×
×

Search in Mata Mata Musik

Mantan Bassist Arctic Monkeys Lanjut Bermusik sebagai Goldteeth

Mantan bassist Arctic Monkeys, Andy Nicholson, kembali dengan proyek solo debutnya sebagai Goldteeth. “Doin Better”.

Baca Juga: Arctic Monkeys ‘Tersandung’ di Album Tranquility Base Hotel & Casino

Sebagai personil awal Arctic Monkeys, Nicholson hengkang dari band indie asal Sheffield tersebut di 2006 setelah perilisan album debut mereka, Whatever People Say I Am, That’s What I’m Not.

Sejak saat itu, dia menjalani hidup yang produktif sebagai seorang musisi, DJ, produser rekaman, dan fotografer—membentuk band Mongrel, serta sempat bergabung dengan Reverend & The Makers, Lords of Flatbush dan kolektif hip-hop Clubs & Spades, juga menjadi produser untuk Toddla T, Swindle, Tom Prior dan Terri Walker.

Mantan Bassist Arctic Monkeys Lanjut Bermusik sebagai Goldteeth
Andy Nicholson, mantan bassist Arctic Monkey rilis debut solonya sebagai Goldteeth.

Sekarang, dia kembali dengan sesuatu yang lebih dipoles dan penuh perasaan—yang diambil dari EP eponimnya yang ‘membengkokkan genre‘ bersama penyanyi-penulis lagu Hannah Yadi.

“Proyek ini dimulai menjelang akhir tahun lalu,” kata Nicholson kepada NME. “Anak saya lahir di bulan Desember, dan sebelum itu saya sedang di studio memikirkan saya mungkin tidak akan punya waktu sebanyak yang saya miliki sebelumnya jadi saya mulai menulis.

“Lagu pertama yang saya buat sebenarnya ‘Doin’ Better,’ hanya sebagai instrumental saja. Saat itu saya merasa, ‘Ini rasanya bisa menjadi sesuatu yang lebih. Ini bisa menjadi awal dari proyek yang saya lakukan sendiri.’ Saya menyukainya. Saya memutuskan saya akan melakukan semua penulisan, rekaman, produksi, mixing, sampul, dan sebanyak mungkin memegang kendali.”

Baca Juga: Arctic Monkeys Rilis Dokumenter Baru ‘Warp Speed Chic’

Dia melanjutkan, “Pastinya saya tidak bernyanyi di sini, ada perempuan bernama Hannah Yadi. Dia adalah penulis lagu yang sangat hebat yang saya temui melalui teman saya Toddla T. Kami bertemu dan semuanya berjalan dengan sangat baik jadi dia akhirnya mengisi vocal di semua lagu di EP dan kami menulis lagu bersama di instrumental yang sudah saya buat.”

“Itulah yang membedakannya—ini semua milik saya, saya membuat setiap keputusan dan saya bisa mengambil kredit untuk semuanya; entah bagus atau jeleknya. Ini semua ciptaan saya jadi kalau semua orang membencinya maka itu semua salah saya, dan kalau semua orang menyukainya maka itu juga salah saya. Semoga mereka akan menyukainya.”

Keterangan Foto Utama: Andy Nicholson, mantan bassist Arctic Monkey yang kini berkarier sebagai Goldteeth. (Foto: Press)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Ceremony Kembali dengan Lagu Barunya, “In the Spirit World Now”

Ceremony Kembali dengan Lagu Barunya, “In the Spirit World Now”

Album keenam mereka akan mendarat bulan depan Bulan depan album keenam dari Ceremony, In the Spirit World Now akan resmi dirilis. Ini akan menjadi album pe

on Jul 19, 2019
Julien Baker Rilis Versi Digital “Red Door” dan “Conversation Piece”

Julien Baker Rilis Versi Digital “Red Door” dan “Conversation Pi...

Kedua lagu ini sebelumnya dirilis dalam format vinyl 7” untuk Record Store Day. Dua tahun setelah melepas album keduanya, Turn on the Light, yang juga mer

on Jul 19, 2019
Twin Peaks Kembali Dengan Lookout Low September Ini-1

Twin Peaks Kembali Dengan Lookout Low September Ini

Band indie rock asal Chicago ini juga memperpanjang tur musim gugur mereka di Amerika Utara. Twin Peaks mengumumkan album studio keempat mereka dan yang per

on Jul 19, 2019
Wilco

Jelang Album Baru, Wilco Rilis “Love Is Everywhere (Beware)”

"Love Is Everywhere (Beware)" diambil dari album ke-11 Wilco yang akan rilis di kuartal akhir tahun ini. Baca Juga: Green Day Rilis Buku Pertamanya Akhir Ok

on Jul 18, 2019