<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

Paul McCartney Nyebur ke Dunia Teater Musikal

Posted on: 07/21/19 at 3:09 pm

McCartney saat ini sedang menulis musik baru untuk proyek debutnya dan berkolaborasi dengan Lee Hall untuk liriknya.

Paul McCartney mengumumkan dirinya sedang mengerjakan adaptasi panggung musikal dari film klasik garapan Frank Capra, It’s A Wonderful Life. Dia menulis musik baru untuk proyek ini dan berkolaborasi dalam penulisan lirik dengan Lee Hall—penulis naskah drama, TV dan film yang saat ini juga sedang menulis buku musikal ini. Bill Kenwright, penyelenggara/pendana film dan teater Inggris yang juga teman lama McCartney asal Liverpool, dipercaya menjadi produser proyek ini.

Kenwright pertama kali mendatangi McCartney tentang ide proyek ini sekitar tiga tahun lalu, saat sang produser memperoleh hak atas properti itu. It’s A Wonderful Life, dengan kisah yang berlatar pada waktu Natal dan berdasar pada karya tulisan Philip Van Doren Stern The Greatest Gift, terus menggetarkan audiens baru dan lama baik di televisi maupun dalam pemutaran teater rutinnya.

Bill dan Paul tidak hanya berasal dari kota yang sama tetapi keduanya juga menimba ilmu di Liverpool Institute High School, yang sekarang berkembang pesat sebagai akademi seni pertunjukan, LIPA, yang didirikan oleh Paul.

“Seperti kebanyakan dari hal-hal ini, proyek ini bermula dengan sebuah email,” jelas McCartney, yang mewarisi kecintaannya pada Broadway dan lagu-lagu pertunjukan dari ayahnya, Jim. “Bill bertanya apakah itu sesuatu yang mungkin mau saya kerjakan. Menulis sebuah musikal bukan sesuatu yang benar-benar menarik bagi saya, tetapi saya dan Bill bertemu dengan Lee Hall dan mengobrol dan saya kemudian berpikir ini bisa jadi menarik dan menyenangkan. It’s A Wonderful Life adalah kisah universal yang kita semua bisa pahami.”

Kenwright menambahkan, “Bekerja sama dengan Paul di It’s a Wonderful Life adalah mimpi yang terwujud. Jujur saya saya tertarik saat pertama kali mendengarnya mengatakan ‘one/two/three/four’ di demo lagu pembuka [lagu awal The Beatles ‘I Saw Her Standing There’]!

“Tetapi sejak itu, ini adalah perjalanan yang luar biasa—di setiap lagu saya merasakan bakat melodi dan komposisi Paul yang unik. Ini adalah teater musikal—namun ini selalu McCartney. Saya, Paul dan Lee menggunakan kata ‘menghargai’ ketika kami merujuk pada materi sumber kami dan itulah yang ingin kami lakukan. Menghargai ciptaan Frank Capra.”

It’s A Wonderful Life adalah film favorit saya,” ungkap Lee Hall. “Film ini punya segalanya: komedi, kesedihan dan kemanusiaan yang langka yang telah menyentuh generasi demi generasi. Dan itu sangat relevan. Mewujudkannya ke atas panggung adalah kesempatan emas tersendiri, tetapi mengerjakannya bersama Paul McCartney sungguh luar biasa. Kecerdasan, kejujuran emosional dan kepandaian melodi Paul membawa kedalaman dan keluasan yang baru ke kisah klasik ini. Saya merasa seperti ada malaikat yang menjaga saya.”

Ketika Kenwright masih menjadi produser muda, dia mendatangi Capra sendiri untuk meminta hak untuk mengubah film ini menjadi musikal. Capra menjawab dengan surat yang ditulis tangan, tetapi menolak permintaan Kenwright. Beberapa dekade kemudian, dia tiba-tiba ditawari hak tersebut, dan mendatangi McCartney dengan ide itu. Setelah banyak diskusi awal, dua tahun kemudian giliran Paul yang mendatanginya.

“Waktu itu Jumat malam dan saya sedang di kantor,” kenang Kenwright. “Saya rasa kamu bisa bilang itu bukan minggu terbaik saya. Tidak ada kemajuan nyata dalam proyek film dan teater yang beraneka ragam, dan Everton [klub sepak bola favoritnya, di mana dia juga menjabat sebagai presiden klub sejak 2004] kalah di pertandingan hari Sabtu sebelumnya.

“Tiba-tiba saya mendapat email dari Paul yang menanyakan pendapat saya tentang percobaan pertamanya untuk lagu pembuka. Dia tidak yakin – tetapi ingin tahu apa yang Lee dan saya pikirkan tentang itu? Saya mainkan demonya. Lee dan saya sepakat. Pahlawan kami adalah penulis teater musikal!”

Di sela-sela tur dan penggarapan album tahun lalu dengan album Egypt Station miliknya, Paul menyempatkan diri bekerja dengan Hall di lebih banyak lagu, di AS dan Inggris. Hall kembali dari New York dengan enam demo baru dari karya mereka bersama.

“Hasilnya melebihi ekspektasi kami berdua,” kata Kenwright. “Lagu-lagunya membawamu ke suatu tempat yang tidak kamu sangka. Kedengarannya sederhana—tetapi menipu. Itulah kejeniusan Paul. Saya tidak harus memberi tahu pecinta musik mana pun betapa luar biasanya dia—tetapi dia selalu mengejutkan saya. Sejak kami bekerja sama di [drama Hall tahun 2007] The Pitmen Painters, Lee telah menjadi penulis dan orang yang istimewa bagi saya. Dan merupakan sebuah kesempatan emas bisa melihat Paul dan Lee berkarya dengan penuh semangat bersama.”

McCartney menyelesaikan tur Freshen Up di AS di Dodger Stadium, Los Angeles pada Sabtu lalu (13 Juli) dan sedang dalam tahap akhir menyelesaikan musik untuk debut teater musikalnya. It’s A Wonderful Life diperkirakan akan tayang pada akhir 2020.

Artikel asli ditulis oleh Paul Sexton untuk uDiscover Music dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Paul McCartney mulai debut teater musikalnya dengan versi baru dari film klasik It’s A Wonderful Life. (Foto: MPL Productions)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Paul McCartney

Paul McCartney Punya Kesan Baru tentang Film Lama The Beatles

Pandangan Paul McCartney tentang film Let It Be tampaknya akan berubah, hampir 50 tahun sejak film itu pertama kali dibuat. “Karena peluncurannya sangat

on Nov 15, 2019
Foo Fighters

Foo Fighters Janjikan Album Baru yang ‘Sangat Aneh’

Kata Dave Grohl, album baru Foo Fighters bakal jadi album yang “sangat aneh.” Dalam wawancara dengan Eric Blair, pembawa acara Blairing Out With Eri

on Nov 15, 2019
Red Hot Chili Peppers

Red Hot Chili Peppers, Foo Fighters Akan Headline Boston Calling 2020

Dua band rock legendaris Foo Fighters dan Red Hot Chili Peppers dipastikan akan menjadi penampil utama di Boston Calling 2020. “Boston adalah kota yang

on Nov 15, 2019
Ringo Starr

Album Baru Ringo Starr Bakal Jadi yang Terakhir?

Ringo Starr menjadi terkenal sebagai bagian dari The Beatles, namun di luar itu, dia adalah musisi legendaris. Belum lama ini, Ringo merilis What’s My Name

on Nov 13, 2019