×
×

Search in Mata Mata Musik

Sejumlah Artis Tuntut UMG Terkait Rekaman yang Terbakar di 2008

Posted on: 06/25/19 at 2:54 pm

Steve Earle juga ikut melayangkan gugatan terhadap UMG, menurut berita terbaru yang dilansir dari The New York Times.

Pada 11 Juni lalu, The New York Times menerbitkan hasil investigasi yang mengungkapkan kebakaran yang terjadi di Universal Studios Hollywood pada tahun 2008 telah memusnahkan sejumlah besar rekaman master milik berbagai artis dalam beberapa dekade, termasuk karya Nirvana, Eminem, John Coltrane, dan banyak lainnya.

Sekarang, seperti yang dilansir dari The Times, Hole, Soundgarden, dan Steve Earle, serta ahli waris Tupac Shakur dan Tom Petty, menuntut UMG atas kerugian yang disebabkan oleh insiden kebakaran tersebut. Menurut dokumen yang dicermati The New York Times, gugatan ini mengklaim para artis tidak pernah diberi tahu kalau rekaman master mereka musnah dalam kebakaran itu.

Gugatan yang diajukan di Pengadilan Distrik Federal di Los Angeles ini dilaporkan meminta status class action.  Ini menandai kasus hukum pertama yang diajukan terhadap UMG menyusul laporan rekaman arsip yang hilang. Menurut The Times, para penggugat menuduh Universal telah melanggar kewajiban kontraktualnya kepada artis karena gagal melindungi rekaman master mereka.

Gugatan ini juga dilaporkan menegaskan bahwa UMG seharusnya membagikan dana yang diterima sebagai pengganti kerugian dari kebakaran tersebut, seperti pembayaran asuransi dan kesepakatan hukum dari NBCUniversal. Klaim ini meminta ganti rugi senilai lebih dari $100 juta, menurut The Times.

Kebakaran tahun 2008 dilaporkan menghancurkan lebih dari 100.000 rekaman audio yang berisi sebanyak 500.000 lagu. Setelah perilisan investigasi The New York Times, Universal merilis sebuah pernyataan yang mengecilkan jumlah kerugian yang disebabkan oleh kebakaran itu.

UMG mengklaim laporan The Times menampilkan “ketidakakuratan, pernyataan yang menyesatkan, kontradiksi dan kesalahpahaman mendasar.” Namun, Universal tidak menyertakan bukti yang menguatkan klaim mereka.

Laporan terbaru dari The Times juga menyertakan kutipan dari ketua dan kepala eksekutif Universal, Lucian Grange, yang dilaporkan mengatakan bahwa “kami berutang transparasi kepada artis kami” tentang kebakaran tahun 2008.

Menyusul berita awal terkait rekaman master yang musnah, seorang perwakilan Hole mengatakan pada Pitchfork bahwa mereka tidak mengetahui berita itu sampai laporan The New York Times diterbitkan. Beberapa artis lain, termasuk Questlove, R.E.M., dan lainnya yang terkena dampak kebakaran, menanggapi berita itu di media sosial.

Sampai saat ini, UMG masih enggan memberikan komentar.

Keterangan Foto Utama: Hole, Soundgarden, dan ahli waris Tupac adalah sebagian dari artis yang menuntut ganti rugi dari UMG. (Foto: Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Genius Tuntut Ganti Rugi Rp 700 M ke Google atas Penjiplakan Lirik Lag...

Bulan Juni lalu, Genius - perusahaan media digital yang terkenal menyediakan lirik lagu - menuding Google menjiplak basis data liriknya. Sekarang, Genius menja

on Dec 11, 2019
Katy Perry

Katy Perry Geret Musikolog dalam Kasus Hak Cipta "Dark Horse"...

Katy Perry dan tim hukumnya resmi melakukan serangan balik terhadap gugatan pelanggaran hak cipta senilai $2,78 juta yang dilayangkan belum lama ini terkait la

on Dec 11, 2019
Chris Cornell

Istri Chris Cornell Gugat Soundgarden Atas Royalti & Hak Cipta

Senin kemarin (9/12), istri mendiang Chris Cornell, Vicky Cornell, melayangkan gugatan bernilai ratusan ribu dolar terhadap rekan-rekan Chris di Soundgarden. D

on Dec 10, 2019
Kematian Goo Hara

Kematian Goo Hara Jadi Bukti Timpangnya Sistem Peradilan Korea

Di Korea Selatan, kematian Goo Hara memicu amarah publik seputar kejahatan seksual terhadap perempuan dan persepsi luas bahwa penegak hukum telah gagal mengat

on Nov 28, 2019