Dentsu Aegis Network, menarik dukungan finansialnya dan mengumumkan “pembatalan” Woodstock 50. 

Baca Juga: Jumat Ini, Woodstock 50 Harus Sudah Kumpulkan $30 Juta

Tak lama kemudian, penyelenggara mengeluarkan pernyataan yang menyangkal pembatalan tersebut. Michael Lang, promotor Woodstock 50 dan salah satu penyelenggara utama acara di tahun 1969, juga mengatakan pada The New York Times bahwa Dentsu “tidak memiliki hak untuk membatalkan festival secara sepihak.”

Sekarang, Lang dilaporkan telah mengirim surat sepanjang lima halaman ke Dentsu yang menuduh mereka telah “menyapu secara ilegal dana sekitar $17 juta dari rekening bank festival.”

Ada pula keraguan tentang kepastian penyelenggaraan festival dalam beberapa minggu terakhir, terutama saat penjualan tiket ditunda dan The Black Keys memutuskan mundur dari pos mereka.

Lineup untuk festival tahun ini mencakup artis-artis besar seperti Jay-Z, The Killers, Miley Cyrus dan Halsey. Festival ini dijadwalkan berlangsung pada 16-18 Agustus di Watkins Glen, New York.

“Saya tahu The Raconteurs akan tampil sebelum kami, kemudian ada juga Jay-Z dan Dead And Co. Mereka sudah mencakup semua dasarnya,” kata vokalis The Killers Brandon Flowers kepada NME.

Saat ditanya apakah dia merasa jika ‘kedamaian dan cinta’ bisa menang di acara seperti itu di 2019, Flowers membalas: “Saya rasa itu selalu menjadi pesan yang bagus, dan masuk akal. Apakah itu yang coba disampaikan orang-orang di perayaan 50 tahun ini? Saya tidak tahu. Saat mereka meminta kami untuk tampil, itu bukan seperti, ‘Oh, apakah kami akan tetap menghidupkan tradisi?’

“Saya tidak perlu menandatangani surat pengecualian untuk menyampaikan pesan itu. Mereka menawarkan kami sejumlah uang dan kami setuju. Saya tidak tahu apa yang kamu inginkan. Ini bukan tahun 1969, tetapi kami akan berusaha sebaik mungkin.”

Keterangan Foto Utama: Santana saat tampil di Woodstock 1969. (Foto: The LIFE Picture Collection/Getty Images/Bill Eppridge)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

JBIF 2019

JBIF 2019 Gelar Acara Pemanasan di Hard Rock Cafe Jakarta

Jakarta Blues International Festival 2019 akan digelar satu bulan lagi. Setelah mengumumkan kompetisi One-Minute Blues Challenge (OMBC) online pada bulan Septe

on Nov 6, 2019
JBIF 2019

Meriahkan JBIF 2019 dengan One Minute Blues Challenge!

Jakarta Blues International Festival 2019 membuka kesempatan bagi pecinta musik di Indonesia untuk ‘nge-blues’ secara online lewat One Minute Blues Challen

on Nov 4, 2019
JBIF 2019

Jakarta Blues International Festival 2019 Guncang Ibu Kota Bulan Depan...

Festival musik berskala internasional ini akan menyapa para pecinta blues di Jakarta tepatnya di Tennis Indoor Senayan pada 7-8 Desember 2019 mendatang. Bul

on Nov 4, 2019
Metallica

Metallica Akan Guncang 5 Festival Musik Rock AS Tahun Depan

Band Metallica akan tampil selama dua malam di festival Epicenter, Welcome to Rockville, Sonic Temple, Louder Than Life dan Aftershock Baca juga: Metallica

on Oct 11, 2019