×
×

Search in Mata Mata Musik

Lahannya Akan Digunakan Untuk Apartemen, Amoeba Music di LA Pindah Lokasi!

Posted on: 06/30/19 at 3:00 pm

Dewan kota Los Angeles berikan izin untuk pembangunan menara serba guna di lahan Amoeba Music yang membuat toko musik legendaris itu harus memindahkan lokasinya. Tapi ke mana toko ini akan dipindah?

Dewan Kota memutuskan untuk menyetujui perubahan zonasi yang akan mengosongkan jalan untuk pembangunan kompleks setinggi 26 lantai di lokasi toko Amoeba Music di sudut jalan Sunset dan Cahuenga Boulevard di Hollywood. Langkah ini memastikan nasib gedung yang ikonik ini dan memicu spekulasi lebih lanjut seputar masa depan toko kaset terbesar di kota ini.

Amoeba akan dipindahkan. Namun, belum diketahui ke mana toko ini akan berlabuh.

Toko Amoeba yang berlokasi di Hollywood ini, yang dibuka pada tahun 2001, berada dalam kondisi ‘mandek’ sejak kabar tentang kemungkinan pembangunan mencuat beberapa tahun yang lalu. Toko ini menjual gedung yang ditempatinya ke perusahaan pengembang GPI Cos. di 2015 seharga $34 juta.

“Amoeba berniat untuk tetap di LA,” kata Jim Henderson dari Amoeba kepada The Times di 2017, mengutip pernyataan toko di Facebook sebagai pembaruan paling lengkap terkait masa depannya di 6400 Sunset Blvd. “Tenang saja, kami TIDAK akan tutup, tetapi kami sekarang dalam posisi di mana kami mungkin harus berpindah lokasi dalam beberapa tahun mendatang.”

Pada Selasa pagi waktu setempat, Henderson tampak tidak khawatir dengan keputusan Dewan Kota. Langkah Amoeba adalah kesimpulan yang sudah pasti, katanya. Toko ini memiliki kontrak sewa yang mengizinkannya untuk beroperasi di lokasi saat ini “untuk sekitar satu tahun lagi,” jelasnya, dengan peluang perpanjangan singkat.

“Tapi saya juga perlu mengatakan, apabila kami menemukan tempat baru yang cocok, maka jelas kami tidak akan melakukan perpanjangan itu dan GPI bisa melanjutkan bisnis mereka dan kami bisa melanjutkan bisnis kami,” imbuh Henderson.

Keputusan dewan merupakan rintangan terakhir yang dihadapi pembangunan tersebut, yang akan menggantikan gedung dua lantai milik Amoeba dengan menara serba guna yang direncanakan menampung 200 unit tempat tinggal. Lantai dasarnya akan menyediakan ruang komersial seluas 7.000 kaki persegi (650,3 meter persegi), tetapi tidak ada indikasi bahwa Amoeba akan tetap berlokasi di alamat itu.

Jadi ke mana toko ini akan berlabuh? Tahun lalu, salah satu pemilik Amoeba Music, Marc Weinstein, mengatakan pada Variety toko ini akan pindah “beberapa blok” dari lokasi saat ini, dan detailnya akan diumumkan “dalam beberapa minggu.” Ini adalah pernyataan tahun lalu, dan toko ini tetap bungkam sejak itu. Henderson menolak berkomentar tentang pencarian lokasi baru.

Amoeba mengatakan, tujuannya untuk lokasi baru, di mana pun tempatnya, adalah untuk menyertakan apotek ganja juga. Tahun lalu, toko Amoeba di Berkeley membuka Hi Fidelity, toko penjualan ganja pertamanya.

Usaha baru ini bertujuan untuk mendiversifikasi aliran laba dalam lanskap retail musik yang telah mengalami penurunan stabil sejak munculnya materi digital yang bisa diunduh pada akhir tahun ’90-an.

Meskipun kebangkitan era vinyl dan perayaan tahunan Record Store Day sedikit membantu retailer independen dan keuntungan musik fisik, penghasilan dari format ini dalam satu dekade terakhir tidak mampu memulihkan penjualan CD yang terus menurun.

