×
×

Search in Mata Mata Musik

ANIMA, Kisah Cinta Emosional di Masa Kelam Thom Yorke?

Posted on: 06/28/19 at 1:21 pm

Film ANIMA yang tayang di Netflix lebih dari sekadar materi promosi untuk perilisan album milik Thom Yorke.

Pentolan Radiohead, Thom Yorke, merilis album solo resmi ketiganya, ANIMA, pada Kamis kemarin (27/6), bersama dengan film pendek yang menampilkan tiga lagu dari albumnya tersebut.

Thom Yorke hadirkan film berdurasi 15 menit di Netflix jelang album solo barunya.

Diproduseri oleh Nigel Godrich, lagu-lagunya dibangun di atas permainan musik elektronik kental yang dijelajahinya di luar Radiohead, dan di dalam Atoms for Peace, dalam beberapa tahun terakhir, memadukan nada poliritme dengan lagu yang lebih moody dan termenung seperti Dawn Chorus” di ANIMA. Tetapi, kalau kalian benar-benar ingin mempersiapkan diri untuk perjalanan yang dilalui album ini, tonton film pendeknya di Netflix.

Film pendeknya dibuka dengan Yorke di dalam kereta. Salah satu dari banyak pelancong yang sedang mengantuk, dia melihat seorang wanita (yang diperankan oleh pacar sungguhan Yorke, aktris asal Italia Dajana Roncione), dan ketika dia mencari wanita tersebut untuk mengembalikan tempat makannya yang tertinggal, dia terjebak di antara para penari yang penuh semangat, di atas lantai yang berayun di bawah kaki mereka.

Pada saat “Dawn Chorus” berputar, dia dan Roncione berdekap mesra seiring film ini mencapai akhir yang kreatif, melengkapi karya padat yang tidak hanya terasa kreatif, tetapi juga hangat—dan tidak seperti biasanya, terbuka.

Menarik untuk mengecilkan kebesaran film pengiring ANIMA berdurasi sekitar 15 menit ini; melihatnya sebagai bahan promosi, atau sekadar video musik panjang yang menyatukan potongan-potongan lagu “Not the News,” “Traffic” dan “Dawn Chorus” yang panjang.

Tetapi film ini jauh lebih ambisius dari itu: Untuk satu hal, film ini disutradarai Paul Thomas Anderson, dengan koreografi yang benar-benar inventif dari Damien Jalet, dan film ini menyampaikan kisah emosional tentang pencarian cinta di dunia yang dapat melelahkan dan tidak ramah.

Anderson dan Yorke pernah bekerja sama sebelumnya, berkolaborasi di video musik “Daydreaming” dan “The Numbers” dari album Radiohead A Moon Shaped Pool.

Film ANIMA sangat efektif untuk memperhalus nada dan makna di balik karya seorang artis yang niatnya bisa terasa tumpul atau tidak wajar. Tapi yang benar-benar terpampang di sini adalah keberanian dan rasa bermain-main Yorke sendiri: Dia tidak hanya menari, justru memlih untuk melemparkan dirinya ke dalam rutinitas yang emosional, dengan koreografi yang rumit dan berbelit.

ANIMA kini hadir via XL.

Keterangan Foto Utama: Thom Yorke dan Dajana Roncione di sebuah adegan dari video untuk album baru Yorke, ANIMA, yang disutradarai oleh Paul Thomas Anderson. (Foto: Netflix)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Thom Yorke

Thom Yorke (Radiohead) Debutkan Lagu Baru Berjudul ‘Plasticine Figur...

Thom Yorke. (Foto: DIY Mag). Thom Yorke membawa kejutan pada 29 April lalu, dengan menggunakan penampilannya di The Tonight Show untuk debutkan lagu baru ya

on May 1, 2020
Sepultura

Sepultura Tampil Brutal di Single Baru ‘Last Time’

Hampir 35 tahun setelah merilis album pertama mereka, evolusi band thrash metal fenomenal asal Brasil, Sepultura, terus berjalan sebagaimana dibuktikan dalam s

on Dec 23, 2019
Lana Del Rey

Lana Del Rey Akan Isi Album Baru dengan Puisi Bebas

Lana Del Rey baru saja mengumumkan album barunya melalui postingan di Instagram. Berbeda dengan album-album sebelumnya, album yang akan mendarat pada 4 Januari

on Dec 20, 2019
Ozuna

Ozuna Ceritakan Evolusi Albumnya, Dari Odisea Hingga Nibiru

Ozuna lagi-lagi membuktikan kalau dirinya tidak bisa dipandang sebelah mata. Selama tiga tahun berturut-turut, dia debut di posisi No. 1 Top Latin Albums Billb

on Dec 20, 2019