×
×

Search in Mata Mata Musik

YouTube Remaster Video Nirvana, Beastie Boys dan Lainnya Secara Digital

Posted on: 06/21/19 at 12:31 pm

YouTube Music dan Universal Music Group berencana meningkatkan kualitas 1.000 video musik.

YouTube Music dan Universal Music Group mengumumkan inisiatif untuk me-remaster video musik ikonik sepanjang masa. Hingga tahun depan, mereka berencana memperbarui hampir 1.000 video musik, dengan judul baru yang akan muncul setiap minggunya.

Beberapa video pertama yang di-remaster termasuk karya dari Beastie Boys, Janet Jackson, Lady Gaga, dan Tom Petty, serta “Smells Like Teen Spirit” dari Nirvana.

YouTube Luncurkan Inisiatif Remaster Digital Video Klasik
Nirvana, “Smells Like Teen Spirit” termasuk video musik yang di-remaster oleh Youtube

Kebanyakan dari video klasik dibuat dalam format yang sekarang sudah ketinggalan zaman, menghasilkan kualitas video dan audio yang buruk jika diputar pada layar berdefinisi tinggi yang ada zaman sekarang. Me-remaster video berarti membuat ulang video dengan menggunakan materi dari format aslinya—sebuah proses sulit yang memerlukan penggalian data-data lama, menurut The New York Times.

“Kami punya sumber yang berasal dari segala hal mulai dari film asli sampai Digibeta, HDCAM hingga C  dan Betacam SP satu inci sampai D2—dan format yang digunakan untuk mengambil gambar tidak selalu sama dengan format untuk mengedit video,” kata Barak Moffitt, Executive Vice President Content Strategy and Operation Universal, kepada The Times.

“Setelah pewarnaan kotor itu dihapus, remaster menjadi jauh lebih penting,” kata Billy Idol, yang enam videonya sudah diperbarui, kepada The Times. “Itu memberi peluang bagi video-video ini untuk bersaing dengan definisi berkualitas tinggi modern. Dan saya selamanya muda di video-video ini—sungguh fantastis.”

Keterangan Foto Utama: Cuplikan gambar video musik Nirvana “Smells Like Teen Spirit” (garapan Samuel Bayer) yang sudah di-remaster. (Foto via Pitchfork)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Guns N’ Roses

Guns N’ Roses Cetak Sejarah di YouTube dengan “Sweet Child O’ Mi...

Video musik lagu ikonik Guns N’ Roses dari tahun 1987 itu menjadi satu-satunya video musik dari era ’80-an yang mencapai 1 miliar views.  Baca juga: Gu

on Oct 17, 2019
ITZY

ITZY Catatkan VM Kedua dengan 100 Juta Views!

Grup pendatang baru K-pop, ITZY, menorehkan prestasi yang patut diacungi jempol lewat video musik untuk single “ICY” yang diambil dari mini album perdana

on Oct 15, 2019
The Cranberries

“Zombie” dari The Cranberries Toreh Rekor Bersejarah di YouTube

The Cranberries akan menjadi band Irlandia pertama yang memperoleh satu miliar views dengan video musik mereka di YouTube. Baca juga: The Cranberries Rilis

on Oct 15, 2019
Universal Music

Universal Music Buka Markas di Asia Tenggara, Fokus ke Musik Rap

Korea punya K-Pop. India punya musik Bollywood. Mungkinkah kawasan Asia Tenggara yang terkenal padat dan tumbuh cepat menjadi sarang baru bagi hip-hop? Baca

on Sep 18, 2019