×
×

Search in Mata Mata Musik

Spotify Lite Diluncurkan Untuk Pengguna Android di 36 Negara, Termasuk Indonesia

Spotify Lite merupakan sebuah alternatif untuk menghemat data, penyimpanan, dan baterai dari layanan streaming musik Spotify. Dengan hanya 10 MB, pengguna lebih menghemat data dan penyimpanan dalam streaming musik.

Spotify Lite, yang pertama kali diperkenalkan di Brasil sekitar awal tahun 2018, menggunakan tidak lebih dari 10 MB ruang penyimpanan di ponsel cerdas dan tablet pendengarnya.

Sampai saat ini Spotify Lite beroperasi di 36 negara, termasuk Brasil, Bolivia, Honduras, Panama, Uruguay, Arab Saudi, Kuwait, Kanada, Afrika Selatan, Filipina, Vietnam, Malaysia dan Indonesia. Dan sepertinya daftar tersebut masih akan bertambah seiring waktu.

Menurut raksasa streaming asal Swedia ini, versi Lite dari aplikasi ini juga memerlukan daya tahan baterai yang lebih rendah, karena beberapa fitur karakteristik di versi asli seperti Connect tidak tersedia di Spotify Lite. Pengguna juga tidak dapat melakukan pencarian lanjutan; fungsi pencarian di platform Lite yang baru hanya menampilkan tautan ke album dan playlist, sehingga memungkinkan versi alternatif ini menggunakan lebih sedikit baterai.

Penyediaan audio berkualitas lebih rendah di Spotify Lite adalah salah satu penyesuaian tambahan yang menyebabkan penurunan penggunaan baterai aplikasi.

Berbeda dengan platform Spotify reguler, Spotify Lite memakan jumlah data yang minimal, dan memberikan pengguna Lite kendali atas penggunaan data bulanan mereka.

Pengunduh Spotify Lite dapat menetapkan batas data seluler bulanan untuk aplikasi. Opsi batas ini terdiri dari 250 MB, 500 MB, 750 MB, 1 GB, 2 GB, dan 3 GB. Pengguna aplikasi akan menerima push notification saat mereka mencapai batas data yang ditentukan sebelumnya.

“Dengan Spotify Lite, kalian bisa dengan mudah mengontrol data dan penyimpananmu. Aplikasi ini hanya 10 MB, jadi cepat untuk diinstal dan dimuat sekaligus menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang sama hebatnya yang memungkinkan kamu menemukan, memutar, dan menikmati jutaan lagu,” menurut staf Spotify dalam blog di situs web perusahaan.

Spotify Lite saat ini hanya tersedia bagi pengguna perangkat Android. Raksasa streaming musik ini belum mengumumkan apakah mereka akan mengembangkan edisi lite dari aplikasi andalannya untuk iOS.

Keterangan Foto Utama: Spotify kini hadir dengan versi yang lebih ekonomis, Spotify Lite, yang saat ini baru dapat digunakan oleh pengguna Android. (Foto: Mobilesyrup)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Streaming Makin Menggeser Kultur DJ

Streaming Makin Menggeser Kultur DJ

Dulu menjadi seorang DJ berarti mengumpulkan banyak ‘barang’ seumur hidup. Terutama piringan 12”, tetapi juga 10” dan 7”, white label dan LP bersampu

on Jul 20, 2019
YouTube Blokir Beberapa Situs Pengunduh Video

YouTube Blokir Beberapa Situs Pengunduh Video

Tidak mendapat bantuan dari RIAA, YouTube memblokir sendiri beberapa situs yang dianggap ‘mencuri’ streams-nya (stream ripping). Mengunduh video dari Yo

on Jul 14, 2019

Big Hit & Netmarble Hadirkan Platform Streaming Musik Baru

BTS direncanakan akan merilis lagu baru eksklusif untuk peresmian platform ini. Big Hit Entertainment, dalang di balik kesuksesan BTS yang mendunia, dan pen

on Jul 12, 2019
Soundcloud Ajak Artis Spotify Gabung Layanan Distribusinya-1

SoundCloud Ajak Artis Spotify Gabung Layanan Distribusinya

Repost Network SoundCloud menyediakan layanan distribusi, perlindungan konten, dan pemasaran untuk membantu artis mengembangkan karier mereka. SoundCloud ha

on Jul 8, 2019