×
×

Search in Mata Mata Musik

SoundCloud Ajak Artis Spotify Gabung Layanan Distribusinya

Repost Network SoundCloud menyediakan layanan distribusi, perlindungan konten, dan pemasaran untuk membantu artis mengembangkan karier mereka.

SoundCloud hadir untuk menyelamatkan artis-artis indie yang akan segera ditinggalkan oleh Spotify. Fitur beta terbaru Spotify, “Spotify for Artists”, memungkinkan artis independen untuk mengunggah musik mereka langsung ke Spotify.

Namun, program tersebut akan diberhentikan pada akhir bulan ini. Banyak artis indie tanpa label sekarang terpaksa harus pindah dalam waktu kurang dari 30 hari.

Tapi jangan takut! Akuisisi yang baru-baru ini dilakukan SoundCloud atas perusahaan distribusi Repost Network akan menawarkan batas baru khusus bagi artis yang diundang.

“Akuisisi Repost Network akan secara signifikan memajukan SoundCloud seiring kami membangun seperangkat alat paling komprehensif untuk membantu pembuat konten mengembangkan karier mereka. Kami menyambut tim Repost Network ke SoundCloud dan tidak sabar melihat apa yang akan kami bangun bersama.” – Rilisan Pers SoundCloud

Alasan Spotify ‘Meninggalkan’ Artis Indie

Dalam unggahan blog terbaru, Spotify menjelaskan mereka dapat membantu memindahkan musik artis ke distributor lain hingga akhir bulan ini.

Sementara hal itu mungkin mudah dikatakan bagi Spotify, bagi artis indie hal ini sangat membuat tidak nyaman karena mereka berpotensi kehilangan metadata dan jumlah streams yang telah mereka dapatkan untuk lagu-lagu mereka.

Migrasi ini juga berencana untuk fokus hanya pada artis-artis teratas, menetapkan biaya tambahan, dan ‘menendang’ artis yang tidak memenuhi syarat.

Repost Network SoundCloud

Diakui secara internasional sebagai platform streaming audio terbuka, SoundCloud akan menggunakan Repost Network bagi artis yang ‘ditelentarkan’ tersebut. Repost Network akan bisa digunakan dengan undangan khusus dan membantu para artis mendapatkan penghasilan yang semestinya.

“Repost Network, layanan distribusi dengan undangan khusus yang menawarkan distribusi, perlindungan konten, dan pemasaran kepada ribuan kliennya, memberi kesempatan pada para pencipta konten untuk mengembangkan karier mereka dengan cara mereka sendiri dengan fleksibilitas maksimum berdasarkan posisi mereka dalam karier mereka,” jelas Jeff Ponchick, VP Repost Network SoundCloud

Layanan yang ditawarkan Repost Network.
Testimoni Repost Network.

Artikel asli ditulis oleh Tiffany Pridanonda untuk EDM Tunes dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: SoundCloud menawarkan diri jadi tempat berlabuh bagi artis indie yang ditinggal Spotify. (Foto via EDM Tunes)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Spotify Luncurkan Hub Musik Disney Pertama

Spotify Luncurkan Hub Musik Disney Pertama

Hanya melalui fitur pencarian, pengguna Spotify kini bisa mendengarkan semua lagu Disney favorit mereka – dari dunia Marvel yang luas hingga The Lion King.

on Jul 21, 2019
Streaming Makin Menggeser Kultur DJ

Streaming Makin Menggeser Kultur DJ

Dulu menjadi seorang DJ berarti mengumpulkan banyak ‘barang’ seumur hidup. Terutama piringan 12”, tetapi juga 10” dan 7”, white label dan LP bersampu

on Jul 20, 2019
Spotify Lite Diluncurkan di 36 Negara, Termasuk Indonesia

Spotify Lite Diluncurkan Untuk Pengguna Android di 36 Negara, Termasuk...

Spotify Lite merupakan sebuah alternatif untuk menghemat data, penyimpanan, dan baterai dari layanan streaming musik Spotify. Dengan hanya 10 MB, pengguna lebi

on Jul 13, 2019
Spotify Tarik Fitur Pengunggahan Musik Mandiri Oleh Musisi

Spotify Tarik Fitur Pengunggahan Musik Mandiri Oleh Musisi

Para musisi indie pada khususnya, harus beralih ke distributor lain untuk mengunggah musik mereka ke platform ini. Spotify segera mengakhiri program yang me

on Jul 3, 2019