×
×

Search in Mata Mata Musik

Sidang Hak Cipta Ed Sheeran Mungkin Ditunda Hingga 2020

Kasus terkait kemiripan lagu Marvin Gaye “Let’s Get It On” dan “Thinking Out Loud” dari Ed Sheeran ditunda sampai hasil kasus Led Zeppelin diputuskan.

Pada tahun 2016, keluarga Ed Townsend, salah satu penulis lagu legendaris Marvin Gaye “Let’s Get It On,” mengajukan gugatan yang menuduh Ed Sheeran telah menjiplak unsur-unsur “Let’s Get It On” untuk lagu hitnya dari tahun 2014, “Thinking Out Loud.”

Hari Selasa (2/7) lalu, Hakim Distrik Manhattan, Louis Stanton mengosongkan tanggal persidangan di bulan September untuk menunggu hasil kasus hak cipta serupa yang melibatkan lagu Led Zeppelin “Stairway to Heaven,” menurut lansiran BBC dan Rolling Stone (via Law360).

“Berlibur saja musim panas ini,” canda Hakim Stanton tentang penundaan sidang tersebut. Dia menambahkan, jika kasus Zeppelin berujung dibawa ke Mahkamah Agung, sidang ini mungkin ditunda hingga 2020. Masih belum ada komentar lebih lanjut dari perwakilan semua pihak.

Gugatan terhadap Sheeran mengklaim bahwa penyanyi “Shape of You” tersebut telah menjiplak “melodi, ritme, harmoni, drum, bass line, chorus pendukung, tempo, sinkopasi dan perulangan (looping)” dari lagu hit Gaye.

Kasus Led Zeppelin yang sedang berlangsung melibatkan kemiripan antara “Stairway to Heaven” dan komposisi instrumental dari tahun 1968 berjudul “Taurus” dari band Spirit.

Artikel asli ditulis oleh Sam Sodomsky untuk Pitchfork dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Ed Sheeran dituduh menjiplak lagu Marvin Gaye, “Let’s Get It On.” (Foto: SOPA Images/LightRocket via Getty Images/James Warren)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Ed Sheeran

No.6 Collaborations Project Dari Ed Sheeran Debut di No. 1 Chart UK

Empat lagu di album ini sukses menembus jajaran Top 10 di negara asal Sheeran tersebut. Baca Juga: Lagu Apa Saja yang Akan Dibawakan Ed Sheeran? Tidak meng

on Jul 22, 2019
Ed Sheeran Bawakan “Best Part Of Me” di Abbey Road Studio

Ed Sheeran Duet Bareng Yebba di Abbey Road Studio

Ed Sheeran dan YEBBA mengambil alih Abbey Road Studio di London di video musik live terbaru untuk lagu kolaborasi mereka “Best Part of Me.” Video rekam

on Jul 13, 2019
Petisi Pembebasan A$AP Rocky Berhasil Capai 300.000 Tanda Tangan

Petisi Pembebasan A$AP Rocky Hampir Capai 500.000 Tanda Tangan

Sang rapper ditangkap minggu lalu atas dugaan penyerangan yang terjadi di jalanan kota Stockholm. Sang rapper dan dua rekannya ditangkap oleh otoritas Swedi

on Jul 13, 2019
R. Kelly Ditangkap atas Tuduhan Kekerasan Seksual

R. Kelly Ditangkap atas Tuduhan Kekerasan Seksual

R. Kelly ditangkap di Chicago dan dilaporkan menghadapi dakwaan dengan 13 tuduhan. R. Kelly ditangkap di Chicago pada Kamis (11/7) malam waktu setempat atas

on Jul 12, 2019