×
×

Search in Mata Mata Musik

Konser Mendatang BTS di Arab Saudi Picu Amarah Warganet!

Posted on: 07/16/19 at 11:09 am

Septet ini akan menjadi grup asing pertama yang menggelar konser stadion di negara itu.

Boyband ikonik BTS dijadwalkan tampil di Arab Saudi pada 11 Oktober mendatang, dan berita tentang konser tersebut memicu kehebohan di Twitter karena Saudi dianggap sebagai negara pelanggar hak asasi manusia khususnya kaum wanita dan komunitas LGBTQ+.

Di Arab Saudi, homoseksualitas merupakan sesuatu yang dilarang hukum dan pelakunya dapat diganjar hukuman mati. Pada bulan April tahun ini, lima pria dieksekusi setelah mengakui mereka telah melakukan hubungan seks sesama jenis.

Jadi wajar saja jika banyak pihak, khususnya ARMY, yang mengecam keputusan BTS ini mengingat tahun lalu mereka baru saja memberikan pidato tentang ‘menerima diri sendiri’ di podium PBB dan baru-baru ini dipandang sebagai pengaruh positif bagi generasi muda. Menggelar konser di Saudi berarti BTS akan bertentangan dengan apa yang mereka serukan selama ini.

BTS dilaporkan akan menjadi grup asing pertama yang menggelar konser stadion di negara itu, sebagai bagian dari tur dunia Love Yourself: Speak Yourself mereka.

Di Twitter, seorang pengguna menulis, “Sangat kecewa BTS mengabaikan pelanggaran hak asasi manusia di sana dan cara mereka memperlakukan wanita dan wartawan.”

Pengguna lainnya menyatakan, “Ini adalah langkah bisnis yang buruk. Ini benar-benar sebuah penghinaan bagi wanita Saudi, penggemar [dari komunitas] LGBTQ dan juga penggemar yang Muslim terutama mengingat apa yang terjadi di Yaman… tidakkah ini bertentangan dengan pesan mereka? Tentang mencintai diri sendiri?”

Konser Mendatang BTS di Arab Saudi Picu Amarah Warganet!-2
Halsey dan BTS tampil di panggung Billboard Music Awards 2019 di MGM Grand Garden Arena pada 1 Mei 2019 di Las Vegas. (Foto: Getty Images for dcp/Kevin Mazur)

“Mereka [Saudi] sekarang melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan BTS memberi mereka pengesahan semata-mata hanya karena uang,” kata pengguna lain. 

Namun, ada beberapa penggemar yang membela BTS, dan mengatakan bahwa konser di Arab Saudi akan membantu sikap negara itu untuk menjadi maju.

Salah satunya mengatakan, “Arab Saudi untungnya perlahan BERKEMBANG dengan generasi baru dan menjadi kurang ketat, apakah kalian tidak bisa membiarkan orang lain bahagia.”

Penggemar lainnya menulis, “Banyak hal yang sedang berubah di [negara] Kerajaan itu. Keberhasilan pertunjukan ini dapat membuka pintu untuk peluang dan kemungkinan yang tak terbatas.”

Pekan lalu, rapper Nicki Minaj yang awalnya menjadi bagian dari lineup Jeddah World Fest—yang akan digelar pada 18 Juli besok—memutuskan untuk membatalkan pertunjukannya, dengan dalih mendukung hak-hak wanita dan komunitas LGBTQ serta kebebasan berekspresi.

Artikel asli ditulis oleh Lily Wakefield untuk Pink News dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: BTS berpose di belakang panggung dalam acara Grammy Awards di Staples Center, Los Angeles, pada 10 Februari 2019. (Getty Images for The Recording Academy/Shearer)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Mnet Asian Music Awards 2019

Pergelaran Mnet Asian Music Awards 2019 Hasilkan 102 Juta Tweets

Edisi ke-21 acara tahunan Mnet Asian Music Awards 2019 berlangsung pada 4 Desember lalu di Nagoya, Jepang, merayakan hal-hal terbaik dalam musik K-pop dan arti

on Dec 14, 2019
Cyndi Lauper Marilyn Manson

Cyndi Lauper Duet dengan Marilyn Manson, Henry Rollins di Konser Amal

Cyndi Lauper berduet dengan berbagai artis antara lain Marilyn Manson, Henry Rollins, Kesha dan Perry Farrell dalam konser amal tahunannya Home for the Holiday

on Dec 13, 2019
Red Velvet comeback

Red Velvet Akhiri Trilogi Album The ReVe Festival Bulan Ini!

Red Velvet akan merilis bagian terakhir dari trilogi 'The ReVe Festival' mereka bulan ini! Girl group ini akan meluncurkan 'The ReVe Festival: Finale' pada

on Dec 12, 2019
MOMOLAND

MOMOLAND Bakal Tutup Tahun dengan Single 'Thumbs Up'

MOMOLAND dikabarkan sedang bersiap untuk comeback akhir tahun ini. Selasa kemarin, agensi MOMOLAND MLD Entertainment mengeluarkan pernyataan tentang comebac

on Dec 12, 2019