×
×

Search in Mata Mata Musik

Arty Gugat Marshmello Karena Pelanggaran Hak Cipta

Posted on: 05/8/19 at 11:20 am

Selain Marshmello, Daniel Campbell Smith dari Bastille, Steve Mac dan Kobalt Music juga masuk dalam gugatan.

Oleh Matthew Meadow (Your EDM)

Baca Juga: DJ Asal Australia Adam Sky Tewas di Bali

Banyak lagu yang akhirnya terdengar mirip saat sudah dirilis—dengan banyaknya komposisi yang sudah terlahir, wajar saja kalau tidak banyak kombinasi yang belum tersentuh. Namun, ada beberapa yang dianggap cukup mirip sehingga layak untuk dituntut karena pelanggaran hak cipta. Kali ini, kasusnya melibatkan dua bintang EDM, Arty dan Marshmello. Arty menggugat Marshmello karena diduga mencuri elemen dari remix-nya untuk lagu One Republic, “I Lived,” untuk lagu Marshmello bersama Bastille, “Happier.”

Selain Marshmello, gugatan ini menyebut nama penulis lain di lagu tersebut, Daniel Campbell Smith—cofounder band rock asal Inggris, Bastille—dan Steve Mac sebagai terdakwa.

Arty dan Marshmello memiliki penerbit musik yang sama, Kobalt Music, yang juga menjadi terdakwa dalam gugatan ini.

Sebagaimana dilaporkan Tennessean, “Karena gugatan hak cipta, yang diajukan di pengadilan federal di California, yang hanya berfokus pada elemen lagu yang di-remix, kasus ini pasti akan menarik perhatian di industri musik. Arty diwakili oleh pengacara hak cipta terkenal asal Nashville, Richard Busch, yang telah memenangkan sejumlah kasus penting, terutama gugatan Marvin Gaye terhadap Pharrell Williams dan Robin Thicke di lagu ‘Blurred Lines.’”

Menurut gugatan, Marshmello kemungkinan familiar dengan remix Arty karena mereka berdua sering bertemu. Namun, remix Arty dirilis di 2014. Sementara proyek Marshmello baru diluncurkan di 2015.

Gugatan ini mengklaim, lagu hit Marshmello “Happier,” yang duduk manis di No. 2 daftar Billboard Hot 100, merupakan hasil contekan langsung dari “I Lived – Arty Remix.”

Menurut perkiraan situs Your EDM, begini tampilan nada kedua lagu saat disandingkan. (Arty berwarna hijau, Marshmello berwarna merah.)

Baca Juga: Peggy Gou Umumkan Mix DJ-Kicks dan Single Baru

Nada Arty dan Marshmello
Nada Arty dan Marshmello

Foto: Tampilan kesamaan nada lagu “I Lived – Arty Remix” (hijau) dan “Happier” (merah).

“Segala hal yang harus kami katakan diuraikan secara rinci dalam gugatan, termasuk transkrip musik yang menarik yang membandingkan kedua karya itu,” kata Busch.

Dengarkan kedua lagu mereka di bawah ini. (Kalau kamu kesulitan mendengar kesamaan kedua lagu, percepat remix Arty sebanyak 0,75x.)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    roblox

    Roblox Selesaikan Klaim Hak Cipta Senilai Rp 2,8 T Dari Penerbit Musik

    Roblox, aplikasi layanan penyedia game online Roblox, sebuah layanan game online dan developer game yang tercatat secara resmi sebagai Roblox Corporation me

    on Sep 29, 2021
    MMM Playlist Top 20 Lagu Internasional Mei #3

    MMM Playlist Mei 2021 #3: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Mei 2021 minggu ketiga untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun waktu be

    on May 24, 2021
    Juice WRLD

    Album Anumerta Juice WRLD, ‘Legends Never Die’, Telah Dirilis, Str...

    Legends Never Die, album anumerta pertama dari almarhum emo rapper Juice WRLD, telah resmi dirilis. Dengarkan album yang sangat dinanti-nantikan itu di uju

    on Jul 11, 2020
    G-Eazy & Marshmello.

    Rapper G-Eazy Kembali Nyanyi di ‘Stan By Me’, Lagu Yang Diproduser...

    G-Eazy dan Marshmello. (Foto: Iggy Azalea). Rapper G-Eazy telah merilis lagu baru berjudul ‘Stan By Me’ yang diproduksi oleh DJ/produser musik bertopeng

    on Jun 1, 2020