<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

Mendekam di Penjara, Bos Fyre Festival Bikin Memoar

Posted on: 05/6/19 at 10:47 am

Billy McFarland dikabarkan sedang menulis memoar dengan judul yang sangat buruk, Promythus: The God of Fyre.

Baca Juga: The Weeknd, SZA & Travis Scott Rilis VM “Power is Power”

Bulan lalu, mencuat kabar bahwa Billy McFarland dan bintang Jersey Shore, Mike “The Situation” Sorrentino, menjalin persahabatan di penjara. Meski begitu, masa di balik jeruji ini tidak selalu menyenangkan bagi pendiri Fyre Festival tersebut, yang saat ini menjalani hukuman enam tahun penjara di Otisville Federal Correctional Institution, New York.

Sekarang, berbagai laporan mengindikasikan McFarland sedang menulis buku, karena apalah arti mendekam di penjara kalau kamu tidak duduk manis dan menulis memoar sambil didanai negara pula?

Menurut laporan di New York Magazine, pacar McFarland yang juga seorang model asal Rusia, Anastasia Eremenko, menghubungi penulis dan editor Josh Raab di awal Februari kemarin.

Eremenko berharap Raab bisa membantu mengedit buku McFarland, yang sementara diberi judul Promythus: The God of Fyre. Ternyata, penipu ulung ini sudah lama menulis beberapa halaman untuk memoarnya yang akan datang, kemudian mengirimkan tulisannya untuk diketik Eremenko, dengan panjang sekitar 800 halaman yang ditulis tangan.

Sebagaimana dilansir dari New York Magazine,

“Buku ini, kata McFarland, menceritakan perjalanan kariernya dari investasi pertama di 2011 di start-up yang kini sudah hancur hingga saat dia dikunjungi FBI beberapa hari setelah kegagalan festival. [Brandon] Rubinshtein mengirimkan Raab daftar yang berisi poin-poin dan nama-nama untuk cerita yang dipilih, seperti ‘momen-momen hebat dan buruk’ yang ingin ditonjolkan McFarland. Aktor, model, musisi, orang-orang yang hanya terkenal karena orang tua mereka, kameo dari anggota pemerintahan Trump, dan nama-nama lainnya. Sebagian besar rencana McFarland berpusat pada menceritakan apa yang dia sebut sebagai kisah ‘murni’, kisah yang dia rasa sepenuhnya gagal digambarkan lewat dokumenter di Hulu dan Netflix—yang keduanya dirilis pada bulan Januari 2019.”

Baca Juga: Tool Selipkan 2 Lagu Baru di Setlist Konser Terbarunya

Selama percakapan telepon yang sering dilakukan Raab dan McFarland, McFarland sering menyamakan kisahnya dengan kisah penipu lainnya yang dia kagumi, seperti Jordan Belfort dari The Wolf of Wall Street dan Molly Bloom, yang menginspirasi film Aaron Sorkin Molly’s Game di 2017. McFarland juga mengatakan, dia berencana menerbitkan karyanya secara independen untuk membantu menutupi utang ganti rugi sebesar $26 juta.

McFarland juga menghubungkan Raab dengan penerbit Brandon Rubinshtein, yang dia gaet untuk proyek ini. Dalam diskusi mereka, Rubinshtein diduga membuat klaim konyol (yang kini telah disangkal), seperti Ryan Seacrest membesuk McFarland di penjara untuk mengubah citra (rebranding) Fyre Fest. Andy King—meme terbaik dari bencana ini karena kesediaannya untuk “suck d*ck (menghisap penis)” demi mendapatkan air—tampaknya juga diminta untuk melakukan publikasi memoar ini.

Memoir ini dijadwalkan rilis pada akhir bulan April kemarin, meskipun masih belum muncul kembali di layanan self-publishing Amazon. Terlepas dari kemogokan ini, McFarland menjelaskan bahwa dirinya perlu cepat merilis karyanya karena “festival itu tidak akan berakhir begitu saja—itu akan terjadi lagi, sehingga kisah aslinya akan kehilangan potensi untuk diceritakan dan dibukakan jalan kalau tidak selesai dilakukan sebelum acara berikutnya berlangsung.”

Raab akhirnya menolak proyek ini, dan bisa membocorkan segalanya berkat perjanjian non-pengungkapan yang gagal yang lupa dikirimkan tim McFarland kepadanya.

Sementara itu, co-founder Fyre Festival Ja Rule sedang mempertimbangkan kemungkinan menggelar Fyre Festival, jilid dua. Untungnya, sang rapper banyak diejek tanpa ampun oleh orang-orang yang tahu betul cara menggelar festival yang sebenarnya.

Keterangan Foto Utama: Billy McFarland, dalang penipuan Fyre Festival. (Foto: Mary Altaffer/AP)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Debbie Harry Kupas Detail Memilukan Di Face It, Memoar Barunya

Debbie Harry Kupas Detail Memilukan Di Face It, Memoar Barunya

“Pada akhirnya, gitar yang dicuri lebih menyakitkan daripada pemerkosaan itu sendiri,” tulis pelantun lagu “Heart of Glass” ini. Penyanyi grup Blond

on Aug 9, 2019
Ben Folds Siapkan Memoar Baru, A Dream About Lightning Bugs

Ben Folds Siapkan Memoar Baru, A Dream About Lightning Bugs

Folds juga mengadakan acara buku di sela-sela turnya bersama Violent Femmes & CAKE. Ben Folds membawa grand pianonya berkeliling Negeri Paman Sam dengan

on Jul 17, 2019
Pulau Di Video Promosi Fyre Festival Dijual

Pulau Di Video Promosi Fyre Festival Dijual

Pulau ini ditawarkan seharga $11,8 juta... Pulau pribadi di Kepulauan Bahama yang digunakan dalam video promosi Fyre Festival siap dijual. Diposting oleh ag

on Jul 14, 2019
Patti Smith Umumkan Buku Baru, Year of the Monkey!

Patti Smith Umumkan Buku Baru, Year of the Monkey!

Sudah hadirkan sekitar 20 buku atas namanya, tahun ini, Patti Smith kembali akan terbitkan memoar terbarunya menyusul Just Kids dan M Train. Year of the Mon

on Jun 7, 2019