Tahun lalu, penjualan CD baru turun 18,5 persen dari tahun sebelumnya, menurut laporan pasar tahun 2018 dari analis industri BuzzAngle. Laporan itu mencatat penjualan CD baru di angka 60 juta unit fisik; sebagai perbandingan, pada tahun 1999, jumlah itu tercatat sebanyak 939 juta unit, menurut Asosiasi Industri Rekaman Amerika.

Ditambah dengan adanya dominasi Amazon dalam retail online dan pergeseran keseluruhan ke arah layanan streaming video dan musik—yang juga memotong penjualan DVD bekas di Amoeba—tantangan yang dihadapi Amoeba menjadi sangat jelas.

Meski demikian, toko Amoeba di Sunset Boulevard lebih dari sekadar tempat untuk membeli kaset. Sejak dibuka di Los Angeles—Amoeba juga mengoperasikan dua toko di wilayah San Francisco—toko ini telah menjadi tempat berkumpul lintas budaya. Konser—terutama dari Paul McCartney—dan acara penandatanganan yang digelar dalam toko menarik pelanggan dari seluruh dunia, dan turntable-nya pernah dijalankan oleh campuran DJ fantastis dari toko ini.

Sama pentingnya dengan dana cepat atau mungkin ‘uang ganja’, konter pembelian dan perdagangan Amoeba yang ramai telah memberi potongan harga bagi penggemar musik kere yang membutuhkan. Semua tindakan ini menarik berbagai jenis pelanggan musik yang beragam.

“Hollywood semakin mirip dengan Charlotte, NC—tanpa kepribadian,” kata Jill Stewart, direktur eksekutif Coalition to Preserve LA, yang mengadvokasi masalah perencanaan dan pembangunan. Koalisi ini menentang proposal GPI.

Mengutip kota-kota lain yang mengalami apa yang dilihatnya sebagai kehilangan kepribadian selama bertahun-tahun, Stewart menambahkan, “Ada banyak kemarahan tentang bagaimana Manhattan menjadi tidak menarik, dan pembangunan ini sesuai dengan semua kesamaan yang terjadi. Menurut saya ini adalah sebuah tragedi.”

Di mana pun toko baru ini dibuka, toko ini akan memerlukan ruang yang luas untuk satu panggung, kepemilikan luas dari rekaman musik dan koleksi merchandise yang ekstensif.

Namun sepertinya, bagian yang akan hilang yaitu kubah neon Space Age yang ada di sudut bangunan, iklan tenda zaman dulu untuk pertunjukan mendatang di toko dan mural serta poster yang menghiasi bagian depan bangunan putih ini.

Keterangan Foto Utama: Toko Amoeba Music di Sunset Boulevard. Menurut putusan Dewan Kota pada Selasa kemarin, toko ini akan dibangun ulang oleh pengembang GPI. (Foto: Los Angeles Times/Ricardo DeAratanha)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pearl Jam

Sesi Pearl Jam di MTV Unplugged Akan Perdana Rilis dalam Versi Vinyl

Set berisi tujuh lagu ini akan dirilis untuk acara Black Friday Record Store Day. Penampilan Pearl Jam di MTV Unplugged pada tahun 1992 akan segera bisa d

on Nov 7, 2019
BTS Umumkan Ekshibisi Spesial di Los Angeles

BTS Umumkan Ekshibisi Spesial di Los Angeles!

BTS mengumumkan rencana mereka menggelar BTS Exhibition In The US 24/7 = Serendipity (오,늘) di Los Angeles pada 1-15 Agustus mendatang. Superstar K-pop B

on Jul 27, 2019
Julien Baker Rilis Versi Digital “Red Door” dan “Conversation Piece”

Julien Baker Rilis Versi Digital “Red Door” dan “Conversation Pi...

Kedua lagu ini sebelumnya dirilis dalam format vinyl 7” untuk Record Store Day. Dua tahun setelah melepas album keduanya, Turn on the Light, yang juga mer

on Jul 19, 2019
Keterangan Foto Utama: Zigi Zaga (kredit foto: rilis press)

Zigi Zaga Akan Hadirkan Pesta Rilis Album Psycho Mob

Bekerja sama dengan Kolase.com, pesta rilis Psycho Mob akan digelar 10 Agustus mendatang Band Rock asal Jakarta Zigi Zaga akan mengadakan pesta peluncur

on Jul 8, 2019