<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

Jónsi Hadirkan Proyek Duonya, Dark Morph

Posted on: 05/2/19 at 3:58 pm

Vokalis Sigur Rós ini mendirikan grup baru bersama komposer dan artis visual asal Swedia, Carl Michael von Hausswolff.

Baca Juga: Of Monsters and Men Kembali dengan “Alligator”

Dengan nama Dark Morph, mereka berdua sedang menyiapkan perilisan album debut eponim mereka pada 10 Mei mendatang via Krunk/The Vinyl Factory.

LP berisi delapan lagu ini dibuat sebagai bagian dari program beasiswa dan residency di TBA21-Academy, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang laut melalui lensa seni dan untuk menciptakan solusi kreatif untuk isu-isu laut yang paling mendesak.

Album ini menggabungkan rekaman di lapangan dari hewan-hewan seperti paus bungkuk, kelelawar, bangau morph hitam, dan satwa lain yang dikumpulkan di Vanua Vatu Reef, Fiji. Rekaman itu kemudian digabungkan di Gee Jam Studios, Jamaika.

Dalam sebuah pernyataan, von Hausswolff membahas detail proses pengumpulan semua bunyi unik di album ini,

“Saat kami di atas kapal saya mulai mengambil rekaman, memanipulasinya dan memutasinya menjadi drone atau jenis fungsi musik lainnya—agar kami bisa menggunakan bunyi-bunyi itu sebagai instrumen untuk membangun komposisi. Kami memutuskan, “Mari kita coba mengubahnya agar tidak terlalu terdengar seperti suara aslinya, mari mengubahnya menjadi sesuatu yang lain.” Ketika saya sudah menghasilkan beberapa drone, beberapa nada panjang dari seekor burung atau sejenisnya, saya menyerahkannya ke Jónsi dan dia mulai mengupas beberapa jenis suara merdu, dan kemudian memutarkannya untuk saya. Dan kemudian kami mulai saling lempar satu sama lain.”

Sebagai cuplikan pertama dari album Dark Morph, Jónsi dan von Hausswolff meluncurkan trek berjudul “BEKA YALO.” Dengarkan lagunya di bawah, dan lihat daftar lagu lengkapnya.

Baca Juga: Tinder Hadirkan Festival Mode, Fitur Baru Cari Pacar di Acara Musik!

Daftar Lagu Dark Morph
01. SO(NG)QE
02. URA DARDANELLA
03. BEKA TOVUTO
04. TOVUTO
05. KAVURA
06. WAI
07. BANI MANUMANU
08. BEKA YALO

Jónsi dan von Hausswolff akan tampil di acara perilisan album gratis di museum Ocean Space, Venice pada 10 Mei. Musik dari duo ini juga akan ditampilkan sebagai instalasi audio di musim tersebut mulai 7 Mei hingga 30 Juni. Informasi lebih lanjut terkait kedua acara, kunjungi halaman eventbrite.com.

Bulan Juni nanti, Jónsi dan partner/kolaboratornya, Alex Somers, akan meluncurkan tur perayaan ulang tahun ke-10 album kolaborasi mereka di 2009, Riceboy Sleeps. Menyusul jadwal di Britania Raya dan Eropa pada musim panas ini, keduanya kemudian akan menyambangi Amerika Serikat di bulan Oktober 2019.

Musim gugur lalu, Jónsi—menggunakan nama panggung Frakkur—merilis tiga album solo yang berisi rekaman yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Keterangan Foto Utama: Dark Morph, grup baru yang terdiri dari Jónsi (Sigur Rós) dan Carl Michael von Hausswolff. (Foto via COS)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

SuperM

SuperM Bisa Sukses di Chart Billboard Karena Hasil ‘Curang’?

SuperM menjadi grup K-pop pertama yang debut di No. 1 Billboard 200 dengan album perdana mereka, tapi pencapaian ini menimbulkan perdebatan sengit di kalangan

on Oct 23, 2019
Liam Payne

Liam Payne Bocorkan Detail Album Solo Debutnya, LP1

Album pertama dari Liam Payne ini akan menampilkan semua single yang dirilis sejak 2017. Baca juga: Noel Gallagher Akan Dianugerahi Piala BMI President’s

on Oct 22, 2019
Tomorrow X Together TXT

TXT ‘Menyihir’ Lewat Album Debut The Dream Chapter: MAGIC

Beberapa bulan sejak debut dengan EP The Dream Chapter: Star, Tomorrow X Together (TXT) hadirkan album perdana mereka dengan lagu utama yang terinspirasi dari

on Oct 22, 2019

Vira Talisa dan Pengaruh Bermusiknya di MMM Artist Talk

Setelah melepas debut album penuh bertajuk Primavera awal tahun ini, Vira Talisa punya modal berlebih untuk meramaikan kancah musik Indonesia Baca juga: Vir

on Oct 7, 2019