<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

Robbie Williams Curhat Soal Perjuangannya Hadapi Agorafobia

Posted on: 07/16/19 at 4:57 pm

Fobia terhadap keramaian yang dideritanya membuatnya harus tinggal di rumah selama tiga tahun.

Robbie Williams buka-bukaan tentang perjuangan panjangnya menghadapi agorafobia, mengungkapkan bahwa penyakit itu membuatnya tidak bisa ke mana-mana selama tiga tahun.

Mantan bintang Take That ini, yang pada 14 Juli kemarin tampil di BST Hyde Park, membahas kondisi itu – yang membuat penderitanya takut dengan dunia luar, khususnya keramaian – dalam wawancara terbaru dengan The Sun. Dia mengatakan, penyakitnya membuatnya tidak dapat “menghadapi publik.”

Menderita penyakit ini dari tahun 2006 hingga 2009, Williams mengatakan dia tidak dapat “meninggalkan sofa” dan tidak dapat bekerja—termasuk menjadi pembawa acara American Idol—karena pikirannya mendikte bahwa dia “tidak boleh pergi ke mana pun.”

Williams mengatakan: “Karier saya melambung sangat tinggi dan membawa saya ke Mars, dan saya perlu waktu untuk mengembalikan keseimbangan saya dan kembali mengendalikan diri saya sendiri.

“Tubuh dan pikiran saya mendikte saya bahwa saya tidak boleh pergi ke mana pun, saya tidak bisa melakukan apa pun. Pikiran saya memerintah saya untuk hanya menunggu—jadi saya benar-benar hanya duduk dan menunggu. Saya menderita agoraphobia dari sekitar tahun 2006 hingga 2009. Tahun-tahun ini saya habiskan dengan hanya mengenakan kaftan kasmir, makan Kettle Chips, menumbuhkan jenggot dan berdiam di rumah.”

Berbicara soal pekerjaan yang harus dia tolak karena kondisinya, Williams menambahkan: “Saya ingat mereka menawari saya £15 juta (Rp260,9 miliar) untuk mengambil alih tempat Simon Cowell di American Idol, ditambah pertunjukan besar di Amerika, tetapi saya menolaknya karena saya tidak bisa meninggalkan sofa pada saat itu. Saya tidak bisa.”

Williams juga mengungkapkan, lagu The Killers “Human” membantunya pulih dari kondisinya, terutama di bagian: “And sometimes I get nervous, when I see an open door.”

“Saya ingat mendengarkan lagu The Killers dan ada sesuatu pada momen itu yang membuat saya berpikir, Saya lebih baik mulai melakukan sesuatu, membuat album dan tur,” jelasnya.

Setelah menjalani sesi terapi lebih lanjut, Williams melakukan comeback-nya pada tahun 2009 dan menganggap reuninya bersama Take That juga berperan dalam pemulihannya.

“Itu bukan proses yang mudah, rasanya seperti mengalami kecelakaan mobil dan kemudian belajar berjalan lagi. Kalau bukan karena Take That, dan bergabung kembali dengan mereka, saya tidak tahu apakah saya akan kembali sama sekali. Awalnya, saya harus bersembunyi di depan mata—saya bisa bersembunyi di belakang kawan-kawan saya. Mereka sangat membantu.”

Baru-baru ini, Williams juga membahas keputusannya meninggalkan The X Factor setelah menjalani satu seri. 

“Saya punya album untuk dipromosikan,” jelasnya. “Saya akan pergi ke mana-mana untuk mempromosikan album itu. Kami sangat ini bisa bekerja dengan The X Factor tetapi itu tidak akan berhasil. Dan itu masih terus bersambung. Saya dan Simon [Cowell] adalah teman baik. Keluarga kami berteman. Anak-anak kami sering main bersama.

“Ini hanya jeda dalam hubungan kami dan kemudian itu akan berlanjut. Tetapi tahun ini saya harus pergi dan benar-benar mempromosikan album kami.”

Artikel asli ditulis oleh Elizabeth Aubrey untuk NME dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Robbie Williams sempat mengalami fobia terhadap dunia luar antara tahun 2006-2009. (Foto: Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Zayn Malik

Zayn Malik Ternyata Pernah Minta Wejangan Robbie Williams, Tapi Ditola...

Robbie Williams mengaku dirinya tidak sedang dalam kondisi yang tepat untuk membantu Zayn Malik, setelah mengeklaim mantan personil One Direction ter

on Oct 30, 2019
Avicii

Ayah Avicii Bahas ‘Stigma’ Seputar Kesehatan Mental

Ayah mendiang DJ Avicii memang terkenal tidak pernah menghindar dari perbincangan seputar keadaan yang menyebabkan putranya meninggal terlalu dini.  Baca

on Oct 22, 2019
Nick Carter

Nick Carter Ajukan Restraining Order Untuk Adiknya, Aaron Carter

Personil Backstreet Boys tersebut mengklaim sang adik, yang merupakan mantan bintang remaja, mengatakan berniat membunuh istrinya yang sedang hamil. Baca Jug

on Sep 19, 2019
Avicii

Konser Penghormatan Avicii Bakal Digelar Bulan Desember 2019!

Avicii Tribute Concert for Mental Health Awareness akan turut diramaikan berbagai DJ papan atas yang juga rekan/kolaborator lama Avicii. Baca Juga: Tiësto R

on Sep 6, 2019