×
×

Search in Mata Mata Musik

Mantan pentolan R.E.M. Isyaratkan Proyek Solo Baru

Posted on: 06/29/19 at 2:52 pm

Michael Stipe sedang bersiap untuk meluncurkan proyek solonya yang bermateri kurang lebih 18 lagu.

Setelah isyaratkan materi baru dalam penampilan pembukanya untuk konser Patti Smith bulan lalu, mantan vokalis R.E.M. Michael Stipe mengumumkan dia memiliki 18 lagu yang sudah disiapkan untuk proyek solonya.

R.E.M. resmi bubar di tahun 2011, tetapi sejak itu masing-masing personil band tetap disibukkan dengan proyek musik mereka masing-masing. Peter Buck konsisten menggelar tur dan rekaman dengan bandnya, Filthy Friends, yang digawangi oleh Corin Tucker (penyanyi/gitaris Sleater-Kinney); Mike Mills telah tampil bersama sejumlah band termasuk supergroup penghormatan untuk Big Star; dan Stipe telah melakoni sejumlah pertunjukan amal sekaligus menulis dan memproduksi album Sir dengan duo electroclash Fischerspooner tahun lalu.

Dia merilis lagu solo pertamanya “Future, If Future” tahun lalu, dan bulan Mei kemarin dia membawakan dua lagu baru yaitu “Your Capricious Soul” dan “Drive To The Ocean” di pembukaan kembali Webster Hall di New York.

Belum lama ini, Stipe diwawancara oleh surat kabar Italia La Repubblica, dan menyatakan, “18 lagu sudah siap. Selama lima tahun ini, saya sudah beristirahat penuh dari musik. Sekarang, saya menulis, menyusun, dan merekam semuanya sendiri dan untuk pertama kalinya.”

Stipe sudah menjalani tur, tampil dan berkolaborasi dengan Patti Smith sejak pertengahan tahun ‘90-an, sehingga banyak yang berspekulasi bahwa Smith akan terlibat dalam album solo baru ini.

Penyanyi-penulis lagu dan fotografer ini juga berbicara dengan The Guardian tentang buku fotografi terbarunya berjudul Michael Stipe: Volume 1, yang menampilkan 35 foto keluarga dan teman-temannya yang terkenal, termasuk River Phoenix, Kurt Cobain dan penulis terkenal William Burroughs, yang dipotretnya.

Soal ketertarikannya pada fotografi, Stipe mengatakan kepada The Guardian, “Itu dulu dianggap sebagai hobi, yang rasanya sedikit merendahkan. Bagi saya fotografi lebih berarti dari itu.”

Sementara itu, R.E.M. baru saja merilis ulang album hit terbesar mereka, In Time: The Best of R.E.M. 1988-2003, dalam piringan hitam untuk pertama kalinya dalam 15 tahun.

Keterangan Foto Utama: Michael Stipe ‘siap’ dengan 18 lagu baru. (Foto: Andrew D. Hurley (Creative Commons))

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

ice-t

Ice-T Bahas Keputusannya Mundur dari Panggung Rap

Menurut Ice-T, generasi lama hip-hop tidak akan pernah masuk rotasi lagi. Ketika diskusi tentang daftar rapper terbaik beredar di media sosial, banyak yang

on Oct 17, 2019
Coldplay

Coldplay Sebar Poster Misterius Sambut Album Baru

Rumor seputar album “eksperimental” Coldplay yang akan rilis akhir tahun ini sekarang diperkuat dengan poster misterius yang tersebar di São Paulo, Brasil

on Oct 17, 2019
Guns N’ Roses

Guns N’ Roses Cetak Sejarah di YouTube dengan “Sweet Child O’ Mi...

Video musik lagu ikonik Guns N’ Roses dari tahun 1987 itu menjadi satu-satunya video musik dari era ’80-an yang mencapai 1 miliar views.  Baca juga: Gu

on Oct 17, 2019
Queen

Queen Larang Donald Trump Gunakan Lagu Mereka dalam Kampanye

Band rock legendaris Queen mendesak Trump untuk tidak lagi menggunakan musik mereka, setelah “We Will Rock You” muncul di video kampanye baru presiden AS

on Oct 16, 2019