×
×

Search in Mata Mata Musik

Radiohead Tanggapi Hacker Sesi Pembuatan OK Computer

Posted on: 06/12/19 at 10:30 am

Menyusul kebocoran materi OK Computer berdurasi 18 jam yang belum pernah didengar sebelumnya ini, akhirnya dilepas secara resmi oleh Radiohead dalam rangka membantu Extinction Rebellion.

Radiohead menanggapi isu peretasan setelah materi sepanjang 18 jam yang belum pernah didengar sebelumnya dari pembuatan OK Computer dibocorkan dan ditahan dengan permintaan tebusan dengan merilis materi itu sendiri, untuk waktu terbatas.

Minggu lalu, banyak materi yang belum pernah dirilis sebelumnya dari sesi pembuatan album hit mereka pada tahun 1997 secara kontroversial disebarkan di dunia maya.

Di Reddit, penggemar menemukan seorang peniru yang mengaku telah mendapatkan 18 mini-disc yang berlabel “The Entire OK Computer Sessions”—yang semestinya berisi demo, take alternatif, dan rekaman live awal selama hampir 18 jam. Menurut kabar yang beredar, Thom Yorke merekam dan mengarsipkan sesi itu sendiri.

Dikabarkan juga, orang asli yang menyimpan materi tersebut meminta lebih dari $150.000 untuk keseluruhan set atau $800 per lagu studio dan $50 per lagu live.

Radiohead, 1997. (Foto: Getty Images)

Sekarang, Radiohead tidak hanya sudah buka suara, tetapi mereka juga merilis semua materi tersebut via Bandcamp untuk kepentingan kelompok aktivis lingkungan Extinction Rebellion.

“Kami diretas minggu lalu,” kata gitaris Jonny Greenwood. “Seseorang mencuri arsip mini-disc Thom dari sekitar waktu pembuatan OK Computer, dan dilaporkan menuntut $150.000 dengan ancaman akan merilis materi itu,

“Jadi daripada banyak mengeluh atau mengabaikannya, kami merilis semua materi selama 18 jam di Bandcamp dalam rangka membantu Extinction Rebellion. Hanya untuk 18 hari ke depan. Jadi seharga £18 kalian bisa cari tahu apakah kami seharusnya membayar uang tebusan itu.”

Dia menambahkan, “[Materi ini] tidak pernah dimaksudkan untuk konsumsi publik (meskipun beberapa klip masuk di kaset OK Computer yang dirilis ulang) ini hanya menarik secara tangensial. Dan sangat, sangat panjang. Tidak bisa diunduh lewat ponsel. Tapi di luar sedang hujan, kan?”

Extinction Rebellion, yang bulan lalu mengambil alih beberapa jalan terpadat di kota London selama berminggu-minggu sebagai protes menuntut tindakan lebih lanjut terhadap perubahan iklim, kemudian menyatakan terima kasihnya kepada band atas upaya mereka.

Di antara banyaknya materi tersebut ada beberapa lagu yang lama diincar—termasuk versi 12 menit lagu “Paranoid Android,” versi studio awal “Exit Music,” “I Promise,” “True Love Waits” dan bahkan “Lift” (yang awalnya tidak jadi masuk di album karena band ini takut lagu itu terlalu “antemik”.)

Sekaligus mengecilkan kemungkinan adanya film biopik bergaya Bohemian Rhapsody dari Radiohead (sementara mengungkapkan aktor mana yang dia ingin memerankannya dalam film tersebut), gitaris Jonny Greenwood mengatakan dia saat ini sedang mencurahkan seluruh perhatiannya ke musik baru yang akan dia buat untuk BBC Proms 2019—dan menambahkan bahwa Radiohead sedang dalam masa tenang karena album “kecemasan distopia” Thom Yorke yang akan datang dan album solo perdana gitaris Ed O’Brien yang “terinspirasi dari Brazil.” 

Meskipun belum pernah mendengarkan materi solo O’Brien, Greenwood menambahkan album solo Yorke berikutnya “terdengar bagus” dan “memiliki beberapa hal yang bagus di dalamnya.”

Sementara itu, Yorke baru-baru ini mengungkapkan kalau Radiohead berencana melakukan sesuatu yang sangat keren dengan materi arsip dari Kid A dan Amnesiac.

Keterangan Foto Utama: Radiohead saat tampil di atas panggung di 2012. (Foto: Redfens via Getty Images/Andy Sheppard)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Jonny Greenwood

Jonny Greenwood Sebut Kritikus Perubahan Iklim ‘Idiot’

Gitaris/keyboardist Radiohead tersebut menanggapi kritik yang ditujukan pada aktivis perubahan iklim dan musisi dalam wawancara terbaru. Baca juga: Radiohea

on Oct 10, 2019
Michael Stipe REM

Michael Stipe Rilis Single Solo Pertamanya “Your Capricious Soul”

Seluruh hasil dari penjualan single ini akan disalurkan ke kelompok aktivis perubahan iklim Extinction Rebellion Akhir pekan kemarin, pentolan R.E.M. Michae

on Oct 7, 2019
Ed O’Brien Radiohead

Ed O’Brien Radiohead Hadirkan Musik Solo Debutnya

Dengarkan “Santa Teresa” dari album solo debut gitaris dan vokalis latar Radiohead, Ed O’Brien. Ed O’Brien dari Radiohead meluncurkan rilisan solo p

on Oct 6, 2019

5 Album Paling Berpengaruh: Teddy Adhitya

Teddy Adhitya baru saja merilis album kedua berjudul Question Mark (?) Teddy Adhitya membeberkan 5 album yang mempengaruhi warna musik soul dan RnB yan

on Sep 28, 2019