×
×

Search in Mata Mata Musik

RUU Permusikan Akhirnya Dibatalkan!

Posted on: 06/18/19 at 2:45 pm

Diterpa berbagai protes sejak awal isu dihembuskan, RUU Permusikan akhirnya dibatalkan.

Baca Juga: Panasnya RUU Permusikan

Lewat akun Twitter resminya, Koalisi Nasional Tolak Rancangan Undang Undang Permusikan (KNTL RUUP) baru saja mengumumkan pembatalan RUU Permusikan dalam daftar Prolegnas RUU Prioritas 2019.

Lewat tagar #BersamaBatalkan RUUPermusikan mereka menjelasan detail kronologis pembatalan RUU yang dianggap membatasi kreativitas para musisi ini.

Kabar baik ini juga disambut baik dan disiarkan oleh para musisi yang ikut mendukung pembatalan RUU Permusikan ini, salah satunya adalah Arian Arifin dari Seringai.

RUU Permusikan resmi dibatalkan di dalam Rapat Baleg (badan legislasi) yang digelar DPR RI pada 17 hingga 19 Juni 2019. Polemik tentang RUU Permusikan berawal dari tidak adanya keterlibatan para pelaku dunia musik itu sendiri, sehingga langsung mendapat respon negatif dari para musisi dan pelaku industri musik, hingga terbentuklah Koalisi nasional Tolak Rancangan Undang Undang Permusikan (KNTL RUUP), yang berjuang secara militan dengan mengumpulkan dan mempertemukan para musisi dan kelompok yang terlibat dalam sebuah pertemuan di markas Slank di daerah Potlot, yang dikenal dengan nama Konferensi Meja Potlot.

Baca Juga: KPID Jawa Barat Rilis Daftar 17 Lagu yang Dibatasi Pemutarannya

Keterangan Foto Utama: Konferensi Meja Potlot (Foto: Ridho Hafiedz/Instagram)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Mezzaluna

    Mezzaluna Putri Bimbim Slank Rilis MV 'In Situ' Via OFFMUTE/Sony Music

    Foto: dok. OFFMUTE. Mezzaluna yang bernama lengkap Jaya Mezzaluna Bungari, adalah penyanyi dan penulis lagu muda yang debut pada awal tahun 2021. Gadis beru

    on Sep 24, 2021
    Glenn Fredly

    Glenn Fredly Tampil Di Lagu Mirza W. Soenarto 'Berkarya Untuk Negeri'

    Glenn Fredly sudah tidak berada lagi di antara kita. Meskipun begitu, ide dan semangat kemanusiaannya, kebersamaan di atas perbedaan, saling peduli, memaha

    on Sep 12, 2021
    Abdee Slank

    Abdee Slank Jadi Komisaris BUMN Telkom, Ini Penjelasan Kompetensinya

    Layar menampilkan profil Abdi Negara Nurdin saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2020 di Jakarta, Jum'at (28/5/2021). (Foto: ANTARA/Hafidz

    on May 29, 2021
    Slank Vs Power Metal

    Turnamen Babak 3 – Side B: Slank Vs Power Metal. Yuk Vote Sekarang!

    Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter lo atau bikin akun sebentar di Disqus.

    on Feb 20, 2021