×
×

Search in Mata Mata Musik

Protes Pedas Dari Pussy Riot di Single Terbaru, “Black Snow”

Posted on: 07/11/19 at 6:29 pm

Lagu baru ini khususnya ditujukan pada perusahaan pertambangan Nornickel dan kerusakan yang disebabkannya di Norilsk, Rusia.

Karena pertandingan tidak diadakan di Rusia kali ini, Pussy Riot absen dari Piala Dunia musim panas ini. Meskipun para aktivis punk ini tidak lagi turun ke lapangan, mereka kembali dengan lagu baru yang penuh dengan protes pedas, berjudul “Black Snow.”

Lewat single terbarunya tersebut, Pussy Riot mengkritik keras perusahaan pencemar lingkungan. Dengan irama musik industrial dan trap yang menyisipkan versi yang seram dari “London Bridge is Falling Down,” Nadya Tolokonnikova dan Mara 37 berteriak tentang salju hitam dan hujan merah yang menimpa beberapa bagian di Rusia.

Red water flows in Russian Russian rivers/ Dust sticks to my eyelids, I’m hanging on a thread,” nyanyi mereka.

Meskipun tidak disebutkan langsung dalam “Black Snow,” sebuah surat terbuka yang menyertai lagu menyatakan bahwa lagu ini ditujukan pada perusahaan pertambangan asal Rusia, Nornickel. Sebagai produsen utama nikel, paladium, platinum, dan tembaga, Nornickel terutama melakukan penggalian di kota industri Norilsk—yang kebetulan merupakan rumah masa kecil Tolokonnikova.

“Pohon-pohon di sekitar Norislk sudah mati,” tulis Tolokonnikova dalam surat yang dialamatkan untuk “Putin dan kroni-kroninya.” “Cabang-cabang hitamnya menembus langit – seperti di film-film pasca-apokaliptik. Daunnya mengalami nekrosis akibat hujan asam.”

Tonton video musik “Black Snow” di bawah ini, dan kunjungi situs web Pussy Riot untuk baca surat terbuka mereka selengkapnya, yang mendetailkan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh Nornickel dan diperbolehkan oleh pemerintah Rusia.

“Black Snow” menyusul “КОШМАРЫ/NIGHTMARES” dan “PONG!” yang dirilis musim panas lalu. Pussy Riot akan tampil di Ottawa Blues Fest akhir pekan ini, serta All Together Now Festival di Irlandia bulan depan.

Keterangan Foto Utama: Pussy Riot di video “Black Snow.” (Foto via CoS)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ramones

    Ramones 'I Wanna Be Sedated' Digubah Tenacious D Buat Kampanye Vaksin

    Jack Black / Kyle Gass / Amy Lee, via YouTube Ramones lagu-lagunya memang asyik buat di-cover. Contohnya Kyle Gass dari Tenacious D yang telah menggubah sal

    on Jun 5, 2021
    Sum 41

    Sum 41 Dedikasikan Single Buat Istri Sang Vokalis Yang Nyaris Bunuh Di...

    Sum 41 (Foto: Ashley Osborn). Sum 41 merilis versi terbaru dari single 'Catching Fire' mereka, kali ini fitur rapper nothing,nowhere. Deryck Whibley, vokali

    on May 31, 2021
    Konser Punk

    Konser Punk Di AS Jual Tiket $18 Buat Tervaksinasi, $1000 Yang Belum

    Crowd di sebuah Punk Rock Show (Foto: Melinda Oswandel). Konser punk yang satu ini termasuk hal yang baru. Seorang promotor konser di Florida, Amerika Serik

    on May 30, 2021
    Punks Reformasi

    Punks Reformasi Rilis Lagu 'Bali Bersama JRX' Jelang Bebasnya JRX

    Punks Reformasi (Foto: Instagram/punksreformasi). Apa yang dialami I Gede Ary Astina alias Jerinx atau JRX, penggebuk dram legenda punk rock Indonesia Super

    on May 23, 2021