×
×

Search in Mata Mata Musik

Hapus Dua Fitur Favorit, Spotify ‘Dimarahi’ Pengguna

Pembaruan pada aplikasi premium Spotify di iOS dan Android yang dimaksudkan untuk “merapikan” penelusuran musik dan podcast berujung keluhan para penggunanya.

Pembaruan pada aplikasi premium Spotify di iOS dan Android yang dimaksudkan untuk “merapikan” penelusuran musik dan podcast juga menghapus dua fitur favorit yang membuat pengguna layanan ini marah.

Pada 13 Juni 2019, Spotify mengumumkan pembaruan pada bagian “Your Library,” dan menggambarkannya seperti ini, “Segala sesuatu tentang Library yang ditata kembali dirancang untuk menampilkan konten yang kamu inginkan dengan lebih cepat.”

Pada dasarnya, Spotify menghapus scroll bar abjad dan menghilangkan tab Recently Played, menggantinya dengan “Playlists,” “Artists,” dan “Albums.” Kalau kamu ingin mendengarkan lagu yang baru-baru ini kamu dengarkan tetapi tidak ingat judulnya, sekarang sangat sulit melakukan itu di Spotify.

“Recently Played” sudah dihapus.

Selama seminggu terakhir, subreddit Spotify dibanjiri dengan keluhan tentang pembaruan perangkat lunak ini. “HADIRKAN KEMBALI SPOTIFY LAMA,” “Pembaruan ini payah!,” dan “Apa kamu sudah gila?” adalah segelintir postingan teratas yang paling banyak di-vote di forum oleh beberapa dari 122.000 anggotanya.

Kemarahan itu berkisar dari rasa simpati hingga rencana mengirim umpan balik melalui saluran resmi perusahaan .

Perusahaan berjanji pembaruan ini akan menghadirkan “pengalaman yang dipersonalisasi dan mulus,” tetapi kerumunan pecinta musik di Reddit berkata lain.

Spotify tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar terkait pembaruan ini.

Beberapa postingan teratas di r/Spotify pada 20 Juni kemarin.

Selamat tinggal, “Recently Played”

Hilangnya “Recently Played” sejauh ini menjadi perubahan yang paling banyak dikeluhkan. Menu ini secara otomatis menyusun daftar lagu-lagu yang baru-baru ini didengarkan oleh pengguna tanpa mereka harus mengetuk tombol “Save.” Jika pengguna tidak menyimpan lagu yang baru diputar sebelum diperbarui, mereka sekarang harus mencari secara manual untuk mendapatkannya kembali.

Beberapa komentar menyebutkan bahwa menu yang sekarang sudah dihapus ini adalah alasan mengapa mereka menggunakan Spotify, dan satu redditor bahkan mengatakan dia beralih dari Apple Music hanya karena Recently Played. Tetapi pengguna u/Skippin101 mungkin menjelaskan dengan cara terbaik:

“Tab Recently Played adalah penurunan besar. Sekarang tab ini ada di beranda, menampilkan jauh lebih sedikit artis/playlist, tidak bisa dikustomisasi (yang berarti kamu tidak bisa menghapus artis atau playlist dari sana atau mengatur ulang), tidak bisa digunakan dalam mode offline, dan, yang terburuk, saat kamu mengklik artis yang baru saja diputar ini akan membawamu ke halaman artis mereka alih-alih menunjukkan lagu mana yang sudah kamu simpan dari artis itu.”

Pembaruan baru ini tampaknya dimaksudkan untuk mendorong pengguna untuk mulai menggunakan fitur Playlist aplikasi, alat yang tidak disukai banyak pengguna.

Beberapa reaksi pengguna di Twitter terkait pembaruan Spotify setelah pembaruan.

Tidak Ada Lagi Scrolling Abjad

Kedua, Spotify menghapus fitur scrolling secara abjad dari setiap daftar di aplikasi. Sebelum pembaruan, pengguna dapat menekan jari mereka pada scroll bar di menu Songs, Artists, atau Albums untuk dengan cepat beralih dari huruf ke huruf. Itu sangat berguna untuk perpustakaan dengan ribuan lagu atau ratusan album, tapi itu hilang sekarang.

Sekarang, pengguna harus secara manual scroll ke bagian bawah daftar Artist mereka jika ingin memutar lagu milik ZZ Top. Itu secara efektif membuat tab Songs tidak berguna atau, paling tidak, sangat menyebalkan untuk digunakan jika pengguna memiliki perpustakaan musik yang luas.

Perubahan itu jelas merusak aplikasi bagi banyak redditor atau membuatnya secara eksponensial lebih rumit untuk menemukan satu hal membesarkan nama Spotify: musik.

Maaf, Spotify, tapi internet sudah berbicara. Pembaruan ini payah.

Keterangan Foto Utama: Spotify turunkan fitur Recently Played dan tidak ada lagi scrolling musik atau musisi sesuai abjad. (Foto: Google Images)

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Spotify Luncurkan Hub Musik Disney Pertama

Spotify Luncurkan Hub Musik Disney Pertama

Hanya melalui fitur pencarian, pengguna Spotify kini bisa mendengarkan semua lagu Disney favorit mereka – dari dunia Marvel yang luas hingga The Lion King.

on Jul 21, 2019
Streaming Makin Menggeser Kultur DJ

Streaming Makin Menggeser Kultur DJ

Dulu menjadi seorang DJ berarti mengumpulkan banyak ‘barang’ seumur hidup. Terutama piringan 12”, tetapi juga 10” dan 7”, white label dan LP bersampu

on Jul 20, 2019
Spotify Lite Diluncurkan di 36 Negara, Termasuk Indonesia

Spotify Lite Diluncurkan Untuk Pengguna Android di 36 Negara, Termasuk...

Spotify Lite merupakan sebuah alternatif untuk menghemat data, penyimpanan, dan baterai dari layanan streaming musik Spotify. Dengan hanya 10 MB, pengguna lebi

on Jul 13, 2019
Soundcloud Ajak Artis Spotify Gabung Layanan Distribusinya-1

SoundCloud Ajak Artis Spotify Gabung Layanan Distribusinya

Repost Network SoundCloud menyediakan layanan distribusi, perlindungan konten, dan pemasaran untuk membantu artis mengembangkan karier mereka. SoundCloud ha

on Jul 8, 2019