×
×

Search in Mata Mata Musik

SoundCloud Ajak Artis Spotify Gabung Layanan Distribusinya

Posted on: 07/8/19 at 9:03 pm

Repost Network SoundCloud menyediakan layanan distribusi, perlindungan konten, dan pemasaran untuk membantu artis mengembangkan karier mereka.

SoundCloud hadir untuk menyelamatkan artis-artis indie yang akan segera ditinggalkan oleh Spotify. Fitur beta terbaru Spotify, “Spotify for Artists”, memungkinkan artis independen untuk mengunggah musik mereka langsung ke Spotify.

Namun, program tersebut akan diberhentikan pada akhir bulan ini. Banyak artis indie tanpa label sekarang terpaksa harus pindah dalam waktu kurang dari 30 hari.

Tapi jangan takut! Akuisisi yang baru-baru ini dilakukan SoundCloud atas perusahaan distribusi Repost Network akan menawarkan batas baru khusus bagi artis yang diundang.

“Akuisisi Repost Network akan secara signifikan memajukan SoundCloud seiring kami membangun seperangkat alat paling komprehensif untuk membantu pembuat konten mengembangkan karier mereka. Kami menyambut tim Repost Network ke SoundCloud dan tidak sabar melihat apa yang akan kami bangun bersama.” – Rilisan Pers SoundCloud

Alasan Spotify ‘Meninggalkan’ Artis Indie

Dalam unggahan blog terbaru, Spotify menjelaskan mereka dapat membantu memindahkan musik artis ke distributor lain hingga akhir bulan ini.

Sementara hal itu mungkin mudah dikatakan bagi Spotify, bagi artis indie hal ini sangat membuat tidak nyaman karena mereka berpotensi kehilangan metadata dan jumlah streams yang telah mereka dapatkan untuk lagu-lagu mereka.

Migrasi ini juga berencana untuk fokus hanya pada artis-artis teratas, menetapkan biaya tambahan, dan ‘menendang’ artis yang tidak memenuhi syarat.

Repost Network SoundCloud

Diakui secara internasional sebagai platform streaming audio terbuka, SoundCloud akan menggunakan Repost Network bagi artis yang ‘ditelentarkan’ tersebut. Repost Network akan bisa digunakan dengan undangan khusus dan membantu para artis mendapatkan penghasilan yang semestinya.

“Repost Network, layanan distribusi dengan undangan khusus yang menawarkan distribusi, perlindungan konten, dan pemasaran kepada ribuan kliennya, memberi kesempatan pada para pencipta konten untuk mengembangkan karier mereka dengan cara mereka sendiri dengan fleksibilitas maksimum berdasarkan posisi mereka dalam karier mereka,” jelas Jeff Ponchick, VP Repost Network SoundCloud

Layanan yang ditawarkan Repost Network.
Testimoni Repost Network.

Artikel asli ditulis oleh Tiffany Pridanonda untuk EDM Tunes dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: SoundCloud menawarkan diri jadi tempat berlabuh bagi artis indie yang ditinggal Spotify. (Foto via EDM Tunes)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Persaingan Spotify & Apple Music di Ranah Podcast!

Persaingan Spotify & Apple Music di Ranah Podcast!

Dua raksasa streaming musik ini berlomba menguasai pasar podcast dengan investasi dan akuisisi, tetapi ini masih bisa dimenangkan siapa saja. Entah kalian m

on Aug 7, 2019
Corey Taylor Anggap Layanan Streaming Musik Bikin Artis Bangkrut

Corey Taylor Anggap Streaming Musik Bisa Bikin Musisi Bangkrut!

Corey Taylor juga mengungkapkan, pendapatan utama band berasal dari tur dan mungkin sebagian dari merchandise, sementara streaming tidak menghasilkan apa pun.

on Aug 7, 2019
Jimin BTS

3 Lagu Jimin BTS Kumpulkan Total 192 Juta Streams di Spotify!

“Intro: Serendipity,” “Lie,” dan “Serendipity (Full Length Edition)” masing-masing memiliki lebih dari 50 juta streams. Baca Juga: BTS Bikin Pen

on Aug 6, 2019
Sambut Album Barunya, Tool Daratkan Katalog Musiknya di Platform Streaming!

Sambut Album Barunya, Tool Daratkan Katalog Musiknya di Platform Strea...

Tool mengumumkan judul album barunya, Fear Inoculum, yang akan rilis pada 30 Agustus 2019. Awal minggu ini, band rock legendaris Tool mengumumkan mereka aka

on Jul 31, 2019