×
×

Search in Mata Mata Musik

Sejumlah Artis Tuntut UMG Terkait Rekaman yang Terbakar di 2008

Posted on: 06/25/19 at 2:54 pm

Steve Earle juga ikut melayangkan gugatan terhadap UMG, menurut berita terbaru yang dilansir dari The New York Times.

Pada 11 Juni lalu, The New York Times menerbitkan hasil investigasi yang mengungkapkan kebakaran yang terjadi di Universal Studios Hollywood pada tahun 2008 telah memusnahkan sejumlah besar rekaman master milik berbagai artis dalam beberapa dekade, termasuk karya Nirvana, Eminem, John Coltrane, dan banyak lainnya.

Sekarang, seperti yang dilansir dari The Times, Hole, Soundgarden, dan Steve Earle, serta ahli waris Tupac Shakur dan Tom Petty, menuntut UMG atas kerugian yang disebabkan oleh insiden kebakaran tersebut. Menurut dokumen yang dicermati The New York Times, gugatan ini mengklaim para artis tidak pernah diberi tahu kalau rekaman master mereka musnah dalam kebakaran itu.

Gugatan yang diajukan di Pengadilan Distrik Federal di Los Angeles ini dilaporkan meminta status class action.  Ini menandai kasus hukum pertama yang diajukan terhadap UMG menyusul laporan rekaman arsip yang hilang. Menurut The Times, para penggugat menuduh Universal telah melanggar kewajiban kontraktualnya kepada artis karena gagal melindungi rekaman master mereka.

Gugatan ini juga dilaporkan menegaskan bahwa UMG seharusnya membagikan dana yang diterima sebagai pengganti kerugian dari kebakaran tersebut, seperti pembayaran asuransi dan kesepakatan hukum dari NBCUniversal. Klaim ini meminta ganti rugi senilai lebih dari $100 juta, menurut The Times.

Kebakaran tahun 2008 dilaporkan menghancurkan lebih dari 100.000 rekaman audio yang berisi sebanyak 500.000 lagu. Setelah perilisan investigasi The New York Times, Universal merilis sebuah pernyataan yang mengecilkan jumlah kerugian yang disebabkan oleh kebakaran itu.

UMG mengklaim laporan The Times menampilkan “ketidakakuratan, pernyataan yang menyesatkan, kontradiksi dan kesalahpahaman mendasar.” Namun, Universal tidak menyertakan bukti yang menguatkan klaim mereka.

Laporan terbaru dari The Times juga menyertakan kutipan dari ketua dan kepala eksekutif Universal, Lucian Grange, yang dilaporkan mengatakan bahwa “kami berutang transparasi kepada artis kami” tentang kebakaran tahun 2008.

Menyusul berita awal terkait rekaman master yang musnah, seorang perwakilan Hole mengatakan pada Pitchfork bahwa mereka tidak mengetahui berita itu sampai laporan The New York Times diterbitkan. Beberapa artis lain, termasuk Questlove, R.E.M., dan lainnya yang terkena dampak kebakaran, menanggapi berita itu di media sosial.

Sampai saat ini, UMG masih enggan memberikan komentar.

Keterangan Foto Utama: Hole, Soundgarden, dan ahli waris Tupac adalah sebagian dari artis yang menuntut ganti rugi dari UMG. (Foto: Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kanye West

    Kanye West Bilang Universal Music Merilis Album "Donda" Tanpa Izinnya

    Kanye West (Foto: Getty Images). Masih terdengar keras kabar dari Kanye West mengenai rilisan album terbarunya, Donda, yang dirilis secara digital. Album in

    on Aug 30, 2021
    Universal Music

    Universal Music Ditawari Rp 572 T, Nilai Saham Tertinggi Dalam Sejarah

    Universal Music Group sudah sangat terkenal sebagai penguasa label musik terbesar di dunia. Special Purpose Acquisition Company (SPAC) atau perusahaan akui

    on Jun 4, 2021
    Shock G

    Shock G, Rapper Legendaris Mentor Tupac Shakur Meninggal Dunia

    Shock G (Foto: Earl Gibson III/Getty Images). Shock G, pendiri dan vokalis dari grup hip-hop legendaris Digital Underground meninggal dunia di usia 57 tahun

    on Apr 23, 2021
    Soundgarden Vs Vicky Cornell

    Soundgarden Tuduh Vicky Cornell Mengunci Semua Akun Medsos Band

    Soundgarden (Foto: Kevin Winter) / Vicky Cornell (Foto: Frederick M. Brown). Drama hukum antara Soundgarden dan Vicky Cornell semakin ricuh. Para legenda gr

    on Apr 3, 2021