×
×

Search in Mata Mata Musik

Rapper B-Free Minta Maaf Karena Menjelekkan BTS 6 Tahun Lalu

Posted on: 07/22/19 at 12:20 pm

Dalam sebuah wawancara, B-Free mengkritik RM dan Suga BTS karena memilih menjadi idol K-pop dan menjiplak musik Kanye West.

Baca Juga: Konser Mendatang BTS di Arab Saudi Picu Amarah Warganet!

Rapper asal Korea Selatan, B-Free, menyatakan permohonan maafnya kepada bintang K-pop BTS dan penggemar mereka, ARMY atas komentarnya tentang RM dan Suga dalam sebuah acara bincang-bincang di internet.

Permintaan maaf yang dinilai terlambat ini hadir setelah video yang menampilkan komentarnya dari enam tahun lalu beredar di internet, membuat marah para penggemar setia BTS dan menimbulkan reaksi kecaman terhadap sang rapper.

“Untuk BTS dan penggemar mereka, saya sangat menyesal atas semua rasa sakit emosional yang saya sebabkan. Mohon maafkan saya,” tulis rapper berusia 34 tahun itu dalam sebuah postingan Twitter.

Dalam video yang diunggah ke YouTube pada tahun 2013, B-Free hadir bersama RM dan Suga dalam sebuah wawancara dengan KBH Hiphop Radio untuk merayakan ulang tahun pertama BTS.

B-Free terus-terusan menyerang kedua personil BTS tersebut, mengkritik mereka karena meninggalkan karier mereka sebagai rapper dan memilih menjadi idol K-pop. Dia mengatakan “mereka bisa saja terus melanjutkan langkah mereka menjadi rapper tetapi tidak bisa menahan godaan uang.”

Dia mengolok-olok pakaian dan riasan mereka, dan mengatakan mereka terlihat seperti perempuan. Saat mengomentari musik BTS, dia bertanya, “Apakah menjiplak musik Kanye West benar-benar bentuk penghormatan terhadap musisi favoritmu?”

Ketika Suga menyebutkan dia telah melalui masa-masa sulit, B-Free menjawab, “Kita semua adalah orang yang sama yang mengalami hal yang sama, tetapi pada akhirnya itu adalah masalah ketahanan.”

Saat Suga mengatakan dia ingin mengubah situasi itu, B-Free membalas, “Dengan apa? [CEO Big Hit Entertainment] Bang Si-hyuk?”

Para penonton di acara itu menyerang saat B-Free tidak menunjukkan tanda-tanda mundur. Setelah rekaman, Bang mengatakan dia sangat marah dengan kejadian itu.

“Saya rasa sikap dasar hip-hop adalah mengekspresikan apa yang ada di dalam hatimu. Tetapi ada waktu dan tempat yang tepat untuk membicarakan perasaanmu yang sesungguhnya? Acara itu diadakan untuk merayakan ulang tahun pertama … Bukankah lebih bijak jika dia memperhatikan omongannya?”

Bang mendatangi agensi manajemen B-Free untuk mengonfrontasinya atas komentarnya, tetapi tidak dapat bertemu dengannya.

Baca Juga: BTS Sebut ARMY Inspirasi EP Baru Mereka

Setelah acara itu disiarkan ke publik, B-Free menulis dalam postingan di Twitter. “Sangat menyenangkan dapat memengaruhi begitu banyak orang” dan kemudian menyumpahi BTS.

Beberapa tahun kemudian, B-Free menjadi musuh besar publik bagi penggemar BTS. Komentarnya telah diunggah ke YouTube dengan tambahan teks dalam bahasa Inggris bagi penggemar internasional BTS.

Video musik B-Free belakangan ini dibombardir dengan komentar negatif dan dislike. Video “James Bond” miliknya sekarang punya jumlah dislike lebih dari enam kali jumlah like.

Banyak penggemar BTS yang menolak menerima permintaan maaf B-Free. “Mengapa B-Free mencoba meminta maaf sekarang? Dia sudah enam tahun terlambat,” tulis salah seorang ARMY di Twitter.

“Dia punya begitu banyak kesempatan lain untuk meminta maaf tetapi perlu enam tahun untuk melakukannya? Saya sangat membenci situasi ini sampai saya bahkan tidak bisa menonton video itu sedetik pun tanpa marah,” imbuh penggemar lainnya.

B-Free adalah salah satu rapper terkenal di Korea Selatan, tetapi cukup sering terlibat dalam kontroversi. Dia telah secara verbal menyerang sejumlah rapper dan idol lainnya, termasuk Sehun dari EXO, dengan mengatakan “dia terlihat gay.”

Artikel asli ditulis oleh Jung Hae-myoung untuk Korea Times via SCMP dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Rapper B-Free mengatakan RM dan Suga BTS “bisa saja terus melanjutkan langkah mereka menjadi rapper tetapi tidak bisa menahan godaan uang.” (Foto via SCMP)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!-1

10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!

Dalam industri hiburan khususnya K-pop, tidak sedikit label/agensi yang ‘sangat terlibat’ dalam kehidupan artis mereka, bukan hanya dalam urusan pribadi te

on Sep 13, 2019
Plus Global Audition

Big Hit & Source Music Resmi Buka Plus Global Audition!

Audisi ini akan digelar di 16 kota dan terbuka bagi remaja perempuan yang lahir antara tahun 2001 dan 2007 (12 tahun sampai 18 tahun) pada saat pendaftaran.

on Sep 11, 2019
Post Malone Ozzy Osbourne

Post Malone Bahas Kisah di Balik Kolaborasinya dengan Ozzy Osbourne

Post Malone buka-bukaan soal bagaimana kolaborasinya dengan Ozzy Osbourne bisa terwujud dalam wawancara terbaru dengan Zane Lowe untuk Beats 1. Keduanya bek

on Sep 9, 2019
Kanye West

Kanye West Umumkan Jesus Is King Akan Meluncur Akhir September 2019!

Akhirnya Jesus Is King bukan hanya kabar burung. Kanye West baru saja memberikan konfirmasi kalau album barunya tersebut secara resmi meluncur penghujung S

on Sep 7, 2019