×
×

Search in Mata Mata Musik

Sidang Hak Cipta Ed Sheeran Mungkin Ditunda Hingga 2020

Posted on: 07/8/19 at 4:29 pm

Kasus terkait kemiripan lagu Marvin Gaye “Let’s Get It On” dan “Thinking Out Loud” dari Ed Sheeran ditunda sampai hasil kasus Led Zeppelin diputuskan.

Pada tahun 2016, keluarga Ed Townsend, salah satu penulis lagu legendaris Marvin Gaye “Let’s Get It On,” mengajukan gugatan yang menuduh Ed Sheeran telah menjiplak unsur-unsur “Let’s Get It On” untuk lagu hitnya dari tahun 2014, “Thinking Out Loud.”

Hari Selasa (2/7) lalu, Hakim Distrik Manhattan, Louis Stanton mengosongkan tanggal persidangan di bulan September untuk menunggu hasil kasus hak cipta serupa yang melibatkan lagu Led Zeppelin “Stairway to Heaven,” menurut lansiran BBC dan Rolling Stone (via Law360).

“Berlibur saja musim panas ini,” canda Hakim Stanton tentang penundaan sidang tersebut. Dia menambahkan, jika kasus Zeppelin berujung dibawa ke Mahkamah Agung, sidang ini mungkin ditunda hingga 2020. Masih belum ada komentar lebih lanjut dari perwakilan semua pihak.

Gugatan terhadap Sheeran mengklaim bahwa penyanyi “Shape of You” tersebut telah menjiplak “melodi, ritme, harmoni, drum, bass line, chorus pendukung, tempo, sinkopasi dan perulangan (looping)” dari lagu hit Gaye.

Kasus Led Zeppelin yang sedang berlangsung melibatkan kemiripan antara “Stairway to Heaven” dan komposisi instrumental dari tahun 1968 berjudul “Taurus” dari band Spirit.

Artikel asli ditulis oleh Sam Sodomsky untuk Pitchfork dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Ed Sheeran dituduh menjiplak lagu Marvin Gaye, “Let’s Get It On.” (Foto: SOPA Images/LightRocket via Getty Images/James Warren)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Nick Carter Ajukan Surat Perintah Perlindungan Terhadap Aaron Carter

Nick Carter Ajukan Restraining Order Untuk Adiknya, Aaron Carter

Personil Backstreet Boys tersebut mengeklaim sang adik, yang merupakan mantan bintang remaja, mengatakan berniat membunuh istrinya yang sedang hamil Nick Ca

on Sep 19, 2019
B.I iKON

B.I iKON Diduga Mengaku Bersalah Atas Beberapa Tuduhan Narkoba

Status mantan frontman iKON ini berubah dari saksi menjadi tersangka dalam proses penyelidikan yang sedang berjalan. Pada 17 September kemarin, rapper dan m

on Sep 19, 2019
Mac Miller

Seorang Pria Didakwa Terkait Kematian Mac Miller

Pengaduan tindak pidana menyatakan Cameron James Pettit diduga memasok Max Miller dengan pil Oxycodone palsu yang mengandung Fentanyl. Baca Juga: Penyebab Ke

on Sep 11, 2019
Soundgarden

Soundgarden Tuntut UMG Kasih Bukti Rekaman Master yang Hilang!

Beberapa rekaman master mereka hilang dalam insiden kebakaran besar yang melahap gudang Universal Studios pada tahun 2008. Baca Juga: Gitaris Soundgarden Ren

on Sep 8, 2019