×
×

Search in Mata Mata Musik

Kapal Udara Persembahkan “Kerja Rodi” Untuk Kaum Pekerja

Posted on: 07/15/19 at 8:37 am

Datang dari Makassar, Muhammad Ayat, Saleh Hariwibowo, Mardhan Maing dan Muh. Bobby Pramudi membawa bendera Kapal Udara untuk makin meramaikan panggung musik lokal dengan rilisnya “Kerja Rodi.”

Dirilis pada awal bulan ini melalui Youtube, Kapal Udara sengaja memilih hari Senin untuk perilisannya tersebut. “’Kerja Rodi’ sengaja dirilis di awal bulan, dan pada hari Senin untuk menemani para pekerja memulai rutinitas mereka,” tulis mereka di siaran pers tentang single ini.

Bagi mereka, topik utama mereka untuk single ini bukanlah sekedar pelajaran sejarah tentang pemerintahan kolonial dan masyarakat jelata. Kerja rodi atau kerja paksa adalah peristiwa perbudakan yang masih ada hingga saat ini.

“Kita juga sering menjadi kolonial bagi diri sendiri, menuruti hasrat yang berlebih; ingin mencapai status sosial tertentu, ingin menguasai semua hal, ataupun ingin menjadi sesuatu yang orang lain inginkan.”

Single tersebut dirilis secara mandiri, untuk menyambut hadirnya mini album kedua, Mesin Manusia tahun ini. Kalau dibandingkan dengan materi Kapal Udara yang sebelumnya, “Kerja Rodi” dikemas secara satire.

Kapal Udara Persembahkan “Kerja Rodi” Untuk Kaum Pekerja
Kapal Udara hadirkan “Kerja Rodi” untuk sambut EP kedua mereka tahun ini.

“’Kerja Rodi’ punya keunikan tersendiri. Aransemennya terdengar jenaka, dan liriknya sedikit satir sentuhan satire. Single ini adalah sebuah ekspresi ‘menertawakan diri sendiri.’”

Sama seperti mini album Seru dari Hulu di tahun 2017, mini album mereka yang akan datang ini juga berisikan lima lagu bernuansa folk, pop dan rock. Selain itu, Kapal Udara juga masih menyinggung tentang masyarakat dan kebudayaannya untuk muatan makna lirik-liriknya.

Keterangan Foto Utama: Kapal Udara hadirkan single terbarunya, “Kerja Rodi” (Foto: Aiwajdi/dok. Kapal Udara)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

John Mayer

‘CVS Bag’, Guyonan Natal Ala John Mayer

John Mayer baru saja merilis lagu Natal yang sangat tidak biasa. Di saat kebanyakan lagu Natal berisi tentang suasana Natal atau mungkin urusan percintaan, Joh

on Dec 24, 2019
Kehlani

Kehlani Kolaborasi dengan Keyshia Cole di 'All Me'

Hari Minggu kemarin (22/12), Kehlani akhirnya memenuhi permintaan fans-nya dengan meluncurkan kolaborasi baru bersama Keyshia Cole, "All Me". Di single ini,

on Dec 24, 2019
Tyler, the Creator

Tyler, the Creator Hadirkan ‘Best Interest’ dan ‘Group B’

Tyler, the Creator memberikan kejutan akhir tahun untuk para fans dengan dua single barunya, ‘Best Interest’ dan ‘Group B.’ Lagu pertama hadir dengan v

on Dec 24, 2019
Sepultura

Sepultura Tampil Brutal di Single Baru ‘Last Time’

Hampir 35 tahun setelah merilis album pertama mereka, evolusi band thrash metal fenomenal asal Brasil, Sepultura, terus berjalan sebagaimana dibuktikan dalam s

on Dec 23, 2019