×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS World Akhirnya Diluncurkan!

Posted on: 06/26/19 at 5:30 pm

Permainan ini menawarkan ribuan foto dan video BTS yang belum pernah dirilis sebelumnya, dan memungkinkan pengguna mengobrol dengan personil BTS – berdasarkan skrip buatan.

BTS telah menghadirkan serangkaian pengalaman pertama yang menakjubkan sepanjang karier mereka dalam enam tahun terakhir. Sekarang, grup dengan tujuh anggota ini membintangi mobile game mereka sendiri, mengawinkan dua ekspor terpenting Korea Selatan.

Netmarble Corp, penerbit aplikasi mobile terbesar di Korea Selatan, meluncurkan BTS World, upaya terbaru untuk menggabungkan industri teknologi dan hiburan dari negara itu guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

BTS World berisi video dan foto BTS yang belum pernah dirilis sebelumnya. Permainan ini membawa pemain ke masa pra-debut band untuk merekrut dan melatih para penyanyi. Pengguna bisa menggunakan fitur berbayar untuk mempercepat proses peluncuran BTS ke panggung dunia.

Diciptakan oleh pengembang game lokal Takeone Company Corp dan diterbitkan oleh Netmarble, game ini juga menampilkan obrolan dalam bentuk video dan teks dengan personil BTS berdasarkan skrip yang ditulis sebelumnya.

Penggemar juga bisa mengetahui apa yang akan terjadi jika personil BTS gagal meraih kesuksesan dan kembali ke mimpi mereka lainnya, seperti menjadi petani stroberi atau jawara taekwondo. Game ini dilengkapi dengan 10.000 gambar baru dan 100 klip video BTS.

“Realitas alternatif tersebut didasarkan pada beberapa wawancara personil, dan mereka mengatakan, ‘Kalau saya bukan personil BTS, visi saya adalah ini,’” kata presiden Netmarble Simon Sim kepada Reuters Television.

Permainan ini memungkinkan penggemar untuk terlibat dalam panggilan video dan teks dengan personil BTS, termasuk menghibur mereka jika mereka merasa sedih.

Ini adalah mobile game besar pertama yang secara eksklusif fokus pada grup K-pop, bukti pengaruh dua ekspor yang paling menjanjikan dari Korea—permainan dan K-pop—di saat mobil-mobil Hyundai kesulitan mendapatkan kembali momentum dan semi-konduktor buatan Samsung mengalami penurunan di industri.

Vey-Sern Ling, analis Bloomberg Intelligence, mengatakan mungkin relatif mudah menghasilkan uang dari pemain karena mereka sudah menjadi penggemar yang menunjukkan kemauan yang kuat untuk membayar konten BTS.

Tangkapan layar dari BTS World. Sekuel permainan ini kabarnya sedang dipersiapkan.

Tetapi, umur permainan ini bisa jadi terbatas. “Setelah konten diselesaikan, hanya ada sedikit alasan untuk terus bermain, sama seperti kamu berhenti menonton film yang sama setelah menontonnya berulang kali,” jelas Ling.

BTS sudah menghimpun jutaan penggemar di seluruh dunia sebagian besar berkat media sosial. Seri Love Yourself mereka—yang mengajak orang untuk lebih peduli pada diri mereka sendiri dan mendorong mereka untuk berbicara tentang masalah sosial—secara khusus dirasa mengena di kalangan penggemar muda mereka.

“Mengelola BTS sendiri membuat saya merasa lebih dekat dengan para personil,” kata Paik Ji-min, seorang penggemar asal Korea Selatan berusia 29 tahun yang terbang ke London untuk menghadiri konser BTS dan mengatakan dirinya akan bersedia membayar sekitar $45 di game ini. “Memikirkan itu saja membuat saya tersenyum lebar.”

Tangkapan layar dari BTS World. Kesempatan menjadi manajer BTS adalah daya tarik utama permainan ini.

Netmarble sudah merencanakan sekuel BTS World, berusaha memaksimalkan keuntungan dari band Korea Selatan yang paling sukses sepanjang masa, selain penyanyi Psy. BTS memiliki 20 juta pengikut di Twitter dan pernah tampil di layar kaca Amerika Serikat di acara Saturday Night Live dan talk show milik Ellen DeGeneres. Tahun ini, mereka menjual sebanyak 90.000 tiket di Wembley Stadium, London hanya dalam waktu 90 menit.

Pendiri perusahaan, Bang Jun-hyuk, bekerja sama dengan saudaranya, Bang Si-hyuk dari Big Hit Entertainment, agensi yang menaungi BTS, untuk mengembangkan permainan ini. Jun-hyuk yakin kolaborasi ini akan kembali menggiatkan pertumbuhan di Netmarble, yang diperdagangkan sekitar 20 persen lebih rendah daripada saat mulai terdaftar di pasar saham di 2017.

Bang Si-hyuk, yang juga dikenal dengan sebutan Hitman, mengatakan pada Bloomberg di 2017 bahwa perusahaannya sedang melakukan diversifikasi ke konten yang dilindungi oleh kekayaan intelektual yang mungkin dapat melipatgandakan pendapatannya. Big Hit sekarang memiliki jumlah kekayaan sekitar $2 miliar, menurut Hyundai Research Institute. Perusahaan ini memanfaatkan popularitas BTS untuk berkolaborasi dengan Line Corp untuk merchandise karakter dan dengan Mattel untuk boneka.

Industri K-pop kini bernilai sekitar $5 miliar, menurut Korea Creative Content Agency yang berafiliasi dengan pemerintah.

Netmarble, yang juga telah menerbitkan Lineage 2 Revolution dan Marvel Future Fight, meraih peringkat kelima di daftar penerbit aplikasi di Google Play dan App Store tahun lalu dalam hal pendapatan, menurut perusahaan analisis App Annie. Didirikan pada tahun 2000, perusahaan yang berbasis di Seoul ini telah menarik dukungan dari raksasa China, Tencent Holdings dan konglomerat asal Korea Selatan, CJ Group.

Keterangan Foto Utama: Tangkapan layar dari BTS World, yang diluncurkan Selasa kemarin (25/6). Permainan ini memungkinkan pengguna mengobrol dengan personil BTS dan menjadi manajer mereka. (Foto via SCMP)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Unggah Foto Bareng BTS, Halsey Bikin Iri Fans

Baru-baru ini, penyanyi Halsey memamerkan fotonya bareng Suga BTS usai merilis lagu kolaborasi bertajuk 'SUGA's Interlude', pada Kamis (5/12). Keduanya mema

on Dec 8, 2019
Kang Daniel

Depresi, Pertunjukan Kang Daniel Dibatalkan

Bintang K-Pop Kang Daniel telah membatalkan semua penampilannya untuk beberapa waktu ke depan. Pasalnya, kini ia tengah berjuang melawan depresi dan serangan p

on Dec 5, 2019
MAMA 2019

MAMA 2019: BTS Sabet 9 Piala, Termasuk 4 ‘Daesang’

BTS benar-benar mendominasi MAMA 2019 (Mnet Asian Music Awards), dengan memenangkan keempat daesang (penghargaan utama) dan lima piala lainnya. Di acara

on Dec 4, 2019
BLACKPINK

Jisoo & Lisa BLACKPINK Penuhi Janji dengan Setelan Lucu di Bandara

Jisoo dan Lisa BLACKPINK punya kejutan spesial buat para BLINK saat mereka menepati janji yang dibuat sebelumnya. Baca juga: Comeback BLACKPINK Ditunda,

on Dec 4, 2019