×
×

Search in Mata Mata Musik

Estetika Panggung The 1975 Terinspirasi dari Nine Inch Nails

Posted on: 06/9/19 at 3:00 pm

“Saat saya menonton Nine Inch Nails waktu saya masih 18 tahun, ya ampun – penampilan kami harus punya nuansa seperti itu,” ucap Matt Healy.

Matty Healy berbicara tentang penampilan utama The 1975 yang akan datang di Reading & Leeds, sekaligus mengungkapkan pengalamannya menonton Nine Inch Nails di festival itu sewaktu remaja, yang menginspirasi penampilan live The 1975.

Grup pemenang penghargaan BRIT ini—yang baru saja selesai menggelar tur arena luar biasa di Britania Raya pada awal tahun ini—akan kembali manggung pada musim panas ini sebagai penampil utama di R&L.

Setelah sebelumnya menjanjikan set “apik” yang akan mendorong pertunjukan mereka dengan “produksi baru,” Healy menjelaskan mereka akan memboyong konser arena penuh mereka di 2019 ke festival di bulan Agustus ini.

“Untuk Reading & Leeds, kami hanya akan melakukan semuanya,” kata Healy kepada NME di belakang panggung Big Weekend BBC Radio 1. “Ketika saya sadar saya akan tampil di Reading & Leeds, saya pikir, ‘Itu seperti impian utama saya.’ Saya berpikir itu harus menjadi yang terdepan dan itu harus menjadi pertunjukan yang saya tahu. Itu tidak bisa menjadi hal acak-acakan baru—itu harus luar biasa.

“Seperti saat saya menonton Nine Inch Nails waktu saya masih 18 tahun, ya ampun – penampilan kami harus punya nuansa seperti itu. Itu akan menjadi pertunjukan arena penuh.”

Saat menjelaskan bagaimana set NIN di 2007 menginspirasi estetika panggung The 1975, Healy mengatakan, “Set itu menginspirasi pertunjukan live kami. Hanya ada siluet dengan latar belakang video, dan sampai hari ini saya masih melakukan itu. Itu adalah hal yang besar.”

Dalam penampilan The 1975 di tenda NME/Radio 1 di R&L pada 2016, Healy berjanji akan menjadi penampil utama kalau mereka berkesempatan tampil lagi.

“Itu seperti Natal bagi saya. Seperti di 2003-2010, saya datang setiap tahunnya—kadang dengan tenda, kadang tanpa tenda, kadang dengan uang, kadang tanpa uang. Itu adalah perjalanan budaya bagi saya – sungguh menakjubkan. Terutama karena acara itu digelar di utara juga.

Dia melanjutkan, “Tapi ya, saya menjadi begitu bersemangat dengan acara itu. Karena seperti Nirvana tampil di sana, dan pengalaman paling transformatif yang saya miliki sebagai pemuda, secara budaya, ada di lapangan itu.”

Menyusul kesuksesan album ketiga mereka, A Brief Enquiry Into Online Relationships, The 1975 akan merilis Notes On A Conditional Form pada musim panas ini.

Keterangan Foto Utama: Matthew Healy The 1975. (Foto: Jenn Five)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Matt Hefy

    Matt Heafy Gandeng Nergal Dan Ihsahn Di Proyek Album Black Metal

    Matt Heafy tampil live bersama Trivium (Foto: Getty Images). Setelah merilis 9 album studio dan sedang berkutat juga dalam penggarapan album ke-10 yang berj

    on Sep 2, 2021
    Halsey

    Halsey Rilis Album Baru Pop + Alt-Rock Libatkan Dave Grohl Selain NIN

    Foto: Lucas Garrido. Halsey baru saja merilis album keempatnya, If I Can't Have Love, I Want Power melalui Capitol Records. Tepatnya pada hari Jum'at, 27 Ag

    on Aug 28, 2021
    Nine Inch Nails

    Nine Inch Nails Didapuk Sebagai Produser Album Mendatang Halsey

    Halsey / Nine Inch Nails (Foto: via Shutterstock). Nine Inch Nails (NIN) diakui sebagai legenda industrial rock dunia dengan mahakarya berbasis elektronik.

    on Jun 30, 2021
    Nine Inch Nails

    St. Vincent Cover Lagu Nine Inch Nails 'Piggy' Bareng Dave Grohl Ngisi...

    St. Vincent (David Brendan Hall), Nine Inch Nails (Lior Philips), Dave Grohl (Wiki). Tinggal hitungan hari, nama Nine Inch Nails (NIN) akan secara resmi dia

    on Nov 6, 2020