×
×

Search in Mata Mata Musik

BTS World Sukses Ungguli Game Harry Potter!

Posted on: 07/6/19 at 11:45 am

Superstar K-Pop BTS sepertinya tidak pernah memperlambat laju mereka.

Dua bulan setelah perilisan album terbaru mereka yang memecah rekor, Map of the Soul: Persona, grup asal Korea Selatan ini kembali menggemparkan dengan musik baru dan mobile game mereka sendiri, BTS World.

Dirilis pada akhir Juni di Google Play dan iOS, aplikasi mobile game ini melesat ke peringkat No. 1 untuk unduhan iPhone di Amerika Serika yang berhasil melampaui angka unduhan aplikasi Harry Potter terbaru, menurut Variety.

Pada hari Sabtu (29/6), album penyertanya, yang juga bernama BTS World, dirilis di seluruh dunia. Album ini mencakup lagu tema ketujuh anggota dari permainan ini bersama dengan lagu utama, “Heartbeat.” Penggemar juga akan menemukan tiga lagu yang sebelumnya dirilis pada bulan Juni, “Dream Glow,” “A Brand New Day,” dan “All Night.”

Tampilan BTS World.

Game ini dimulai pada 2012, ketika septet ini baru dibentuk. Pemain ditugaskan untuk menuntun para personil BTS dalam perjalanan mereka menjadi supergroup global seperti sekarang ini.

Permainan ini memiliki bab dan level serta interaksi dengan personil melalui pesan teks yang diprogram. Tujuan utamanya adalah memastikan para personil menggapai impian mereka menjadi BTS, dan tidak berujung memiliki karier alternatif. Penggemar juga akan bisa menikmati 10.000 foto baru dan 100 klip video eksklusif game ini, menurut perusahaan mobile game Netmarble.

Tugas dalam permainan ini termasuk meyakinkan para personil bahwa nama mereka, Bangtan Sonyeondan, bahasa Korea untuk Bulletproof Boy Scouts adalah nama yang tepat, membantu memproduksi lagu dan menghubungkan mereka dengan fesyen terbaik.

Sementara itu, album soundtrack untuk permainan ini mencakup empat lagu, bersama dengan tujuh lagu tema untuk masing-masing anggota (RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook). Single pertama berjudul “Dream Glow” adalah lagu pop musim panas yang segar dari Jin, Jimin dan Jungkook bersama penyanyi asal Inggris, Charli XCX.

“A Brand New Day,” lagu dari J-Hope dan V yang menampilkan penyanyi pop asal Swedia Zara Larsson, adalah lagu hip-hop elektronik yang menggabungkan bunyi daegeum, instrumen tradisional Korea.

RM dan Suga berkolaborasi dengan rapper emo, Juice Wrld di “All Night”, lagu nyanyi/rap bergaya tahun 90an. Lagu keempat, “Heartbeat,” adalah sebuah balada emosional dengan tempo yang lebih lambat, yang dinyanyikan oleh ketujuh personil yang menekankan vokal gabungan grup.

Semua lagunya menyimpan pesan tentang mencapai impianmu. Pesan ini sangat cocok karena tujuan dari permainan BTS World adalah membantu personil BTS mencapai impian mereka menjadi artis.

Aplikasi permainan sudah menjadi hal biasa. Tapi aplikasi permainan dari boyband bukan hal yang biasa. Memiliki soundtrack asli untuk dimainkan bersama dengan game-nya merupakan hal yang sangat istimewa.

Map of the Soul: Persona.

Tapi ini bukan pencapaian luar biasa pertama dari BTS.

Selain memiliki jumlah pengikut yang besar di media sosial dan fandom yang sangat setia, yang disebut ARMY, BTS mengantongi tiga album No.1 di tangga lagu Billboard 200 dalam waktu kurang dari 12 bulan. Meroket ke puncak tangga lagu seperti itu merupakan momen penting terutama bagi grup yang tidak bernyanyi dalam bahasa Inggris, dan BTS tidak pernah menyimpang dari akar mereka.

Album Map of the Soul: Persona mereka adalah album terlaris sepanjang masa di Korea Selatan, menurut Guinness World Records. Billboard Boxscore terbaru menempatkan BTS di puncak daftar tur dengan penghasilan tertinggi pada Mei 2019. Grup ini memperoleh $51,7 juta dari hanya delapan konser.

Merilis mobile game dan album pemecah rekor bukanlah hal baru bagi BTS.

Artikel ini ditulis oleh Associated Press untuk South China Morning Post dan disadur serta disesuaikan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Mobile game dan album BTS World membawa BTS selangkah lebih maju dalam mendominasi dunia. (Foto via SCMP)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Greenwich Entertainment

    Greenwich Entertainment Akuisisi Film Dokumenter Charli XCX

    Greenwich Entertainment dilaporkan telah memperoleh hak edar di wilayah Amerika Utara atas Charli XCX: Alone Together. Sebuah film dokumenter tentang popst

    on Sep 24, 2021
    Charli XCX

    Charli XCX Ungkap Asal-Usul Album Baru Yang Digarap Selama Masa Karant...

    Charli XCX. (Foto: Redferns). Ketika Charli XCX merilis album barunya How I’m Feeling Now pada 15 Mei lalu, judul album tersebut merupakan ungkapan apa ad

    on May 22, 2020
    Charli XCX

    Charli XCX Berpesta di Rumah Dalam Video ‘Claws’ Yang Bernuansa Tr...

    Charli XCX. (Foto: Timothy Luke). Charli XCX akan merilis album masa karantinanya, How Im Feeling Now, pada tanggal 15 Mei mendatang, jadi dapat dibayangkan

    on May 3, 2020
    Charli XCX dan Dylan Brady

    Kolaborasi Charli XCX dan Dylan Brady (100 Gecs) Rilis ‘Claws’, La...

    Kolaborasi Charli XCX dan Dylan Brady (100 Gecs). (Foto. Mtv.com). Popstar alternative Charli XCX telah merilis lagu baru berjudul ‘Claws’, dari album m

    on Apr 25, 2020