×
×

Search in Mata Mata Musik

YouTube Remaster Video Nirvana, Beastie Boys dan Lainnya Secara Digital

Posted on: 06/21/19 at 12:31 pm

YouTube Music dan Universal Music Group berencana meningkatkan kualitas 1.000 video musik.

YouTube Music dan Universal Music Group mengumumkan inisiatif untuk me-remaster video musik ikonik sepanjang masa. Hingga tahun depan, mereka berencana memperbarui hampir 1.000 video musik, dengan judul baru yang akan muncul setiap minggunya.

Beberapa video pertama yang di-remaster termasuk karya dari Beastie Boys, Janet Jackson, Lady Gaga, dan Tom Petty, serta “Smells Like Teen Spirit” dari Nirvana.

YouTube Luncurkan Inisiatif Remaster Digital Video Klasik
Nirvana, “Smells Like Teen Spirit” termasuk video musik yang di-remaster oleh Youtube

Kebanyakan dari video klasik dibuat dalam format yang sekarang sudah ketinggalan zaman, menghasilkan kualitas video dan audio yang buruk jika diputar pada layar berdefinisi tinggi yang ada zaman sekarang. Me-remaster video berarti membuat ulang video dengan menggunakan materi dari format aslinya—sebuah proses sulit yang memerlukan penggalian data-data lama, menurut The New York Times.

“Kami punya sumber yang berasal dari segala hal mulai dari film asli sampai Digibeta, HDCAM hingga C  dan Betacam SP satu inci sampai D2—dan format yang digunakan untuk mengambil gambar tidak selalu sama dengan format untuk mengedit video,” kata Barak Moffitt, Executive Vice President Content Strategy and Operation Universal, kepada The Times.

“Setelah pewarnaan kotor itu dihapus, remaster menjadi jauh lebih penting,” kata Billy Idol, yang enam videonya sudah diperbarui, kepada The Times. “Itu memberi peluang bagi video-video ini untuk bersaing dengan definisi berkualitas tinggi modern. Dan saya selamanya muda di video-video ini—sungguh fantastis.”

Keterangan Foto Utama: Cuplikan gambar video musik Nirvana “Smells Like Teen Spirit” (garapan Samuel Bayer) yang sudah di-remaster. (Foto via Pitchfork)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lady Gaga

    Lady Gaga Rilis "Dawn Of Chromatica" Yang Sarat Gebrakan Baru

    Sampul album terbaru Dawn Of Chromatica Hari ini adalah hari yang spesial bagi Lady Gaga karena secara resmi album versi remix Chromatica dirilis. Versi rem

    on Sep 4, 2021
    Lady_Gaga_02

    Lady Gaga Umumkan Album Remix "Chromatica" Fitur Lebih Banyak Artis

    Lady Gaga dalam MV Stupid Love (Foto: dok. Lanny Cordola). Baru-baru ini melalui akun resmi media sosialnya Lady Gaga mengumumkan jadwal rilis album remix-n

    on Sep 1, 2021
    Kanye West

    Kanye West Bilang Universal Music Merilis Album "Donda" Tanpa Izinnya

    Kanye West (Foto: Getty Images). Masih terdengar keras kabar dari Kanye West mengenai rilisan album terbarunya, Donda, yang dirilis secara digital. Album in

    on Aug 30, 2021
    Nirvana Nevermind

    Pakar Hukum Sebut Gugatan Eksploitasi Seksual "Nevermind": Sembrono

    Nevermind (Foto: via DGC Records), Nirvana (Foto: Gutchie Kojima/Shinko Music/Getty Images). Nevermind masih ramai menjadi topik perbincangan publik. Para p

    on Aug 28, 2021