×
×

Search in Mata Mata Musik

Box Set Vinyl The Complete Matrix Tapes Siap Meluncur Bulan Depan!

Posted on: 06/28/19 at 3:34 pm

Rekaman ini diambil selama rangkaian konser beberapa malam The Velvet Underground di San Francisco pada akhir tahun 1969.

Baca Juga: Demo “I’m Waiting For The Man” Lou Reed Perdana Disiarkan!

Awalnya dirilis sebagai box set CD, The Complete Matrix Tapes dari The Velvet Underground akan diluncurkan untuk pertama kalinya dalam versi box set vinyl edisi terbatas yang berisi delapan LP dengan total 43 lagu. Koleksi ini akan tersedia di seluruh dunia pada 12 Juli 2019 melalui Polydor/UMe.

The Velvet Underground menggelar tur panjang di tahun 1969, tetapi berlabuh di San Francisco pada bulan November dan awal Desember untuk serangkaian konser selama empat pertemuan terpisah, yang pertama di Family Dog dan sisanya di klub The Matrix yang terkenal milik Marty Balin dari Jefferson Airplane di 1965.

Rangkaian konser band dimulai pada 11 November, dan 4-track recorder klub—yang dioperasikan oleh Peter Abram dari sebuah stan di sisi panggung—merekam sebagian besar penampilan mereka. The Complete Matrix Tapes menangkap bagian terpenting dari dua konser yang digelar pada 26 November, hari Richard Nixon mengesahkan RUU undian wajib militer, dan 27 November, hari Thanksgiving—sebagaimana dirincikan dalam catatan liner dari David Fricke di buklet box set ini.

Pertunjukan ini—yang direkam beberapa bulan setelah perilisan album ketiga eponim Velvet Underground awal tahun itu, dan sebelum masuk ke studio untuk merekam Loaded pada musim semi berikutnya—menampilkan kebangkitan band setelah ditinggal John Cale, bersama personil baru Doug Yule di bass dan keyboard, yang bergabung dengan Lou Reed, Sterling Morrison dan Maureen Tucker.

Beberapa versi pertunjukan ini, yang diambil dari mix papan suara, pertama kali dirilis pada 1974 oleh Mercury Records sebagai bagian dari double LP 1969 The Velvet Underground Live, sementara versi yang direkam penonton diambil dari rekaman kaset yang dibuat oleh mendiang Bob Quine, seorang penggemar berat band dan, pada saat itu, mahasiswa hukum di St. Louis yang kemudian bermain gitar untuk Richard Hell dan Reed. Quine hadir di sejumlah konser mereka di klub tersebut, dan rekamannya akhirnya dirilis pada 2001 sebagai The Quine Tapes.

The Velvet Underground – The Complete Matrix Tapes menampilkan 43 lagu yang sudah di-mix langsung dari rekaman orisinal, termasuk 18 trek yang muncul di Super Deluxe Edition dari album ketiga The Velvet dan sembilan penampilan yang belum pernah dirilis sebelumnya, menandai pertama kalinya semua rekaman yang tersedia ini akan dirilis secara komersial.

Seperti yang bisa didengar, pertunjukannya sangat intim, dan menampilkan versi awal dari lagu-lagu yang belum direkam pada saat itu seperti “Sweet Jane,” “New Age” dan “Rock & Roll.”  Set One berisi versi yang belum dirilis sebelumnya dari “Some Kinda Love” dan “Sweet Jane,” sementara rarities Set Two mencakup penampilan “There She Goes Again,” “After Hours” dan “We’re Gonna Have a Real Good Time Together.”

Baca Juga: Selamat Datang di Hotel Chelsea!

“Sister Ray” yang berdurasi hampir 40 menit menjadi sorotan utama dari Set Three, dan sebelumnya pernah didengar di Super Deluxe Edition dari Velvet Underground. Versi live langka dari lagu “Venus in Furs” (satu di Set One, lainnya di Set Two) dan “The Black Angel’s Death Song” dari Set One (menurut catatan liner Fricke, pertama kalinya Yule memainkan lagu ini) juga wajib dimasukkan di sini.

