×
×

Search in Mata Mata Musik

Rekaman Master Eminem ‘Selamat’ dari Kebakaran Studio Universal

Posted on: 06/16/19 at 12:30 pm

Rekaman milik band-band seperti Hole, Nirvana, Nine Inch Nails, dan banyak lainnya musnah dalam insiden kebakaran di 2008 itu.

Sejumlah rekaman master dari berbagai musisi termasuk Hole, Nirvana, Nine Inch Nails, Aretha Franklin, Beck, dan banyak lainnya hancur dalam kobaran api di Universal Studios di Hollywood, tetapi tidak ada yang dilaporkan hingga awal minggu ini.

Seorang perwakilan Eminem memberikan kabar terbaru terkait rekaman sang rapper yang baru-baru ini dilaporkan musnah dalam kebakaran di tahun 2008.

Dennis Dennehy, juru bicara Eminem, sejak saat itu menjelaskan bahwa meskipun rekaman master bisa jadi hancur dalam insiden kebakaran, rekamannya mungkin tidak hilang sepenuhnya. “Saya cukup yakin sebagian besar, jika tidak semua, rekaman master sudah dibuatkan cadangannya,” katanya kepada Detroit Free Press.

Joel Martin, manajer mantan tim produksi Eminem, Bass Brothers, menambahkan: “Ada semacam upaya yang dilakukan untuk memindahkan semua rekaman master ke satu tempat.” Rekaman yang berhasil diselamatkan termasuk The Marshall Mathers LP, The Eminem Show, dan Lose Yourself.

Baik Martin ataupun Dennehy tidak dapat mengonfirmasi rekaman master sudah lenyap, dan Martin mengaku dirinya “tidak yakin di mana [Universal] menyimpannya.”

Bassist Nirvana, Krist Novoselic menanggapi berita kebakaran tersebut di Twitter setelah seorang penggemar bertanya tentang kemungkinan hancurnya rekaman master Nevermind. “Saya pikir itu hilang selamanya,” jawabnya.

Sementara itu, R.E.M mengeluarkan pernyataan di media sosial, yang mengatakan mereka “berusaha mendapatkan informasi untuk mencari tahu apa yang terjadi dan dampaknya terhadap musik band ini, jika ada.” Mereka berjanji, “Kami akan menjelaskan lebih lanjut nanti.”

Menurut laporan, sebanyak 118.230 “aset,” termasuk materi yang tidak pernah didengar sebelumnya, lenyap dalam kobaran api yang mengamuk di lahan Universal Studios selama hampir 24 jam pada 1 Juni 2008, dan juga merusak set dari film seperti  Back To The Future.

Keterangan Foto Utama: Eminem. (Foto: Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Michael Stipe REM

Michael Stipe Rilis Single Solo Pertamanya “Your Capricious Soul”

Seluruh hasil dari penjualan single ini akan disalurkan ke kelompok aktivis perubahan iklim Extinction Rebellion Akhir pekan kemarin, pentolan R.E.M. Michae

on Oct 7, 2019
Universal Music

Universal Music Buka Markas di Asia Tenggara, Fokus ke Musik Rap

Korea punya K-Pop. India punya musik Bollywood. Mungkinkah kawasan Asia Tenggara yang terkenal padat dan tumbuh cepat menjadi sarang baru bagi hip-hop? Baca

on Sep 18, 2019
R.E.M.

Bantu Korban Badai Dorian, R.E.M. Hadirkan “Fascinating”

Rarity ini direkam di Bahama pada 2004 silam. Baca Juga: Mantan pentolan R.E.M. Isyaratkan Proyek Solo Baru Sedikitnya 2.500 orang meninggal dunia usai Bad

on Sep 17, 2019
Ariel Nayaka

Ariel Nayaka Gabung Def Jam South East Asia

Def Jam South East Asia dan Astralwerks Asia menjadi divisi label terbaru dari Universal Music Group. Baca Juga: No Handouts, Single Baru Ariel Nayaka, L

on Sep 16, 2019