×
×

Search in Mata Mata Musik

Doris Day Meninggal Dunia di Usia 97 Tahun

Posted on: 05/14/19 at 2:34 pm

Penyanyi dan aktris ikonik tersebut menghembuskan napas terakhirnya setelah mengalami “pneumonia serius”

Baca Juga: Film Dokumenter Led Zeppelin Resmi Diumumkan

Penyanyi dan aktris legendaris Doris Day meninggal di usia 97 tahun, menurut laporan Associated Press. Dalam sebuah pernyataan, Doris Day Animal Foundation mengonfirmasi Day tutup usia kemarin (13/5) pagi waktu setempat.

“Day memiliki kesehatan fisik yang sangat baik untuk usianya, sampai baru-baru ini mengidap pneumonia serius yang menyebabkan kematiannya.” Pernyataan melanjutkan, “Dia meninggal dikelilingi beberapa teman dekatnya.”

Doris Day terlahir sebagai Doris Mary Ann Kappelhoff di Cincinnati, Ohio pada tahun 1922. Dia merilis single hit pertamanya di 1945, “Sentimental Journey.” Kesuksesannya sebagai vokalis menuntunnya menyelami karier di perfilman seperti I’ll See You in My Dreams (1951) dan Young at Heart (1953).

Di 1956, dia membintangi The Man Who Knew Too Much karya Alfred Hitchcock, yang menampilkan lagu “Que Sera, Sera (Whatever Will Be, Will Be)” yang memenangi piala Academy Award. Keberhasilan komersial Day sebagai aktris terjadi lewat Pillow Talk, film komedi romantis yang turut dibintangi oleh Rock Hudson, yang menjadi teman dekat dan salah satu partner filmnya.

Mulai tahun ’60-an, Day mengalihkan minatnya ke dunia televisi, membintangi sitkom “The Doris Day Show” (1968-1973) dan menjadi pembawa acara talkshow “Doris Day’s Best Friends” (1985-1986). Memoarnya, Doris Day: Her Own Story, terbit di 1976, dan sengaja dibuat kontras dengan citra ceria dan polos yang berkaitan dengan karya filmnya.

Baca Juga: Autobiografi Elton John Akan Terbit Oktober 2019

“Sayangnya, saya punya reputasi sebagai Miss Goody Two-Shoes, America’s Virgin, dan semua itu,” tulisnya, “jadi saya khawatir itu beberapa orang akan terkejut mendengar saya mengatakan ini, tetapi saya kukuh percaya orang tidak harus menikah sampai mereka sudah merasakan hidup bersama.”

Selama tahun 80an, Day sebagian besar pensiun dari industri hiburan untuk fokus pada aktivisme hak binatang. Dia merilis album terakhirnya, My Heart, di 2011. “Saya menikmati pekerjaan saya dan selalu berusaha melakukan yang terbaik yang saya bisa di setiap peran,” ungkapnya dalam wawancara dengan The Hollywood Reporter tahun ini. “Saya senang mengetahui orang-orang masih menonton film saya dan merasa tersemangati oleh film-film itu.”

Keterangan Foto Utama: Doris Day, aktris dan penyanyi legendaris yang mulai populer di tahun ’60-an. (Foto: Getty Images/Hulton Archive)

Mata Mata Musik's Newsletter