Menutup catatannya di The Velvet Underground – The Complete Matrix Tapes, Fricke menuliskan, “Di satu sisi, [koleksi ini] hanya dua malam, dalam satu ruangan, dalam kehidupan sebuah band. Ini juga berisi semua hal yang mereka cita-citakan dan capai di atas panggung, setiap malam, di mana saja: agresi yang luar biasa dan kebahagiaan yang ditekadkan; fiksi yang diliputi dengan kebenaran; ikatan abadi yang terbentuk dalam kegelapan yang hampir menyeluruh. Kamu bisa dengan mudah masuk ke dalam musiknya dan tidak pernah ingin pergi – definisi yang sempurna dari pertunjukan rock & roll yang hebat dan sejarah yang terus berlanjut.”

Tampilan box set vinyl terbaru dari The Velvet Underground, The Complete Matrix Tapes.

The Complete Matrix Tapes akan keluar pada 12 Juli 2019. Lihat daftar lagu lengkapnya di bawah ini!

THE VELVET UNDERGROUND: The Complete Matrix Tapes:
LP ONE:
“I’m Waiting For The Man” (Version 1)
“What Goes On” (Version 1)
“Some Kinda Love” (Version 1)
“Heroin” (Version 1)

LP TWO:
“The Black Angel’s Death Song”
“Venus In Furs” (Version 1)
“There She Goes Again” (Version 1)
“We’re Gonna Have A Real Good Time Together” (Version 1)
“Over You” (Version 1)
“Sweet Jane” (Version 1)
“Pale Blue Eyes”
“After Hours” (Version 1)

LP THREE:
“I’m Waiting For The Man” (Version 2)
“Venus In Furs” (Version 2)
“Some Kinda Love” (Version 2)
“Over You” (Version 2)
“I Can’t Stand It” (Version 1)
“There She Goes Again” (Version 2)
“After Hours” (Version 2)

LP FOUR:
“We’re Gonna Have A Real Good Time Together” (Version 2)
“Sweet Bonnie Brown (It’s Just Too Much)”
“Heroin” (Version 2)
“White Light/White Heat” (Version 1)
“I’m Set Free”

LP FIVE:
“We’re Gonna Have A Real Good Time Together” (Version 3)
“Some Kinda Love” (Version 3)
“There She Goes Again” (Version 3)
“Heroin” (Version 3)
“Ocean”

LP SIX:
“Sister Ray” (Part 1)
“Sister Ray” (Part 2)

LP SEVEN:
“I’m Waiting For The Man” (Version 3)
“What Goes On” (Version 2)
“Some Kinda Love” (Version 4)
“We’re Gonna Have A Real Good Time Together” (Version 4)
“Beginning To See The Light”
“Lisa Says”
“New Age”

LP EIGHT:
“Rock & Roll”
“I Can’t Stand It Anymore” (Version 2)
“Heroin” (Version 4)
“White Light/White Heat” (Version 2)
“Sweet Jane” (Version 2)

Keterangan Foto Utama: Velvet Underground akan daratkan box set vinyy The Complete Matrix Tapes. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Interpol Umumkan Reissue Vinyl Album Keduanya, Antics

Interpol Umumkan Reissue Vinyl Album Keduanya, Antics

Album kedua klasik Interpol, Antics, merayakan ulang tahunnya yang ke-15 bulan depan. Band asal New York ini akan menandai peristiwa penting itu dengan perilis

on Aug 25, 2019
Massive Attack

Massive Attack Rilis Vinyl Mezzanine Versi Dub September 2019!

Versi digital yang di-remaster dari album Mezzanine juga tersedia Jumat depan, 23 Agustus 2019 dalam format 2CD dan digital. Baca Juga: Four Tet dan ‘3D’

on Aug 20, 2019
record store

7 Records Store Wajib Dikunjungi Di Singapura!

Jangan cuma datang ke Singapura untuk menikmati konsernya. Mengunjungi record store di Singapura bisa jadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan. Baca Juga:

on Aug 14, 2019
vinyl

Suka Berburu Vinyl? Ini Perbedaan Antara Mono & Stereo!

Saat sedang melihat-lihat rilisan vinyl album rock populer 60-an, kemungkinan besar kalian akan menemukan perbedaan harga yang signifikan antara versi mono da

on Aug 13, 2019