×
×

Search in Mata Mata Musik

Protes Pedas Dari Pussy Riot di Single Terbaru, “Black Snow”

Lagu baru ini khususnya ditujukan pada perusahaan pertambangan Nornickel dan kerusakan yang disebabkannya di Norilsk, Rusia.

Karena pertandingan tidak diadakan di Rusia kali ini, Pussy Riot absen dari Piala Dunia musim panas ini. Meskipun para aktivis punk ini tidak lagi turun ke lapangan, mereka kembali dengan lagu baru yang penuh dengan protes pedas, berjudul “Black Snow.”

Lewat single terbarunya tersebut, Pussy Riot mengkritik keras perusahaan pencemar lingkungan. Dengan irama musik industrial dan trap yang menyisipkan versi yang seram dari “London Bridge is Falling Down,” Nadya Tolokonnikova dan Mara 37 berteriak tentang salju hitam dan hujan merah yang menimpa beberapa bagian di Rusia.

Red water flows in Russian Russian rivers/ Dust sticks to my eyelids, I’m hanging on a thread,” nyanyi mereka.

Meskipun tidak disebutkan langsung dalam “Black Snow,” sebuah surat terbuka yang menyertai lagu menyatakan bahwa lagu ini ditujukan pada perusahaan pertambangan asal Rusia, Nornickel. Sebagai produsen utama nikel, paladium, platinum, dan tembaga, Nornickel terutama melakukan penggalian di kota industri Norilsk—yang kebetulan merupakan rumah masa kecil Tolokonnikova.

“Pohon-pohon di sekitar Norislk sudah mati,” tulis Tolokonnikova dalam surat yang dialamatkan untuk “Putin dan kroni-kroninya.” “Cabang-cabang hitamnya menembus langit – seperti di film-film pasca-apokaliptik. Daunnya mengalami nekrosis akibat hujan asam.”

Tonton video musik “Black Snow” di bawah ini, dan kunjungi situs web Pussy Riot untuk baca surat terbuka mereka selengkapnya, yang mendetailkan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh Nornickel dan diperbolehkan oleh pemerintah Rusia.

“Black Snow” menyusul “КОШМАРЫ/NIGHTMARES” dan “PONG!” yang dirilis musim panas lalu. Pussy Riot akan tampil di Ottawa Blues Fest akhir pekan ini, serta All Together Now Festival di Irlandia bulan depan.

Keterangan Foto Utama: Pussy Riot di video “Black Snow.” (Foto via CoS)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

William DuVall Umumkan Album Solo Perdana, One Alone

William DuVall Umumkan Album Solo Perdana, One Alone

Album solo perdana salah satu anggota Alice In Chains ini bertajuk One Alone akan keluar awal Oktober 2019. Rilisan solo perdana William DuVall yang rencan

on Jul 23, 2019
Kamga dan Chevrina

Kamga dan Chevrina Bentuk Duo, Rilis Single Perkenalan

Terus produktif berkarya bersama Dekat, Kamga dan Chevrina bentuk proyek baru bernama Hondo. Baca Juga: Dekat Rilis Video Musik “Comedy” Bagi yang masi

on Jul 22, 2019
Ceremony Kembali dengan Lagu Barunya, “In the Spirit World Now”

Ceremony Kembali dengan Lagu Barunya, “In the Spirit World Now”

Album keenam mereka akan mendarat bulan depan Bulan depan album keenam dari Ceremony, In the Spirit World Now akan resmi dirilis. Ini akan menjadi album pe

on Jul 19, 2019
Julien Baker Rilis Versi Digital “Red Door” dan “Conversation Piece”

Julien Baker Rilis Versi Digital “Red Door” dan “Conversation Pi...

Kedua lagu ini sebelumnya dirilis dalam format vinyl 7” untuk Record Store Day. Dua tahun setelah melepas album keduanya, Turn on the Light, yang juga mer

on Jul 19, 2019