×
×

Search in Mata Mata Musik

Spotify Tarik Fitur Pengunggahan Musik Mandiri Oleh Musisi

Para musisi indie pada khususnya, harus beralih ke distributor lain untuk mengunggah musik mereka ke platform ini.

Spotify segera mengakhiri program yang memungkinkan para musisi untuk mengunggah musik mereka secara mandiri ke layanan streaming ini, sebagaimana diumumkan Spotify kemarin.

Fitur pengunggahan mandiri ini pertama kali diperkenalkan dalam pengujian beta pada September 2018, memberikan akses mudah bagi para musisi yang berbasis di Amerika Serikat untuk menambah lagu dan metadata yang menyertainya ke Spotify dengan hanya beberapa klik.

Sekarang, Spotify memberikan waktu sampai akhir bulan supaya musisi tersebut mencari distributor resmi lainnya untuk mengunggah musik mereka ke Spotify, dan hanya akan dibayar atas jumlah streams pada konten yang diunggah hingga Juli 2019.

Spotify, dalam pengumumannya kemarin, mengatakan energinya lebih baik difokuskan pada pengembangan fitur dan alat yang khusus untuk Spotify—seperti alat pengajuan playlist, misalnya, atau peningkatan dasbor Spotify for Artists, yang digunakan oleh lebih dari 300.000 pencipta.

Sementara itu, Spotify percaya distribusi musik paling baik ditangani oleh mitra. Hal ini senada dengan beberapa feedback dari musisi—bahwa tidak masuk akal mengunggah langsung ke Spotify, kemudian harus beralih ke alat distribusi lain untuk memasukkan karya mereka ke layanan lainnya.

Tampilan fitur pengunggahan beta Spotify yang akan berakhir pada 30 Juli mendatang.

Seperti yang dikonfirmasi Spotify, ada beberapa ratus artis yang sebenarnya sudah mengunggah musik ke versi beta, dan beberapa ratus lainnya yang diundang melakukan uji coba tetapi belum mengunggah. Dan mereka yang sudah menggunakan Direct Upload Beta memang harus menggunakan layanan distribusi lain untuk memasukkan musik mereka ke platform lain.

Skenario lain yang mungkin terjadi adalah Spotify mengumumkan investasi pada layanan distribusi DistroKid setelah peluncuran fitur pengunggahan beta.

DistroKid mendukung pengunggahan lintas platform ke Spotify, serta iTunes, Apple Music, Pandora, Amazon, Google Play, Tidal, iHeartRadio, YouTube, Deezer dan lainnya. Pada saat kesepakatan dibuat, Spotify mengatakan mereka berencana mengintegrasikan dasbor Spotify for Artists dengan DistroKid. Hal itu akan menyebabkan tumpang tindih dan redundansi dengan alat pengunggahan yang dimiliki.

Integrasi itu belum dieksekusi, tetapi masih dalam pengerjaan. Namun, Spotify belum memberi tahu kapan integrasi itu akan diluncurkan.

Spotify mengarahkan musisi yang berpartisipasi dalam fitur beta ke distributor lain, termasuk mitra pilihan seperti DistroKid, CD Baby dan EmuBands. Alat pengunggahan beta itu sendiri akan diberhentikan pada 30 Juli 2019. Tidak ada lagi undangan yang ditawarkan, dan para artis hanya akan dibayar atas streams mereka hingga Juli 2019. Pembayaran terakhir akan dilakukan pada 28 Agustus 2019. Detail lainnya bisa kalian lihat di sini.

Selain pengumuman resmi tersebut, Spotify mengirimkan email kepada pengguna versi beta dengan diskon untuk beralih ke distributor lain, yang dapat termasuk layanan tahun pertama gratis atau rilisan pertama gratis.

Fitur yang menawarkan unggahan langsung ini mungkin juga menyebabkan ketegangan dengan label rekaman, tetapi hal itu tidak disebutkan—atau bahkan disinggung dalam pengumuman resmi kemarin.

“Kami bekerja sama dengan mitra distribusi kami untuk membantu membuat transisi ini semudah mungkin bagi para artis yang sudah mengunggah musik melalui versi beta,” kata Spotify melalui pengumumannya.

“Terima kasih kepada para artis yang berpartisipasi dalam fitur pengunggahan beta kami. Kami sangat bangga telah memainkan peran kecil dalam musik yang dirilis. Spotify tidak akan menjadi seperti sekarang ini tanpa artis dan label yang bersedia berkolaborasi dengan kami untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pencipta dan pendengar.”

Keterangan Foto Utama: Spotify. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Spotify Luncurkan Hub Musik Disney Pertama

Spotify Luncurkan Hub Musik Disney Pertama

Hanya melalui fitur pencarian, pengguna Spotify kini bisa mendengarkan semua lagu Disney favorit mereka – dari dunia Marvel yang luas hingga The Lion King.

on Jul 21, 2019
Streaming Makin Menggeser Kultur DJ

Streaming Makin Menggeser Kultur DJ

Dulu menjadi seorang DJ berarti mengumpulkan banyak ‘barang’ seumur hidup. Terutama piringan 12”, tetapi juga 10” dan 7”, white label dan LP bersampu

on Jul 20, 2019
YouTube Blokir Beberapa Situs Pengunduh Video

YouTube Blokir Beberapa Situs Pengunduh Video

Tidak mendapat bantuan dari RIAA, YouTube memblokir sendiri beberapa situs yang dianggap ‘mencuri’ streams-nya (stream ripping). Mengunduh video dari Yo

on Jul 14, 2019
Spotify Lite Diluncurkan di 36 Negara, Termasuk Indonesia

Spotify Lite Diluncurkan Untuk Pengguna Android di 36 Negara, Termasuk...

Spotify Lite merupakan sebuah alternatif untuk menghemat data, penyimpanan, dan baterai dari layanan streaming musik Spotify. Dengan hanya 10 MB, pengguna lebi

on Jul 13, 2019