×
×

Search in Mata Mata Musik

Woodstock 50 Batal Digelar di Watkins Glens

Posted on: 06/11/19 at 3:00 pm

“Watkins Glen International mengakhiri lisensi tempat untuk Woodstock sesuai dengan ketentuan kontrak,” kata perwakilan lokasi balap tersebut. “Dengan demikian, WGI tidak akan menjadi tuan rumah Woodstock 50 Festival”.

Baca Juga: Box Set 433 Lagu dari Woodstock Akan Dirilis!

Update terbaru! Penyelenggara Woodstock 50 telah merilis pernyataan tentang perubahan tempat dan berjanji akan tetap melangsungkan festival yang penuh drama tersebut.

“Kami mengonfirmasi kami tidak akan menggunakan Watkins Glen sebagai lokasi untuk Woodstock 50,” kata Gregory Peck, salah satu penyelenggara utama festival. “Kami sedang berdiskusi dengan tempat lain untuk menggelar Woodstock 50 pada 16-18 Agustus 2019 dan semoga bisa mengumumkan lokasi baru saat tiket mulai dijual dalam beberapa minggu mendatang.”

****

Lagi-lagi, Woodstock 50 dihantam dua masalah baru. Dua bulan menjelang acara bulan Agustus di Watkins Glen International, pihak tempat menarik diri dari kontraknya dengan penyelenggara. “Watkins Glen International mengakhiri lisensi tempat untuk Woodstock sesuai dengan ketentuan kontrak,” kata perwakilan lokasi balap tersebut. “Dengan demikian, WGI tidak akan menjadi tuan rumah Woodstock 50 Festival.”

Perwakilan Woodstock 50 belum memberikan komentar terkait keputusan tersebut.

Tak lama setelah Watkins Glen mengumumkan akan mengakhiri kontraknya, CID Entertainment, perusahaan produksi yang menggantikan Superfly setelah mereka mundur dari produksi festival, mengatakan pada Billboard bahwa pihaknya tidak lagi terlibat dalam festival ini. “CID Entertainment setuju untuk menyediakan perkemahan, paket perjalanan dan transportasi untuk Woodstock 50. Mengingat perkembangan yang ada, kami dapat mengonfirmasi bahwa CID tidak lagi terlibat dalam Woodstock 50 dalam kapasitas apa pun,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Tim O’Hearn, Schuyler County Administrator yang yurisdiksinya mencakup Watkins Glen International, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pengumuman WGI “menjadi kekecewaan besar bagi kami karena kami berharap dapat menjadi tuan rumah acara ikonik ini di wilayah kami.”

“Walaupun pengumuman hari ini sulit untuk diterima, hal ini tidak sepenuhnya tak terduga, mengingat penundaan secara publik terkait acara yang direncanakan ini,” imbuhnya. “Kami mendukung Watkins Glen International atas tindakan mereka, yang kami rasa adalah demi kepentingan terbaik masyarakat secara keseluruhan.”

Dalam enam minggu terakhir, festival ini telah menghadapi sejumlah kendala yang tak terduga. Seminggu setelah tiket seharusnya mulai dijual akhir April lalu, pendana festival, Dentsu Aegis, menarik pendanaannya dan seolah membatalkan festival; seorang hakim Pengadilan Tinggi New York kemudian memutuskan bahwa perusahaan itu tidak berhak membatalkan festival tetapi mereka juga tidak perlu mengembalikan uang yang diambil dari rekening bank festival.

Tidak lama setelah Dentsu mundur, partner produksi festival, Superfly, juga membatalkan kontraknya dengan Woodstock 50; perusahaan itu juga memproduksi Bonnaroo dan Outside Lands.

Baca Juga: Jumat Ini, Woodstock 50 Harus Sudah Kumpulkan $30 Juta

Terlepas dari masalah ini, festival berusaha untuk tetap bertahan dengan menemukan partner finansial baru, Oppenheimer & Co. Festival juga terus berupaya mendapatkan izin pengumpulan massa yang diperlukan dari Negara Bagian New York.

Selain itu, pada akhir Mei lalu, perwakilan Kepolisian Negara Bagian New York mengatakan pada Rolling Stone bahwa festival ini masih belum mengatasi sejumlah kekhawatiran yang diutarakan salah seorang polisi tentang perencanaan festival.

Dengan tinggal 67 hari lagi sebelum Woodstock 50 dimulai, dan belum adanya penjualan tiket, masa depan festival ini pun dipertanyakan. Kalau tetap berjalan, penampil utama festival ini (seperti yang diumumkan) mencakup antara lain The Killers, Miley Cyrus, Santana, Dead & Company, Chance the Rapper, Jay-Z, Imagine Dragons dan Halsey.

Pada 17 Mei 2019, saat Woodstock 50 mengumumkan bergabungnya Oppenheimer, pihak penyelenggara tampak optimis. Michael Lang, salah satu pendiri Woodstock orisinal, mengatakan acaranya akan tetap berlangsung. “Kami tidak sabar menggelar festival yang luar biasa,” ucapnya. “Kata-kata tidak bisa mengungkapkan betapa besarnya apresiasi Woodstock 50, para artis, penggemar dan masyarakat terhadap Oppenheimer karena telah bergabung dengan kami untuk mewujudkan W50.”

Keterangan Foto Utama: Pihak Watkins Glen International yang semula bersedia menyediakan tempat untuk perayaan Woodstock 50, menarik diri dari perjanjian. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Fender Hadirkan Stratocaster Favorit Jimi Hendrix!

Fender Hadirkan Stratocaster Favorit Jimi Hendrix!

Fender Custom Shop mengumumkan peluncuran Stratocaster edisi Jimi Hendrix untuk para kolektor gitar! Peluncuran ini menandai peringatan 50 tahun penampilan

on Aug 25, 2019
Batal Tampil, Artis Woodstock 50 Tetap Terima Jutaan Dolar

Batal Tampil, Artis Woodstock 50 Tetap Terima Jutaan Dolar

Para artis yang dijadwalkan tampil di festival ini sebelumnya sudah menerima bayaran penuh di muka. Meskipun festival Woodstock 50 yang terus dirundung masa

on Aug 5, 2019
Woodstock 50 Akhirnya Dibatalkan!

Woodstock 50 Akhirnya Dibatalkan!

Setelah berbulan-bulan dirundung masalah, perayaan 50 tahun Woodstock yang akhirnya hampir digelar di Maryland pada 16-18 Agustus telah resmi dibatalkan. Ke

on Aug 1, 2019
Woodstock 50

Perayaan Woodstock 50 Jadi Konser Amal?

Menolak batal, penyelenggara Woodstock 50 memutuskan untuk mengubah konser perayaan ini menjadi konser amal. Baca Juga: Lineup & Harga Tiket Woodstock 50

on Jul 29, 2019