×
×

Search in Mata Mata Musik

Kapal Udara Persembahkan “Kerja Rodi” Untuk Kaum Pekerja

Posted on: 07/15/19 at 8:37 am

Datang dari Makassar, Muhammad Ayat, Saleh Hariwibowo, Mardhan Maing dan Muh. Bobby Pramudi membawa bendera Kapal Udara untuk makin meramaikan panggung musik lokal dengan rilisnya “Kerja Rodi.”

Dirilis pada awal bulan ini melalui Youtube, Kapal Udara sengaja memilih hari Senin untuk perilisannya tersebut. “’Kerja Rodi’ sengaja dirilis di awal bulan, dan pada hari Senin untuk menemani para pekerja memulai rutinitas mereka,” tulis mereka di siaran pers tentang single ini.

Bagi mereka, topik utama mereka untuk single ini bukanlah sekedar pelajaran sejarah tentang pemerintahan kolonial dan masyarakat jelata. Kerja rodi atau kerja paksa adalah peristiwa perbudakan yang masih ada hingga saat ini.

“Kita juga sering menjadi kolonial bagi diri sendiri, menuruti hasrat yang berlebih; ingin mencapai status sosial tertentu, ingin menguasai semua hal, ataupun ingin menjadi sesuatu yang orang lain inginkan.”

Single tersebut dirilis secara mandiri, untuk menyambut hadirnya mini album kedua, Mesin Manusia tahun ini. Kalau dibandingkan dengan materi Kapal Udara yang sebelumnya, “Kerja Rodi” dikemas secara satire.

Kapal Udara Persembahkan “Kerja Rodi” Untuk Kaum Pekerja
Kapal Udara hadirkan “Kerja Rodi” untuk sambut EP kedua mereka tahun ini.

“’Kerja Rodi’ punya keunikan tersendiri. Aransemennya terdengar jenaka, dan liriknya sedikit satir sentuhan satire. Single ini adalah sebuah ekspresi ‘menertawakan diri sendiri.’”

Sama seperti mini album Seru dari Hulu di tahun 2017, mini album mereka yang akan datang ini juga berisikan lima lagu bernuansa folk, pop dan rock. Selain itu, Kapal Udara juga masih menyinggung tentang masyarakat dan kebudayaannya untuk muatan makna lirik-liriknya.

Keterangan Foto Utama: Kapal Udara hadirkan single terbarunya, “Kerja Rodi” (Foto: Aiwajdi/dok. Kapal Udara)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Rahmania Astrini

    Rahmania Astrini Curcol Kisah Cintanya Di Single 'When You, Were Mine'

    Foto: dok. WMI. Rahmania Astrini yang akrab disapa Astri adalah penyanyi R&B dan penulis muda berbakat. Gadis kelahiran 4 Juli 2001ini tercatat sudah me

    on Oct 11, 2021
    bbno$

    bbno$ Gamit Rebecca Black Via MV 'yoga' Dari Album "eat ya veggies"

    bbno$ (dibaca: baby no money), rapper yang sedang naik daun kembali merilis single terbaru. Berjudul 'yoga' beserta MV (Music Video)-nya, single ini menamp

    on Oct 7, 2021
    Ghost

    Ghost Rilis Lagu 'Hunter's Moon' Sebagai Soundtrack Film "Hallowen Kil...

    Papa Emeritus IV Ghost, band heavy metal asal Swedia yang pernah meraih penghargaan Grammy Awards 2016 untuk nominasi Best Metal Performance setelah dua tah

    on Oct 1, 2021
    Limp BIzkit

    Limp Bizkit Merilis Lagu 'Dad Vibes' Setelah Debut Live Di Lollapalooz...

    Sampul lagu terbaru Limp Bizkit. Panggung perdana Limp Bizkit setelah sekian lama tertunda akibat pandemi akhirnya dipecahkan di gelaran festival Lollapaloo

    on Oct 1, 2021