×
×

Search in Mata Mata Musik

Sweater Kurt Cobain Dilelang Seharga $75 Ribu

Posted on: 05/22/19 at 10:47 am

Sweater yang dipakai Kurt Cobain dalam pemotretan album In Utero dilelang hari Sabtu lalu(18/5).

Baca Juga: Rey Washam Bocorkan Demo Awal “Scentless Apprentice” Nirvana

Sweater yang dikenakan Kurt Cobain dalam pemotretan terakhir sebelum kematiannya dilelang seharga $75.000. Seperti yang dilaporkan Rolling Stone, kardigan itu dipakai Cobain dalam pemotretan untuk album terakhir Nirvana, In Utero (1993), yang dirilis beberapa bulan sebelum kematian Cobain pada April 1994.

Foto-foto promosi Cobain yang memakai sweater itu diambil oleh fotografer Jesse Frohman, dan kemudian dimasukkan dalam buku fotonya yang terbit pada 2014, Kurt Cobain: The Last Session. Pelelangan yang berlangsung pada hari Sabtu kemarin diselenggarakan oleh Julien’s Auctions, yang mengatakan Cobain sakit selama sesi pemotretan di New York.

“Pemotretannya direncanakan berlangsung di Central Park, New York City, tetapi karena Cobain jatuh sakit hanya beberapa jam sebelumnya, pemotretan dipindahkan ke ruang bawah tanah hotel tempat band menginap,” tulis keterangan lelang. “Cobain terlambat tiga jam ke pemotretan dan segera meminta ember karena mual.”

Baca Juga: Akankah Reunian Hole Jadi Kenyataan?

Sweater itu kemudian diperlihatkan di pemakaman Cobain, di mana Courtney Love memberikannya kepada seorang kenalan, menurut Julien’s Auctions. Masih belum jelas apakah kenalan yang dimaksud ada hubungannya dengan pelelangan hari Sabtu kemarin, atau apakah sweater itu sudah berganti pemilik sejak kematian Cobain.

Awal tahun ini, baju rumah sakit yang dipakai Kurt Cobain selama penampilannya di Reading Festival 1992 juga dilelang. Nirvana juga menggugat Marc Jacobs karena perusahaan fesyen tersebut menggunakan desain wajah tersenyum ikonik mereka.

Keterangan Foto Utama: Kurt Cobain, pentolan band Nirvana yang meninggal pada April 1994. (Foto: Getty Images/Frank Micelotta)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Album Klasik

    14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas banget! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya

    on Jun 9, 2021
    Kurt Cobain

    Kurt Cobain Diyakini Banyak Penggemar Dibunuh, FBI Rilis Berkasnya

    Biro Penyelidik Federal (FBI) merilis berkas 10 halaman berisi surat dari penggemar yang mendesak penyelidikan kasus kematian pentolan Nirvana, Kurt Cobain

    on May 9, 2021
    Nirvana: 100 Lagu Terburuk Hingga Terbaik

    Nirvana: Urutan Peringkat 100 Lagu Dari Terburuk Hingga Terbaik

    Sebagai ikon rock legendaris, pengaruh Nirvana sangat besar bagi perkembangan musik di dunia. Bisa kita rasakan selama tiga dekade terakhir. Padahal usia p

    on Mar 28, 2021
    27 Club

    Musisi Bintang Pop & Rock Anggota “27 Club”: Yang Mati Muda Di Usi...

    27 Club, perkumpulan macam apa ini? Sebelum membahas ke sana, kita bahas konteks 'Mati Muda' di artikel ini. Memang sedikit berbeda dengan substansi lagu h

    on Jan 18, 2021