×
×

Search in Mata Mata Musik

Jay-Z, Rapper Miliarder Pertama Dunia!

Dalam edisi terbaru, Forbes mencatat kekayaan sang rapper dan pengusaha bisnis ini sebesar $1 miliar, termasuk real estate dan usaha lainnya.

Majalah itu mengklaim, kekayaan artis berusia 49 tahun ini “secara konservatif” berjumlah $1 miliar setelah mengestimasi nilai berbagai usaha serta real estate dan koleksi seninya. Jay-Z, yang bernama asli Shawn Carter, adalah salah satu dari segelintir miliarder dari dunia hiburan dan artis hip-hop pertama yang meraih kekayaan sebesar itu.

“Ini lebih besar dari hip-hop,” kata kolaborator lamanya, Kasseem “Swizz Beatz” Dean. “Ini adalah kerangka untuk budaya kita. Seorang pria yang tampak seperti kita, terdengar seperti kita, menyanyangi kita, berhasil mencapai sesuatu yang kita selalu rasa ada di atas kita.”

Beberapa kepemilikannya yang paling berhaga mencakup saham atas perusahaan champagne Armand de Brignac senilai $310 juta, saham senilai $100 juta di perusahaan cognac D’Ussé, layanan streaming Tidal miliknya senilai $100 juta, $50 juta dalam bisnis real estate dan investasi sebesar $70 juta di Uber. Diperkirakan juga, katalog musiknya bernilai sekitar $75 juta berkat negosiasi yang cermat atas hak penerbitannya.

“Sering kali rapper berakhir bangkrut atau tidak jadi apa-apa,” katanya dalam sebuah wawancara di 2005 saat kekayaannya ditaksir sebesar $350 juta. “Sudah waktunya bagi seseorang untuk membawa kariernya ke level berikutnya, menjadi seorang eksekutif dan membuka pintu untuk budaya ini.”

Jay-Z besar di lingkungan rumah subsidi di Bed-Stuy, Brooklyn, dan menjual narkoba saat remaja sebelum mulai menjadi rapper. Tanpa label rekaman, dia mulai menjual CD dari mobilnya sebelum merilis album pertamanya, Reasonable Doubt, di 1996 yang telah terjual lebih dari 1,5 juta salinan sejak saat itu. Di 2008, dia menikahi Beyoncé, yang kekayaan bersihnya diperkirakan sebesar $355 juta. Di album terakhirnya, 4:44 (2017), dia ngerap: “Ain’t no such thing as an ugly billionaire, I’m cute.”

Belum lama ini, Jay-Z terlibat dalam upaya filantropis, dengan memberikan bantuan hukum untuk kasus-kasus yang melibatkan pria kulit hitam yang tidak mendapat keadilan dari sistem peradilan pidana.

“Kalau dia miliarder sekarang, bayangkan akan seperti apa dia nantinya,” kata Swizz Beatz. “Karena dia baru saja mulai.”

Keterangan Foto Utama: Shawn “Jay-Z” Carter, Januari 2019. (Foto: Getty Images/Shareif Ziyadat)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Beyoncé Luncurkan Video Musik untuk “Spirit”

Beyoncé Luncurkan Video Musik untuk “Spirit”

Lagu ini diambil dari album baru yang dia produseri untuk The Lion King. Beyoncé meluncurkan video musik untuk “Spirit,” single utama dari Th

on Jul 18, 2019
BTS Tembus Daftar Celebrity 100 Versi Forbes Tahun Ini!

BTS Tembus Daftar Celebrity 100 Versi Forbes Tahun Ini!

Map of the Soul: Persona, album studio terbaru Bangtan Boys, memuncak di No. 1 Billboard 200 AS dan menjadi album terlaris dalam sejarah Korea Selatan. Tayl

on Jul 16, 2019
3 Bintang EDM Masuk Daftar Entertainer dengan Bayaran Tertinggi Versi Forbes

3 Bintang EDM Masuk Daftar Entertainer dengan Bayaran Tertinggi Versi ...

The Chainsmokers, Marshmello dan Calvin Harris menjadi perwakilan EDM yang masuk dalam daftar edisi 2019 tersebut. Setiap tahun, Forbes menerbitkan daftar 1

on Jul 12, 2019
Jay-Z

Jay-Z Resmi Terjun Ke Bisnis GANJA!

Rapper terkaya ini (akhirnya) terjun ke bisnis ganja legal Lewat kemitraan multi-tahunan sebagai Chief Brand Strategist Caliva. Baca Juga: Dame Dash Buka Sua

on Jul 11, 2019