×
×

Search in Mata Mata Musik

Pelanggan iTunes Gugat Apple Karena Dugaan Penjualan Informasi

Posted on: 06/3/19 at 9:35 am

Gugatan perwakilan kelompok (class action) mengklaim bahwa Apple memperoleh dan menjual informasi pengguna iTunes ke perusahaan lain.

Baca Juga: GFRIEND Puncaki Tangga Lagu iTunes Dunia!

Apple baru saja menerima gugatan perwakilan kelompok (class action) dari pelanggan yang mengklaim bahwa informasi dari pembelian mereka di iTunes dijual ke pihak ketiga, sebagaimana dilaporkan Billboard.

Menurut laporan baru dari Billboard, Leigh Wheaton, Jill Paul, dan Trevor Paul selaku penggugat menuduh Apple telah mengumpulkan dan menjual data mereka ke pihak ketiga meskipun “menggembar-gemborkan posisinya yang seharusnya pro-konsumen terkait masalah privasi data.”

Penggugat dilaporkan mengklaim bahwa praktik ini dilakukan dengan melanggar undang-undang privasi negara bagian masing-masing (Rhode Island dan Michigan). Mereka diduga meminta ganti rugi sebesar lebih dari $5 juta, menurut dokumen pengadilan yang dilihat oleh Billboard. Gugatan tersebut diajukan pada hari Jumat (24/5) lalu di Distrik Federal Utara California.

Baca Juga: EP We Are Superhuman Milik NCT 127 Puncaki Chart iTunes Dunia

Billboard melaporkan, pengaduan tersebut mengklaim Apple “memperoleh pendapatan lebih dengan menjual, menyewakan, dan mentransmisikan informasi pihak ketiga tentang musik yang dibeli oleh setiap pelanggan dari iTunes Store.” Gugatan tersebut dilaporkan mengklaim bahwa Apple mengungkapkan nama lengkap dan alamat rumah pelanggannya bersama dengan informasi lain yang berkaitan dengan musik yang mereka beli di iTunes Store.

Keterangan Foto Utama: Logo Apple (Ilustrasi Foto: Rafael Henrique/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

iTunes

Pensiunkan iTunes, Apple Peringatkan DJ Jangan Update Dulu!

Peluncuran update terbaru Mac menandai akhir resmi dari toko iTunes Music tercinta kita. Tapi, pembaruan ini malah bisa jadi petaka buat para DJ. Baca juga:

on Oct 11, 2019
Pete Doherty

Sering Ngebut, Pete Doherty Dilarang Nyetir Selama 6 Bulan

Personil The Libertines ini juga dikenai denda sebesar Rp160 juta! Pete Doherty dijatuhi larangan mengemudi selama enam bulan setelah berkali-kali tertang

on Oct 8, 2019
Lil Nas X, Cardi B

“Rodeo” Milik Lil Nas X & Cardi B Dituduh Melanggar Hak Cipta

Dua pria mengeklaim lagu Lil Nas X tersebut mengambil elemen dari lagu yang mereka buat di 2017 Lil Nas X, Cardi B, dan kolaborator mereka di lagu “Rodeo

on Oct 6, 2019
Nick Carter

Nick Carter Ajukan Restraining Order Untuk Adiknya, Aaron Carter

Personil Backstreet Boys tersebut mengklaim sang adik, yang merupakan mantan bintang remaja, mengatakan berniat membunuh istrinya yang sedang hamil. Baca Jug

on Sep 19, 2019