×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS Bawa ‘Pengaruh Positif’ bagi Generasi Muda Korea

Posted on: 07/15/19 at 12:17 pm

Survei terhadap 1.000 warga Korea menunjukkan 78,3% lansia setuju BTS adalah grup yang membawa pengaruh baik bagi kaum muda Negeri Ginseng ini.

Sudah menjadi rahasia umum kalau BTS sukses menarik hati banyak orang di seluruh dunia dengan bakat dan gaya yang konsisten mereka tampilkan. Di negara mereka sendiri, mereka tidak hanya dipuja-puja oleh kaum muda, tetapi juga oleh warga yang lebih dewasa bahkan lanjut usia.

Pada 13 Juli kemarin, sebuah organisasi survei pasar Trend Monitor milik Embrain mengungkapkan hasil dari survei terbaru yang dilakukan bulan lalu seputar BTS. Ada 1.000 orang yang disurvei, dari usia remaja hingga usia 60-an, yang menghasilkan diagram lingkaran yang menunjukkan sikap masyarakat umum terhadap BTS.

Untuk pernyataan “BTS membawa pengaruh positif bagi generasi muda,” 78,3 persen partisipan berusia 60-an paling banyak setuju, diikuti oleh 77,4 persen partisipan berusia 50-an, 70,0 persen dari usia 40-an, 64,5 persen dari usia 30-an, 50,5 persen dari usia 20-an, dan 38,2 persen dari usia remaja.

Selain itu, untuk pandangan memiliki “kesan baik terhadap BTS” secara umum, orang dewasa berusia 50-an menjadi kelompok usia yang paling banyak setuju dengan persentase 66,7 persen, disusul dengan mereka yang berusia 60-an dengan 62,3 persen; 54,7 persen dari kelompok usia 30-an, 52,9 persen dari usia 40-an, 47,8 persen dari usia 20-an, dan 44,1 persen dari usia remaja.

Di antara alasan yang disebutkan tentang mengapa BTS memberikan kesan yang baik, jawaban yang paling banyak dipilih (57,5 persen) adalah “upaya mereka untuk terus melakukan usaha terbaik terlepas dari popularitas yang tinggi.”

Alasan lain yang dipilih adalah “kemampuan menari dan tampil” (47,3 persen), “kemampuan bermusik” (37,2 persen), “tidak berlebihan dalam hal perilaku, bahkan setelah mencapai popularitas” (33,9 persen), dan “perilaku rasional” (31,0 persen).

Terkait mendengarkan musik BTS, alasan yang disebutkan adalah “kualitas yang bikin kecanduan” (47,7 persen), “memberikan rasa nyaman bagi kaum muda” (25,0 persen), “mencerminkan sikap generasi” (25,0 persen), dan “menyampaikan sebuah pesan” (23,0 persen). 

Yang terakhir, 7 dari 10 partisipan mengatakan mereka secara pribadi “kenal seorang ‘ARMY’”, dan dari semua partisipan, 32,1 persen setuju dengan pernyataan: “Penggemar BTS adalah penggemar yang rasional.” 

Apa kalian setuju dengan hasil ini?

Artikel asli ditulis oleh staf Allkpop dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Bangtan Boys (BTS) tidak hanya berhasil menarik hati kaum muda KorSel, tetapi juga kaum dewasa bahkan lansia. (Foto via Allkpop)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS vs One Direction.

BTS atau One Direction? Musik Boyband Mana Yang Paling Bikin Nagih?

Tahun 2010 milik BTS dan One Direction, berkat lagu adiktif dan fanbase setia mereka. Musik adalah sesuatu yang dapat menyatukan jutaan bahkan miliaran oran

on Jun 2, 2020
BTS

Pengkhianatan Para Anggota BTS Yang Paling Kocak Dari ‘Run BTS!’

BTS. (Foto: Steven Ferdman/Getty Images for ESB). Siapa pun yang menyukai BTS tahu bahwa para anggotanya suka mengkhianati satu sama lain saat bermain games

on Jun 2, 2020
Suga (BTS).

Big Hit Rilis Pernyataan Tentang Sample Pidato Aliran Sesat Di Lagu Su...

Suga (BTS). (Foto: Soompi). Pada 31 Mei, label musik yang menaungi boyband K-pop BTS dan Tomorrow X Together, Big Hit Entertainment mengeluarkan pernyataan

on Jun 1, 2020
BTS

BTS Telah Merilis Jadwal Festa 2020! Akankah Ada Single Baru?

BTS, sesi foto 2019. (Foto: Big Hit Entertainment). Ok buat para ARMY, bersiaplah untuk berpesta dengan boyband K-pop kesayangan kalian BTS pada bulan Juni

on May 30, 2020