×
×

Search in Mata Mata Musik

Sidang Hak Cipta Ed Sheeran Mungkin Ditunda Hingga 2020

Posted on: 07/8/19 at 4:29 pm

Kasus terkait kemiripan lagu Marvin Gaye “Let’s Get It On” dan “Thinking Out Loud” dari Ed Sheeran ditunda sampai hasil kasus Led Zeppelin diputuskan.

Pada tahun 2016, keluarga Ed Townsend, salah satu penulis lagu legendaris Marvin Gaye “Let’s Get It On,” mengajukan gugatan yang menuduh Ed Sheeran telah menjiplak unsur-unsur “Let’s Get It On” untuk lagu hitnya dari tahun 2014, “Thinking Out Loud.”

Hari Selasa (2/7) lalu, Hakim Distrik Manhattan, Louis Stanton mengosongkan tanggal persidangan di bulan September untuk menunggu hasil kasus hak cipta serupa yang melibatkan lagu Led Zeppelin “Stairway to Heaven,” menurut lansiran BBC dan Rolling Stone (via Law360).

“Berlibur saja musim panas ini,” canda Hakim Stanton tentang penundaan sidang tersebut. Dia menambahkan, jika kasus Zeppelin berujung dibawa ke Mahkamah Agung, sidang ini mungkin ditunda hingga 2020. Masih belum ada komentar lebih lanjut dari perwakilan semua pihak.

Gugatan terhadap Sheeran mengklaim bahwa penyanyi “Shape of You” tersebut telah menjiplak “melodi, ritme, harmoni, drum, bass line, chorus pendukung, tempo, sinkopasi dan perulangan (looping)” dari lagu hit Gaye.

Kasus Led Zeppelin yang sedang berlangsung melibatkan kemiripan antara “Stairway to Heaven” dan komposisi instrumental dari tahun 1968 berjudul “Taurus” dari band Spirit.

Artikel asli ditulis oleh Sam Sodomsky untuk Pitchfork dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Ed Sheeran dituduh menjiplak lagu Marvin Gaye, “Let’s Get It On.” (Foto: SOPA Images/LightRocket via Getty Images/James Warren)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ed Sheeran

    Ed Sheeran Sponsori Klub Sepak Bola Liga Inggris Kampung Halamannya

    Ed Sheeran (Foto: Rob Howarth/Getty Images). Musisi berkebangsaan Inggris, Ed Sheeran, dilaporkan akan menjadi sponsor klub sepak bola Inggris Ipswich Town

    on May 7, 2021
    One Ok Rock

    ONE OK ROCK Rilis 'Renegades', Lagu Yang Ditulis Bareng Ed Sheeran

    ONE OK ROCK. (Foto: Fueled By Ramen). Kuartet rocker Jepang, ONE OK ROCK mengeluarkan seruan bersama dengan single baru mereka yang berjudul 'Renegades' dan

    on Apr 18, 2021
    Burung Beo Nyanyi

    Seekor Burung Beo Berbakat Menyanyikan Lagu-Lagu Led Zeppelin, GNR, Va...

    Tico, si burung beo bersama majikannya, Frank Maglio. (Foto: via YouTube). Burung beo rocker. Yoi, ada seekor burung beo yang memiliki suara bagus dan gemar

    on Jan 19, 2021
    Jimmy Page

    Surat Terbuka Jimmy Page Desak Perusahaan Musik Streaming Beri Royalti...

    Jimmy Page. (Foto: via YouTube Fender). Jimmy Page menggunakan statusnya sebagai seorang ikon rock dan Ksatria Ordo Kerajaan Inggris alias Orde of the Briti

    on Dec 15, 2020