×
×

Search in Mata Mata Musik

Jay-Z, Rapper Miliarder Pertama Dunia!

Posted on: 06/10/19 at 10:00 am

Dalam edisi terbaru, Forbes mencatat kekayaan sang rapper dan pengusaha bisnis ini sebesar $1 miliar, termasuk real estate dan usaha lainnya.

Majalah itu mengklaim, kekayaan artis berusia 49 tahun ini “secara konservatif” berjumlah $1 miliar setelah mengestimasi nilai berbagai usaha serta real estate dan koleksi seninya. Jay-Z, yang bernama asli Shawn Carter, adalah salah satu dari segelintir miliarder dari dunia hiburan dan artis hip-hop pertama yang meraih kekayaan sebesar itu.

“Ini lebih besar dari hip-hop,” kata kolaborator lamanya, Kasseem “Swizz Beatz” Dean. “Ini adalah kerangka untuk budaya kita. Seorang pria yang tampak seperti kita, terdengar seperti kita, menyanyangi kita, berhasil mencapai sesuatu yang kita selalu rasa ada di atas kita.”

Beberapa kepemilikannya yang paling berhaga mencakup saham atas perusahaan champagne Armand de Brignac senilai $310 juta, saham senilai $100 juta di perusahaan cognac D’Ussé, layanan streaming Tidal miliknya senilai $100 juta, $50 juta dalam bisnis real estate dan investasi sebesar $70 juta di Uber. Diperkirakan juga, katalog musiknya bernilai sekitar $75 juta berkat negosiasi yang cermat atas hak penerbitannya.

“Sering kali rapper berakhir bangkrut atau tidak jadi apa-apa,” katanya dalam sebuah wawancara di 2005 saat kekayaannya ditaksir sebesar $350 juta. “Sudah waktunya bagi seseorang untuk membawa kariernya ke level berikutnya, menjadi seorang eksekutif dan membuka pintu untuk budaya ini.”

Jay-Z besar di lingkungan rumah subsidi di Bed-Stuy, Brooklyn, dan menjual narkoba saat remaja sebelum mulai menjadi rapper. Tanpa label rekaman, dia mulai menjual CD dari mobilnya sebelum merilis album pertamanya, Reasonable Doubt, di 1996 yang telah terjual lebih dari 1,5 juta salinan sejak saat itu. Di 2008, dia menikahi Beyoncé, yang kekayaan bersihnya diperkirakan sebesar $355 juta. Di album terakhirnya, 4:44 (2017), dia ngerap: “Ain’t no such thing as an ugly billionaire, I’m cute.”

Belum lama ini, Jay-Z terlibat dalam upaya filantropis, dengan memberikan bantuan hukum untuk kasus-kasus yang melibatkan pria kulit hitam yang tidak mendapat keadilan dari sistem peradilan pidana.

“Kalau dia miliarder sekarang, bayangkan akan seperti apa dia nantinya,” kata Swizz Beatz. “Karena dia baru saja mulai.”

Keterangan Foto Utama: Shawn “Jay-Z” Carter, Januari 2019. (Foto: Getty Images/Shareif Ziyadat)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

10 Teori Konspirasi Musik yang Gila Banget!

10 Teori Konspirasi Musik yang Gila Banget!

Dari merekrut jasa ‘body double’ hingga Stephen King yang dituduh melakukan pembunuhan, berikut 10 teori konspirasi musik yang bakal bikin kamu enggak habi

on Oct 4, 2019
Barack Obama

Barack Obama Dorong Penjualan Setiap Musisi di Playlist Spotify-nya!

Siapa sangka daftar putar musim panas mantan Presiden Amerika Serikat ini memberikan dampak signifikan dan kembali meningkatkan penjualan setiap musisi yang di

on Sep 5, 2019
Intip Playlist Musim Panas 2019 Versi Barack & Michelle Obama!

Intip Playlist Musim Panas 2019 Versi Barack & Michelle Obama!

Playlist ini turut menampilkan Beyoncé, Drake, Rihanna, Lauryn Hill, Sharon Van Etten, Mac Miller, the Black Keys, SZA, Ella Mai, dan lainnya Barack dan Mi

on Aug 26, 2019
Jay-Z & Roc Nation Teken Kontrak dengan NFL

Jay-Z & Roc Nation Teken Kontrak dengan NFL

Dalam kerja sama ini, Jay-Z dan labelnya akan memberi nasihat tentang inisiatif keadilan sosial di liga tersebut dan penampilan Super Bowl Halftime di masa men

on Aug 16, 2019