×
×

Search in Mata Mata Musik

Arty Gugat Marshmello Karena Pelanggaran Hak Cipta

Posted on: 05/8/19 at 11:20 am

Selain Marshmello, Daniel Campbell Smith dari Bastille, Steve Mac dan Kobalt Music juga masuk dalam gugatan.

Oleh Matthew Meadow (Your EDM)

Baca Juga: DJ Asal Australia Adam Sky Tewas di Bali

Banyak lagu yang akhirnya terdengar mirip saat sudah dirilis—dengan banyaknya komposisi yang sudah terlahir, wajar saja kalau tidak banyak kombinasi yang belum tersentuh. Namun, ada beberapa yang dianggap cukup mirip sehingga layak untuk dituntut karena pelanggaran hak cipta. Kali ini, kasusnya melibatkan dua bintang EDM, Arty dan Marshmello. Arty menggugat Marshmello karena diduga mencuri elemen dari remix-nya untuk lagu One Republic, “I Lived,” untuk lagu Marshmello bersama Bastille, “Happier.”

Selain Marshmello, gugatan ini menyebut nama penulis lain di lagu tersebut, Daniel Campbell Smith—cofounder band rock asal Inggris, Bastille—dan Steve Mac sebagai terdakwa.

Arty dan Marshmello memiliki penerbit musik yang sama, Kobalt Music, yang juga menjadi terdakwa dalam gugatan ini.

Sebagaimana dilaporkan Tennessean, “Karena gugatan hak cipta, yang diajukan di pengadilan federal di California, yang hanya berfokus pada elemen lagu yang di-remix, kasus ini pasti akan menarik perhatian di industri musik. Arty diwakili oleh pengacara hak cipta terkenal asal Nashville, Richard Busch, yang telah memenangkan sejumlah kasus penting, terutama gugatan Marvin Gaye terhadap Pharrell Williams dan Robin Thicke di lagu ‘Blurred Lines.’”

Menurut gugatan, Marshmello kemungkinan familiar dengan remix Arty karena mereka berdua sering bertemu. Namun, remix Arty dirilis di 2014. Sementara proyek Marshmello baru diluncurkan di 2015.

Gugatan ini mengklaim, lagu hit Marshmello “Happier,” yang duduk manis di No. 2 daftar Billboard Hot 100, merupakan hasil contekan langsung dari “I Lived – Arty Remix.”

Menurut perkiraan situs Your EDM, begini tampilan nada kedua lagu saat disandingkan. (Arty berwarna hijau, Marshmello berwarna merah.)

Baca Juga: Peggy Gou Umumkan Mix DJ-Kicks dan Single Baru

Nada Arty dan Marshmello
Nada Arty dan Marshmello

Foto: Tampilan kesamaan nada lagu “I Lived – Arty Remix” (hijau) dan “Happier” (merah).

“Segala hal yang harus kami katakan diuraikan secara rinci dalam gugatan, termasuk transkrip musik yang menarik yang membandingkan kedua karya itu,” kata Busch.

Dengarkan kedua lagu mereka di bawah ini. (Kalau kamu kesulitan mendengar kesamaan kedua lagu, percepat remix Arty sebanyak 0,75x.)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Martin Garrix

Martin Garrix Dianugerahi Best Electronic di Ajang MTV EMAs 2019

Tak lama setelah merilis single kolaborasi dengan Dean Lewis “Used to Love,” Martin Garrix memenangkan titel Best Electronic di acara penghargaan paling be

on Nov 5, 2019
Taylor Swift

Taylor Swift Kembali Masuk Pengadilan AS Lantaran Gugatan Hak Cipta

Taylor Swift dan dua penulis lagu lainnya dituding mengambil lirik dari lagu milik ‘girl group’ 3LW untuk lagu hitnya, “Shake It Off.” Baca juga: Ta

on Oct 30, 2019
Marshmello

Marshmello Jadi Musisi dengan Subscriber Terbanyak Ketiga di YouTube

Minggu lalu, saluran YouTube Marshmello berhasil mencatat lebih dari 40 juta subscriber, menjadikannya musisi dengan subscriber terbanyak ketiga dan menggeser

on Oct 28, 2019
Lizzo

Lizzo Lagi-Lagi Kena Tuduhan Plagiarisme, Kali Ini untuk Lagu “Juice...

Setelah dituduh menjiplak lirik “Truth Hurts,” Lizzo kini diklaim melakukan pelanggaran hak cipta atas single milik CeCe Peniston dari 1992, “Finally.”

on Oct 22, 2019